Batik Karanganyar itu Tirta Intanpari

Desain Batik Karanganyar
Pemenang Sayembara Desain Batik Karanganyar. Foto: timlo.net

Batik Indonesia – Sebagai warisan budaya dunia yang dimiliki oleh Indonesia, batik telah banyak dikenal masyarakat internasional dari berbagai belahan bumi. Beraneka ragam corak dan motif batik telah lahir dari tangan-tangan terampil para desainer batik. Harga yang kompetitif sesuai dengan karakter corak, jenis batik serta proses pengerjaan pun telah memberikan banyak pilihan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam melestarikan warisan budaya dunia dari Indonesia berupa kain maupun pakaian batik. Bahkan sekarang sudah bermunculan beraneka ragam aksesoris batik seperti tas, sprei, sarung bantal, dompet, jaket dan masih banyak lagi hasil kreasi batik Indonesia.

Kalau bicara soal batik, sepertinya pemerintah juga tidak tinggal diam dan berupaya ikut melestarikan batik sebagai ciri khas busana Indonesia yang umum digunakan pada acara formal, tetapi juga cocok untuk acara santai. Misalnya saja beberapa pemerintah daerah yang menggelar berbagai kegiatan lomba yang berkaitan dengan batik. Entah itu lomba mewarnai motif batik bagi anak, atau lomba membuat desain motif batik hingga sayembara membuat motif batik khas suatu daerah. Seperti yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Karanganyar provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Desain Batik Karanganyar
Pemenang Sayembara Desain Batik Karanganyar

Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Karanganyar menggelar acara bertajuk “Sayembara Desain Batik Khas Karanganyar Tahun 2014“, berupaya untuk menarik para desainer motif batik agar berpartisipasi dalam menciptakan batik Karanganyar yang akan dijadikan ikon kabupaten tersebut. Batik Karanganyar memang belum begitu terkenal gaungnya, karena memang baru tahun kemarin baru didapat desain khas untuk Batik Karanganyar itu sendiri serta produksi massalnya pun tentu baru dimulai tahun ini. Oh iya, batik Karanganyar yang dijadikan ikon ini merupakan hasil kreasi dari juara 1 Sayembara yang digelar oleh pemkab Karanganyar dan corak motifnya sudah menjadi milik pemerintah kabupaten Karanganyar. Adapun nama batik Karanganyar ini adalah Batik Tirta Intanpari.

Batik Karanganyar Tirta Intanpari ini sedianya akan diproduksi massal dan dikenakan oleh seluruh element pegawai negeri sipil (PNS) yang ada di lingkup pemerintahan kabupaten Karanganyar. Heemmmmm….Tirta Intanpari bakal bertebaran di Karanganyar he he he, desain motifnya bagus banget lho. Apalagi kalau yang diproduksi massal ini adalah batik Karanganyar yang model tulis original hand made, pasti makin keren dan benar-benar mempesona.

Batik Tirta Intanpari adalah Batik Karanganyar
Batik Tirta Intanpari adalah Batik Karanganyar itu!

Dengar kabar juga jika para pelajar di bumi Intanpari Karanganyar telah disiapkan seragam batik Karanganyar khusus/khas untuk tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah, wahhhh…. kabupaten Karanganyar memang maju pariwisata dan budayanya, pemerintahnya tampak serius dalam menangani sektor pariwisata dan kebudayaan, sampai-sampai ada Batik Karanganyar yang diberi nama Tirta Intanpari. Selamat ya warga masyarakat Karanganyar 🙂

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*