Autobot Kembali Menyerang Blog WordPress

Bloging – Komentar SPAM atau PS lebih senang menyebutnya autobot kembali menyerang blog wordpress beberapa hari terakhir. Entah ada kebocoran sistem atau memang karena kurangnya pengawasan selama ini yang sudah beberapa waktu tidak dilakukan perawatan. Sebenarnya bukan situs blog ini yang mendapatkan serangan beruntun oleh pasukan autobot komentar blog wordpress, melainkan blog lain yang masih serumpun menggunakan basic engine wordpress yang ada diseberang sana.

robot SPAM yang menyerang situs blog WordPress

Ilustrasi : Autobot atau robot SPAM yang menyerang situs blog WordPress

Tak seheboh musim kampanye pemilu presiden beberapa waktu lalu sebenarnya, tapi bagi pemilik situs blog wordpress tentu patut waspada dan mawas diri, pasalnya jika pasukan autobot ini jika tidak dikendalikan akan mengakibatkan malfungsinya sistem server hosting yang berakibat pada lumpuhnya situs blog yang dimiliki. Bisa sobat bayangkan jika dalam satu waktu mendapatkan serangan bertubi-tubi dari pasukan autobot yang berjumlah 5000 pasukan, bisa jadi pingsan itu situs blog yang kita punya ha ha ha 🙂

Yang bikin galau itu sebenarnya bukan autobotnya tapi isi komentarnya yang mayoritas promosi live link ke situs lain dan ditambah dengan bahasa yang tidak sesuai dengan artikel yang dipublikasikan. Lha wong jelas-jelas artikelnya berbahasa Indonesia tapi dikomentari pakai bahasa Internasional, ya jadinya jaka sembung dong….alias kagak nyambung! Walhasil ya mouse bertindak untuk memberantas pasukan autobot yang sudah terjaring perangkap dan memasukkannya ke dalam karantina blog wordpress (mark as spam) ha ha ha….

Autobot Blog WordPress yang berhasil diamankan

Beberapa Autobot Blog WordPress yang berhasil diamankan

Sasaran tembak pasukan autobot ini sepertinya difokuskan pada kata kunci tertentu, seperti yang PS alami yaitu pada tulisan tentang migrasi hosting yang berisi review layanan hosting yang digunakan oleh blog wordpress seberang sana. Tapi jaring perangkap yang disiapkan masih terbukti jitu untuk menangkal serangan autobot atau robot spam komentar dengan menahan untuk dimoderasi agar komentar spam tidak langsung tampil.

Sejauh ini belum ketemu cara jitu untuk membasmi hama tanaman eehhhhhh….hama komentar yang menyerang blog wordpress seberang sana, dan hanya mengandalkan moderasi manual. Mungkin ada diantara sobat dumay yang memiliki pengalaman serupa dan sudah mampu mengatasi masalah tanpa masalah yang seperti ini? Yuk dishare dong biar jadi amal jariyah untuk sesama blogger blog wordpress khususnya. Oh iya, seiring adanya update engine terbaru wordpress, sangat disarankan bagi sobat yang memiliki blog wordpress untuk segera melakukan update ke versi 4 (terbaru). Lebih mantab lho jhon!

Berikut barang bukti autobot yang berhasil terjaring fitur moderasi :

Komentar SPAM yang Terjaring Razia

Penampakan Komentar SPAM yang Terjaring Razia

3 thoughts on “Autobot Kembali Menyerang Blog WordPress

  1. 19/04/2015 at 00:26

    Ngeri juga ini autobot… Apa untuk mencegah kerusakan lebih lanjut cukup dengan anti spam saja om??? Makasih

    1. Prapto Sragen
      08/05/2015 at 22:50

      sebenarnya antispam saja tidak cukup, kita perlu pantau perkembangan cms yang digunakan, sering update dan mantau log hosting jika itu self hosted web. Dari log bisa kita analisa aktivitas yang mencurigakan untuk kita tindak lanjuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *