Cara Membuat Layanan Chat Blog

Tampilan untuk Layanan Chating di Blog
Tampilan untuk Layanan Chating di Blog

Blogging – Layanan chat blog bisa menjadi nilai tambah untuk pengalaman pengunjung pada sebuah kanal informasi seperti blog, situs berita, portal bisnis ataupun web kelembagaan yang aktif di dunia maya. Hampir di setiap portal bisnis telah menerapkan fitur chatting bagi pengunjung, terutama untuk berkomunikasi langsung dengan customer service mereka. Tujuannya tidak lain untuk memberi kemudahan bagi pengunjung dalam memperoleh informasi yang diinginkan.

Tampilan untuk Layanan Chating di Blog
Tampilan untuk Layanan Chating di Blog

Nah, berdasarkan alur manfaat di atas, terbesit ide untuk membuat layanan chat blog di prapto.my.id agar dapat menambah konten bermanfaat disini. Berbekal pengetahuan tentang keyword dalam pencarian di internet, akhirnya ketemu layanan chat yang sesuai dengan ide tersebut.

Beberapa Pilihan Tampilan Chat
Beberapa Pilihan Tampilan Chat

Chatango begitulah namanya?, dengan pilihan pengaturan yang cukup banyak serta kemudahan dalam kostumisasi agar sesuai dengan blog, rasanya pas untuk diimplementasikan pada situs yang dimiliki. Selain itu, layanan chatting yang disediakan ternyata bebas biaya bulanan atau tahunan, alias gratis. Bagaimana, sudah tidak sabar untuk ikut membuatnya? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan;

  1. Mendaftar pada situs Chatango di alamat http://chatango.com/creategroup

  2. Melakukan verifikasi pendaftaran melalui email a.k.a surat elektronik, biasanya diminta klik tautan verifikasi yang dikirim ke kotak masuk,

  3. Login dan buat Grup Chat,

  4. Lakukan kostumisasi tampilan sesuai selera, ada banyak pilihan model chat blog disana

  5. setelah cukup oke, klik tombol Create Grup Chat dipojok kanan atas tampilan

  6. Salin kode HTML yang muncul dan tempelkan pada situs blog yang diinginkan.

Lakukan Kostumisasi Tampilan yang diinginkan
Lakukan Kostumisasi Tampilan yang diinginkan

Secara umum langkah-langkah untuk membuat layanan chat blog ialah seperti di atas. Tapi tidak menutup kemungkinan ada urutan yang tidak sama karena memang informasi di internet bisa berubah dalam hitungan detik. Dan akhirnya, semoga tulisan kali ini bermanfaat khususnya bagi blogger maupun pengembang web.

Seperti apa rasanya chat blog ini bisa dicoba saja dibagian kanan bawah blog OmPrap, silahkan digunakan dengan bijak untuk berkomunikasi dengan sesama pengunjung. Oh ya, buat yang ingin realtime memantau percakapan melalui komputer, bisa mengunduh dan menginstal aplikasi dekstop yang ada di sana. Sedangkan untuk aplikasi smartphone androidnya sudah tersedia di Google Play Store.

Sampai ketemu di posting menarik berikutnya ya bos….. 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*