Cara Menambahkan Meta Description Blog

Contoh Kemunculan Diskripsi Meta di Search Result Page
Contoh Kemunculan Diskripsi Meta di Search Result Page

BloggingMeta Description atau diskripsi meta berfungsi sebagai rangkuman dari tulisan yang kita terbitkan pada sebuah blog. Jadi masing-masing tulisan itu memiliki diskripsi meta komponen yang terkandung dalam kode HTML dan akan ditampilkan saat kondisi tertentu. Misalnya saja saat robot mesin pencari sedang menjelajah posting blog untuk keperluan pengindekan kata kunci tertentu, robot-robot tersebut akan menyimpan data meta. Nah ketika ada yang mengetikkan kata kunci yang terkait pada mesin pencari, maka diskripsi meta ini yang akan muncul di bawah judul tulisan pada hasil pencarian. Semakin berbobot kualitas tulisan tentu akan semakin besar peluang untuk muncul di halaman pertama pencarian.

Contoh Kemunculan Diskripsi Meta di Search Result Page
Contoh Kemunculan Diskripsi Meta di Search Result Page

Tapi kemenarikan isi dari meta description ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pencari informasi. Misalnya saja OmPrap mencari sesuatu di internet melalui Google Search dengan kata kunci tertentu, selain memperhatikan judul juga memperhatikan diskripsi singkat yang tersemat di bawah judul tersebut (salah satu trik mencari informasi di internet). Selain itu, saat seseorang membagi sebuah tautan di sosial media, justru diskripsi meta yang muncul menjadi acuan bagi OmPrap untuk membuka web tersebut atau tidak. Tujuannya tidak lain agar lebih berhati-hati dalam berjejaring sosial agar tidak terkena ‘jebakan betmen‘ broo…. (pernah denger kasus akun FB yang otomatis menandai teman-temannya dengan konten 18+ kan) ya seperti itu salah satu jenis ‘jebakan betmen

Oke skip… The point is, bagaimana jadinya jika sebuah postingan blog justru tidak bisa memunculkan meta description setelah melakukan perubahan tampilan blog? Wuaaaaa….. kacau bro, bisa-bisa trafik turun dan dikira jebakan betmen nanti blognya.

Tuh kan Tidak Muncul saat Ditest Share FB
Tuh kan Tidak Muncul saat Ditest Share FB

Ya kurang lebih seperti itu kemungkinan yang terjadi dan apesnya itu OmPrap alami saat usai melakukan pergantian tema pada blogspot milik saudara, walhasil bayaran jadi tertunda dan jam kalong bertambah ha ha ha. 

Solved : Add Meta Description to Blog Post

Tapi tenang, untuk mengatasinya tentu harus melakukan analisa kira-kira dari mana sumber masalahnya muncul. Setelah melakukan analisa disisi kode HTML tidak ditemukan masalah, dari segi costumize temanya pun tidak ada pengaturan tambahan. Beberapa hari puyeng tidak menemukan jawaban, akhirnya di malam yang sunyi ini terpecahkan juga.

Masalahnya cuma sepele bos, karena di platfom blogspot saat editing posting kan ada menu Search Description dan ternyata itu tidak ada isinya. Opo ndak jangkrik coba? Cuma gara-gara itu sampai beberapa hari tidak ketemu cara menambahkan meta description blog sudah cari kesana-kemari dengan berbagai kata kunci. Tapi ya sudah, diambil hikmahnya saja dan berguna untuk menambah wawasan pengalaman di dunia blogcepot. Sing jelas ora kulina, biasane nganggo wordpress Jhon! ha ha ha ha….

Obatnya ternyata Search Option harus di isi rangkuman singkat ha ha ha
Obatnya ternyata Search Option harus di isi rangkuman singkat ha ha ha

Oke dah, semoga bermanfaat trik berburu informasi di internet dan kisah nggregetna cara menambahkan meta description di blogspot dari OmPrap¬†kali ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya dan semoga bahagia untuk kita semua. Amiiinnnn….

2 Komentar

  1. Kang prapto badhe tanglet, nek meta discription ten blogspot saget disisipne keyword mboten: contoh keyword dibidik: cara makan yang benar
    1. Berikut adalah cara makan makanan yang benar dan nyaman
    2. Cara makan, cara maem, cara mamam

    Sae sing pundi mas?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*