Cara Perpanjang Usia atau Umur

more life for girl
more life for girl

Blogging – Sebagai aktivis dunia maya di bidang content writer, blog Prapto Sragen ini juga perlu mengulas tentang cara perpanjang usia atau umur blog (cieeee…elahhh…. mentang-mentang mantan aktivis kampus, bahasanya gitu-gitu amat wkwkwkwkw). Ada dua hal yang harus diperpanjang, yaitu domain sebagai alamat blog dan hosting untuk wadah semua data-data blog kita. Untuk layanan domain sendiri biasanya memiliki masa aktif satu tahun. Sedangkan untuk layanan hosting, ada banyak variasi masa aktif yang bisa di pilih, mulai dari setiap bulan, tiga bulan sekali, enam bulan sekali atau satu tahun sekali. PS sendiri lebih nyaman menggunakan cara perpanjang usia hosting blog dengan masa aktif satu tahun, sama seperti masa aktif domain, karena tidak terlalu repot dan anggaran bisa dikalkulasi dengan baik.

Punya Hobi ngeblog, yuk perpanjang usia Blog Kamu
Punya Hobi ngeblog, yuk perpanjang usia Blog Kamu

Jadi kalau di ilustrasikan agar mudah di pahami, domain yang berakhiran .my.id dibanderol dengan harga Rp 110.000,- misalnya. Kita membeli sebuah domain tersebut tanggal 27 November 2015, maka itu artinya masa aktif/usia domain tersebut mulai tanggal 27 November 2015 hingga tanggal 26 November 2016 (satu tahun). Sudah lebih paham kan sekarang he he he…. Kalau kita ingin memperpanjang masa aktif/usia domain (nambah satu tahun lagi) ya sebelum batas akhir masa aktif (sebelum tanggal 26 November 2015) kita sudah harus membayar biaya perpanjangan domain tersebut. Umumnya biaya perpanjang domain itu sama dengan biaya pendaftaran baru, tapi ada juga yang menerapkan sistem promo dengan harga tahun pertama lebih murah dari perpanjangan.

Secara ringkas, cara perpanjang usia blog ini diawali dari pihak penyedia layanan menerbitkan tagihan pembayaran kepada kita melalui surat elektronik. Biasanya satu bulan atau dua bulan sebelum masa aktif usia blog tersebut berakhir. Sebagai pengguna layanan, setelah tagihan diterbitkan tentu kita segera melakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera dan mecatat nomor referensi untuk keperluan konfirmasi (nomor faktur/invoice). Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer via teller, internet banking, mesin ATM atau mobile banking dan yang terpenting adalah menyimpan bukti transfer untuk keperluan saat konfirmasi.

Melakukan transaksi pembayaran lewat ATM bisa lebih cepat
Melakukan transaksi pembayaran lewat ATM bisa lebih cepat

Langkah selanjutnya yaitu melakukan konfirmasi perpanjangan usia ke penyedia layanan melalui tahapan-tahapan yang tertera di halaman konfirmasi penyedia layanan. Setelah kita melakukan tahapan ini, maka tinggal menunggu tindak lanjut dari penyedia layanan, jika proses lancar maka akan mendapat email tentang keberhasilan perpanjang usia blog yang meliputi domain dan hostingnya.

Tips Cara Perpanjang Usia Blog dari Prapto Sragen

Pertama, pastikan sobat memilih penyedia layanan yang benar-benar bonafit dan banyak review positifnya. Karena masa depan kita tidak ada yang tahu, tapi setidaknya kita telah berjaga-jaga untuk kemudahan proses dikemudian hari terkait blog yang dimiliki.

Kedua, jangan gampang tergiur dengan promo-promo murah di awal tapi untuk perpanjangan usia mencapai dua kali lipat harga normal. Berpikirlah jangka panjang jika ingin serius menggeluti hobi ngeblog atau bahkan ingin berbisnis adsense dengan blog.

Ketiga, sesuaikan dengan kebutuhan dan gaya ngeblog yang sobat ingin ciptakan, tak perlu wah tapi yang cukupan saja. Sesuaikan pula layanan hosting yang benar-benar dapat dipercaya dan memiliki support yang bagus. Ingat! Hosting adalah tempat menyimpan hampir keseluruhan data website blog kamu.

Kurang lebih 5 tahun terakhir PS setia menggunakan layanan hosting dari tempat ini karena layanan yang memuaskan serta support yang menyenangkan. Bahkan sering PS rekomendasikan ke kerabat dan sedulur blogger yang sedang berburu penyedia layanan domain serta hosting yang terpercaya. Puluhan sedulur telah merasakan kenyamanannya!

Demikian tadi tentang cara perpanjang usia atau umur blog, kalau masih bingung bisa leave a comment di bawah ya! Semoga bermanfaat!

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*