Costumisasi Tampilan Blog WordPress

Tampilan Beranda Blog Prapto Sragen
Perubahan Tampilan Beranda Blog Prapto Sragen | prapto.my.id

Blogging – Melakukan costumisasi tampilan blog wordpress sangatlah dimungkinkan karena selain CMS ini memiliki sumber terbuka (open source) serta dukungan plugin yang begitu banyak, tentu memiliki kelebihan tersendiri. Dukungan lain yang juga memberikan kontribusi yang besar adalah adanya komunitas pengembang dari beragam negara dan bahasa yang memudahkan kita untuk mempelajari wordpress.

Kemudahan lain yaitu terletak pada penyesuaian tampilan blog wordpress itu sendiri yang terpisah dalam tema (theme) sehingga tidak perlu bersusah payah melakukan costumisasi melalui pengkodean html/php. Beragam tema dapat dengan mudah ditemukan di dumay, baik yang berbayar (premium theme) ataupun yang gratis alias free theme. Untuk tema wordpress yang gratis biasanya dapat titipan iklan tautan pada bagian bawah (footer) blog yangΒ  tampil disetiap halaman blog. Credit link ini bertujuan sebagai backlink ke situs-situs tertentu yang telah membayar pembuat tema tampilan blog wordpress tersebut. Karena itulah tema tersebut dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Bagi kawan blogger yang menggunakan wordpress sebagai content management system untuk blog dan memiliki kemampuan dalam pengkodean html/php, tidak ada salahnya melakukan costumisasi tampilan blog wordpress yang dimiliki. Ya, bisa jadi sebagai sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan blog sendiri. Siapa tahu suatu saat nanti bisa bekerja sebagai web development service dengan menerapkan pengalaman yang didapat saat aktif sebagai blogger.

Hasil Costumisasi Tampilan Blog WordPress

Salah satu contoh nyata pengimplementasian di atas, coba diterapkan pada blog Prapto Sragen ini dengan merubah tampilan halaman beranda dan kategori arsip. Berbekal kemampuan pengkodean tingkat dasar, halaman beranda yang berbentuk arsip page coba disesuaikan dengan menambahkan kategori pada masing-masing kotak ringkasan artikel serta merubah susunan judul artikel yang dulu di bawah meta description, sekarang diletakkan di atasnya. Selain itu penambahan meta tag mengenai penulis artikel dan jumlah tampilan artikel tersebut. Dulu hanya terdapat tanggal terbit artikel dan jumlah komentar saja.

Tampilan Beranda Blog Prapto Sragen
Perubahan Tampilan Beranda Blog Prapto Sragen | prapto.my.id

Menambahkan Jumlah View pada Halaman

Untuk menambahkan jumlah view pada tampilan blog wordpress Prapto Sragen, digunakan teknik kolaborasi dengan plugin wordpress popular posts yang sudah terpasang sejak awal dan mencatat jumlah tampilan untuk setiap halaman artikel agar dapat diketahui artikel mana yang paling sering diakses (populer) pada blog ini.
Nah, karena plugin tersebut sudah mencatat setiap view halaman ke dalam database plugin, maka tinggal memikirkan cara menampilkan hasilnya disetiap halaman arsip maupun halaman artikel itu sendiri.

Setelah belajar secara otodidak dengan teknik trial and error, akhirnya ketemu juga caranya πŸ™‚ Kawan blogger cukup menambahkan kode php khusus ke lokasi yang diinginkan agar jumlah view tampil. Adapun kode tersebut seperti berikut ini ;

<?php echo wpp_get_views($id, $range); ?> View

menambah Jumlah View dari Halaman Artikel
Menampilkan Jumlah View dari Halaman Artikel | prapto.my.id

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba melakukan costumisasi tampilan blog wordpress kamu? Lakukan dan tak perlu takut salah, jika belum yakin dengan kemampuan pengkodean yang dimiliki, kawan blogger bisa menggunakan layanan localhost dengan menginstall program xampp pada komputer/laptop yang bersistem operasi windo*s. Jadi setiap implementasi pengkodean tidak akan mempengaruhi tampilan blog wordpress yang diakses public (online), dan hanya tersimpan di jaringan lokal atau di komputer kawan blogger saja. Kalau sudah yakin, baru diterapkan pada blog yang online πŸ™‚

Semoga bermanfaat dan ditunggu responnya dikolom komentar ya…

6 Komentar

  1. Costumisasi blog menurutku adalah sesuatu hal yang sangat melelahkan karena kalau sudah terjun disitu akan menjadi lupa segalanya (:terlalu asyik:D). So, aku jarang2 tuk costumisasi. Takut kecanduan mas.
    oh, ya…link pesahabatannya dah saya tempel di blog saya ya. Salam ngeblog mas…

1 Trackback / Pingback

  1. Wordpress Theme Keren tapi Gratis | Prapto Sragen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*