Fitur Moderasi Komentar Blog

Blogging – Komentar blog menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian blogger atau internet user, dimana fitur ini memberikan kesempatan bagi seorang pembaca blog untuk dapat berinteraksi dengan blogger yang menulis konten. Sebagai sarana diskusi antara penulis dengan pembaca sehingga mampu membentuk suasana komunikasi yang menambah erat rasa persaudaraan di dunia maya. Tapi terkadang komentar blog juga di salah gunakan atau agar lebih enak disebut saja dengan “dimanfaatkan” sebagai ajang promosi. Sah-sah saja memang bagi para pengunjung dan pembaca blog untuk menuliskan apapun di kolom komentar, karena blog sendiri menjunjung tinggi semangat berekspresi.

Tapiiiiiiiiiii…..ada tapinya lho, sebagai komentator yang memberikan komentar blog tentu juga harus sadar jika pemilik blog memiliki kuasa untuk melakukan moderasi komentar blog. Moderasi komentar atau menahan komentar untuk ditampilkan secara publik atau tidak, memang terdapat pada beberapa penyedia layanan blogging sebagai pelengkap. Selain berfungsi sebagai penyaring komentar blog spam, fitur yang satu ini juga berfungsi untuk memilih komentar blog yang ingin ditampilkan kepada khalayak umum. Jadi ya jangan ngambex atau kebakaran jenggot kalau komentarnya tidak ditampilkan oleh pemilik blog.

Fitur Moderasi Komentar pada layanan Blogger yang bermanfaat

Fitur Moderasi Komentar pada layanan Blogger yang bermanfaat

Memang sih ada beberapa alasan bagi seorang blogger untuk mengambil keputusan saat moderasi komentar blog, untuk PS sendiri alasannya adalah sebagai berikut ;

  1. Komentar Spam
    Kalau untuk komentar spam ini jelas akan langsung dilempar ke tong sampah, walau terkadang lolos moderasi tetapi kalau sampai ketahuan ya jangan berharap kembali. Untuk definisi spam sendiri dapat kawan cari di internet, tetapi yang jelas tipe komentar blog seperti ini paling tidak mengenakkan karena cenderung tidak nyambung, acak-acakan serta out of topik juga (BTW bedanya tidak nyambung dengan out of topic apa ya? hmmmm….ya sudah pokoknya begitulah, komentar spam itu nyebelin pokoknya!)
  2. Komentar Bahasa Planet
    Selain spam, komentar blog yang juga bikin kagak nyaman yaitu yang menggunakan bahasa dari planet antah berantah dengan tata bahasa yang kacau balau dan ujung-ujungnya “I don’t know what you talking about” atau dalam bahasa kita, bahwasanya kita tidak tahu apa yang sedang mereka katakan melalui komentar itu. Terlebih lagi blog PS ini kan jelas banget pakai bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar yang utama. How do perasaaan you jika you tahu something terjadi in front of kamu? (ahhh….mbundetlah pokoknya). Oh ya satu lagi hampir terlewat, komentar blog y4n9 m3n99un4k4n b4h454 4l4y 7u94 t3rm45uk!
  3. Komentar O3T (Over Out of Topic)
    Over Out of Topic atau diluar dari topik yang dibahas dan terlalu jauh, dalam bahasa gaulnya disebut jaka sembung alias kagak nyambung coy! Komentar blog yang out of topic saja sudah cukup memilukan, apa lagi yang over atau ter…laaaa….luuuu….! Tapi ada juga komentar OOT yang masih lolos moderasi komentar, yaitu komentar yang bercanda dengan PS dari kawan yang pernah jumpa, atau komentar dari cewek cantik yang lagi modusin PS buat doing something yang bermanfaat gitu he he he….asalkan jangan minta lebih wakakakkakkkkkk…. eehhh…maaf ya kawan, terlalu bersemangat nulisnya. Oke lanjut….
  4. Komentar Promosi/Iklan yang tidak Diinginkan
    Kalau yang ini kagak perlu PS jelasin dah, yang namanya promosi sudah tentu bisnis dan yang namanya bisnis sudah tentu cari untung kan? So, kalau situ mau dapat untung dengan cara komentar blog yang berisi iklan, ya kudu bayar ke PS wakakakakakkkkkkk….(ketawa jahat) ya iya lah,, enak aja situ ngiklan gratis di blog orang terus situ dapat untung tanpa mau berbagi. Sebenernya kamu itu serius nggak sih sama bisnis yang kamu jalanin? #eeeehhhh….kok jadi gini ya? udah ah skip aja!
  5. Komentar Caci Maki dan sejenisnya
    Kalau yang begini jelas tidak pantas untuk ditampilkan dong, masak ya tidak tahu duduk perkaranya bagaimana terus tiba-tiba kebun binatang dibawa ke komentar blog, siapa yang tidak bingung coba? Terkadang orang usil atau orang yang sudah bosan hidup yang melakukan seperti ini. Ya kalau memang sudah tidak kuat dengan harga BBM yang naik terus, ya sudah silakan gantung diri di pohon kangkung sana! #akurapopo
  6. Komentar Orang Jahat
    Sebenarnya PS sendiri masih bingung dengan definisi orang jahat itu yang seperti apa, karena di saat sekarang ini tak jarang orang jahat justru jadi pejabat dan dielu-elukan seperti dewa yang super duper sempurna. Tapi orang yang tidak jahat justru dihina dinakan dari kehidupannya. Kalau kata guru PS dulu sih ‘gajah di pelupuk mata tidak tampak sedangkan kuman di seberang lautan nampak‘. Tapi buat PS khususnya di dunia komentar blog, orang jahat adalah yang suka berkomentar dengan mencantumkan link ke blognya atau entah kemana, padahal sudah dikasih tempat khusus buat naruh link! ckckckckckckkkk….iya bener ada orangnya, sampai sekarang juga masih idup!
  7. Komentar Jadi-jadian
    Jenis komentar blog yang satu ini memang sukar dideteksi karena yang kasih komentar juga tidak jelas, mungkin juga orangnya dekil, item, kudisan atau apalah. Atau bisa juga orangnya cantik, putih, tinggi, ramping dan matanya sipit juga tidak tahu. Tapi yang jelas komentar yang demikian ini biasanya pelakunya sedang tidak menginjak/menapak ditanah. Ehh…beneran ada lho yang beginian! Kamu nggak percaya? ya sama, PS juga terkejut dan tidak percaya!

Nah, ada kah diantara kamu yang merasa masuk poin-poin di atas pada komentar blog yang pernah dituliskan dimari? Kalau iya, tapi komentar kamu ditampilkan, itu berarti PS sedang berbaik hati padamu.

6 thoughts on “Fitur Moderasi Komentar Blog

  1. 12/12/2014 at 11:02

    Saya malah jarang, bahkan tidak pernah menggunakan fitur ini, Mas Prap. Pernah juga memoderasi komentar, tapi malah repot sendiri, terutama jika banyak komentar yang muncul.

    1. Prapto Ari Perwira, S.Pd
      12/12/2014 at 20:21

      iya pak, blog panjenengan kan sudah besar dan cukup terkenal, jadi banyak komentarnya. Kalau dibayangkan ya repot juga sih he he

  2. 15/12/2014 at 21:55

    fitur ini sangat perlu, tapi kadang bikin repot klo pas lagi banyak yang komen dan nyepam hihihi…

    1. Prapto Ari Perwira, S.Pd
      16/12/2014 at 09:53

      iya juga sih mas, kalau pas banyak gitu jadi terasa ribet. Ini sudah agak berkurang setelah saya aktifkan plugin akismetnya

  3. 09/05/2015 at 02:43

    Haha no. 7 paling sadis kayanya mas
    kalau di wp si enak bisa diedit komennya kalau ada kata2 ga pantes tinggal disensor, dan buat ngurangin spammer sy aktifin jetpack comment karena yg susah itu ngatasin spam bot, dan kalau pake jetpack selama ini spam bot ga masuk2 soalnya buat komen harus pake akun wp, fb, twitter atau g+ 🙂
    walau emang si bikin pembaca ribet juga tapi daripada repot ngapusin ratusan komen spam apa boleh buat

    1. 11/03/2017 at 01:34

      oke juga cara ini, tapi sejauh ini lumayan terkendali kok mas Opik 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *