Gagal Update, Blog Terkunci WordPress Maintenance

Blogging – Nyaris saja amburadul karena terkunci WordPress Maintenance malam tadi. Ya! Blog favorit banyak pengunjung ini terkunci otomatis saat proses pembaruan komponen sistem tambahan (update plugins), gagal terlaksana. Memang pada saat proses berlangsung, blog akan secara otomatis menampilkan halaman wordpress maintenance saat diakses. Ketika semua proses pembaharuan telah selesai, halaman tersebut akan otomatis hilang sehingga blog pun dapat diakses normal seperti biasa.

Akan tetapi malam tadi, beberapa menit sebelum tengah malam proses pembaharuan yang biasanya lancar-lancar saja mendadak terhenti dengan sendirinya. Saat itu langsung terpikirkan bahwa blog ini terkena wordpress maintenance, dan ternyata benar….apesssss memang malam itu… Terlebih sinyal internet di kampung halaman tidak begitu stabil dan sering putus nyambung, menambah rasa galau ditengah malam yang sepi.

Gara-gara Gagal update, jadi Locked by WordPress Maintenance

Gara-gara Gagal update, jadi Locked by WordPress Maintenance

Tak cukup sampai disitu, cara lama yang biasa digunakan untuk mengatasi terkuncinya blog pada posisi wordpress maintenance juga tak bisa mengatasi alias gagal total. Adapun cara yang dimaksud adalah dengan masuk ke cPanel layanan hosting blog dan membuka direktori utama blog dengan file manager. Lalu mencari sebuah berkas yang terbentuk secara otomatis saat proses update plugin sehingga muncul halaman wordpress maintenance, namanya .maintenance (Ingat ya! Di depannya diawali dengan titik).

Pikiran pun semakin kacau, panduan demi panduan pun coba dipraktikkan tapi hasilnya tetap nihil. Bahkan blog ini jadi tidak dapat diakses sama sekali alias blank, halaman wordpress maintenance lenyap menyisakan error code 500. Perburuan pun terus berlanjut dan alhamdulillah ada satu panduan yang berfungsi baik sehingga seluruh file konten blog terselamatkan dari mimpi buruk.

Cara Membuka Lock WordPress Maintenance Terbaru

Hati pun tenang dan bahagia malam tadi walau sempat diujung kepasrahan, tapi kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi masalah telah membuahkan hasil. Kejadian ini layak dijadikan pelajaran berharga bagi wordpress blogger agar tidak mengalaminya. Untuk melekatkan ilmu ini, berikut adalah cara terbebas dari kuncian maut wordpress maintenance tanpa harus install ulang mesin blogmu ;

Cara lama dengan menghapus file tersembunyi

Cara lama dengan menghapus file tersembunyi

Pertama tetap berusaha untuk tenang dan jangan panik, semua permasalahan tentu ada jalan penyelesaiannya. Ingat! Jalan penyelesaian bukan jalan pintas atau jalan alternatif lho ya. Kedua silakan hapus file .maintenance dari root direktori blog mu. Ketiga, silakan buka direktori wp-contents dengan file manager dari cPanelmu, klik kanan pada direktori plugins dan rename menjadi plugins.hold (pemisahnya titik). Keempat silakan kamu buat direktori kosong pada direktori wp-contents tadi dengan nama plugins. Kelima, masih di direktori yang sama coba kamu buka folder upgrades dan hapus semua isi dalam folder tersebut. Ingat ya! Isi folder upgradesnya saja yang dihapus bukan foldernya. Nah, sekarang coba buka atau akses url blog mu dan harusnya sudah bisa diakses seperti biasa. Masuklah ke dashboard dan aktifkan plugins tambahan secara manual karena dengan cara ini seluruh plugins otomatis non aktif.

Cara ini berhasil PS terapkan pada kasus ini dan jika kamu mengalami hal yang sama maka DWYOR (Do it With Your Own Risk) atau dalam bahasa kita itu Resiko kamu tanggung sendiri.

Semoga bermanfaat and keep blogging ya!

2 thoughts on “Gagal Update, Blog Terkunci WordPress Maintenance

  1. 11/04/2017 at 22:10

    gan ane dulu pernah gitu gan,, maintance wordpress tapi beberapa saat bisa di akses lagi,walupun wordpressnya ngga jadi update, gimana nih kalo mau update wordpress ko susah ya klo di wordpress langsung ? apa harus dari hosting.?

    1. 12/04/2017 at 13:02

      kalau aku biasanya tengah malam updatenya dan milih hari yang kira-kira orang jarang/sedikit yang online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *