Gangguan pada Layanan Hosting Blog

Internet РGangguan pada layanan hosting blog memang tidak sering terjadi pada suatu kasus. Semisal akibat serangan program jahat yang ditujukan pada salah satu situs blog yang ada pada layanan hosting tersebut, sehingga menggagalkan fungsi dan melakukan shutdown otomatis. Tapi ada juga yang disebabkan oleh perangkat jaringan yang digunakan mengalami kerusakan, sehingga memerlukan penggantian yang mengakibatkan dimatikannya layanan hosting untuk sementara waktu. Ada juga yang biasa rutin dilakukan adalah untuk perawatan berkala yang mengharuskan mematikan layanan untuk beberapa jam. Dari kesemuanya itu tentu berdampak kepada situs blog yang di miliki, saat dimatikan  layanan hostingnya tentu blog tidak dapat diakses dari manapun.

Mungkin kemarin siang ada sebagian sobat PS yang tidak bisa mengakses situs blog ini, walaupun sobat mungkin sudah mencoba berganti-ganti perangkat namun tetap tidak bisa membuka blog Prapto Sragen ini. Ya, kemarin memang terjadi gangguan pada layanan hosting dari blog ini sehingga tidak dapat diakses. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pihak penyedia layanan hosting, bahwa diinformasikan telah terjadi kegagalan fungsi pada routing jaringannya (aku dewe yo ora ngerti kuwi maksud’e kepriwe?).

Email pemberitahuan Adanya Gangguan Layanan Hosting

Email pemberitahuan Adanya Gangguan Layanan Hosting

Downtime atau lama waktu sebuah situs tidak dapt diakses ini tentu berpengaruh terhadap jumlah kunjungan dan berpotensi membuat calon pengunjung situs kecewa, serta menganggap bahwa situs blog sudah tidak aktif lagi. Bagi situs-situs besar seperti portal berita atau media online, downtime yang lama akan berpengaruh terhadap angka pemasukan pendapatan dari layanan periklanan. Sehingga dapat dikatakan yang dirugikan adalah si pemilik/perusahaan yang mengelola situs tersebut. Sedangkan pihak penyedia layanan hosting juga dibuat pusing dengan komplain dari para pemilik situs blog, sehingga harus bekerja ekstra untuk membuat downtime dalam tempo sesingkat-singkatnya (eh, jadi inget teks proklamasi yang dibacakan Bung Karno nih he he he).

PS juga sempat bingung dan berusaha mencari tahu dengan mencoba melakukan pelacakan terhadap situs blog propto.my.id ini yang ditembakkan dari berbagai server di beberapa belahan bumi. Hasilnya cukup mengejutkan karena dari seluruh server yang ada tidak dapat menjangkau/mengakses alamat blog ini kecuali server yang berada di Beijing, China. Hmmmm….something wrong was happen celoteh dalam hati.

Hasil Pelacakan dari Beberapa Server Dunia terhadap Layanan Hosting

Hasil Pelacakan dari Beberapa Server Dunia terhadap Layanan Hosting

Karena memang tidak mampu berbuat atau mengambil tindakan terkait gangguan layanan hosting ini, dan pasrah saja kepada pihak penyedia layanan hosting untuk segera mengatasi gangguan yang terjadi. Niat untuk turut andil memeriahkan Hari Guru Nasional pun pupus karena gangguan kemarin dan hanya bisa berharap-harap cemas.

Hari ini setelah kembali dari tempat kerja, langsung mencoba membuka dasbor situs blog dan Alhamdulillah semua sudah kembali normal. Tinggal menunggu waktu perawatan dari penyedia layanan hosting blog ini pada tanggal 29 November nanti. Semoga saja tidak berlangsung lama, Amin.

One thought on “Gangguan pada Layanan Hosting Blog

  1. fahmi
    27/05/2015 at 09:39

    ijin nyimak gan… mantap nie cerita nya lagi cari hosting yang ok buat olshop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *