Gunung Slamet & Merapi jadi Trends

Google Trends: Gunung Slamet
Dua Gunung Masuk Google Trends: Gunung Slamet & Gunung Merapi

Blogging News –  Gunung Slamet dan Gunung Merapi merupakan dua gunung yang masuk dalam peringkat teratas pencarian di dunia maya berdasarkan pantauan pada google trends pada tanggal 10 Maret 2014. Sebagian besar dari kita tentu sudah tahu mengapa kedua gunung berapi yang ‘angker‘ tersebut bisa memuncaki pencarian di dunia maya. Ya, betul! Karena gunung Slamet dan gunung Merapi yang sama-sama berlokasi di provinsi Jawa Tengah sedang bergeliat.

Sebelum lebih jauh mengulas tentang kedua gunung tersebut, sedikit coba PS gambarkan tentang Google Trends yang mungkin akan berguna bagi beberapa kawan blogger yang ingin memburu trafik tinggi dari gelombang pencarian di dunia maya yang terus berubah-ubah setiap harinya.

Google Trends merupakan sebuah laman web yang menampilkan grafik statistik pencarian Web berdasarkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasilnya dapat ditampilkan berdasarkan kota, wilayah saat mengakses pencarian atau bahasa yang digunakan. Situs berita yang memuat artikel/tulisan terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di google Trends. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna dapat membandingkan topik-topik pilihannya dengan topik-topik yang diminati di seluruh dunia. Google Trends juga menampilkan seberapa sering suatu topik muncul di Google News, dan di wilayah belahan dunia mana topik tersebut paling banyak dicari.

Di Google Trends seseorang dapat mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Google Trends juga dapat berguna sebagai bahan bagi para blogger untuk memilih topik blog yang bagus di mesin pencarian Google. (Wikipedia:Google Trends)

Google Trends: Gunung Slamet
Dua Gunung Masuk Google Trends: Gunung Slamet & Gunung Merapi

Nah, sudah paham kan apa itu GT dan manfaatnya bagi kawan blogger? Oke lanjut ke topik utama tentang dua gunung yang masuk tranding topik pencarian yaitu gunung Slamet dan gunung Merapi.

Gunung Slamet Keluarkan Asap

Pagi ini dikabarkan bahwa gunung Slamet yang sudah beberapa tahun tidak menunjukkan aktivitas yang mencolok, tiba-tiba saja menarik perhatian masyarakat sekitar lereng gunung Slamet, dengan menghembuskan kepulan asap hitam ke udara (vertikal). Tentu dirasa aneh bagi sebagian masyarakat yang baru saja di gegerkan oleh aktifitas erupsi dari gunung Kelud dan gunung Sinabung beberapa waktu lalu. Belum jelas apakah ini merupakan tanda atau gejala awal tahap erupsi atau hanya sebuah ‘miss call‘ bagi alam sekitarnya 🙂 Tapi yang jelas, menurut sejarah Jawa yang dipegang oleh masyarakat pada umumnya, ketika gunung Slamet meletus akan mampu membelah pulau Jawa menjadi dua bagian.

3 Desa di Lereng Gunung Slamet Terkena Hujan Abu | Liputan6.com

Hmmm…jangan meleduk dulu deh ya gunung Slamet, kamu sudah masuk tranding topik di dunia maya kok, jadi itu artinya kamu sudah dapat perhatian dari masyarakat Indonesia.

Gunung Merapi Kirimkan Abu Vulkanik

Seperti tak mau kalah dengan aksi kepulan asap yang di keluarkan oleh gunung Slamet, seakan bersahutan pula, gunung Merapi yang berada di bagian timur Jawa Tengah juga mengirimkan panggilan balasan dengan mengeluarkan hembusan abu vulkanik beberapa waktu lalu.

terekam hembusan di #Merapi dgn intensitas lebih kecil dari kejadian pagi tadi
Pukul 11:10 WIB kembali terekam hembusan di #Merapi dgn intensitas lebih kecil dari kejadian pagi tadi | @jalinmerapi

Dari pantauan akun twitter @jalinmerapi terlihat fast report kalau memang gunung merapi juga turut menghebuskan abu vulkanik seperti yang diberitakan oleh media lokal di kota Solo (deket tempat PS nih gunungnya, dari halaman rumah kelihatan jelas)

Mungkin karena peristiwa ini saling berdekatan serta sebelumnya terjadi beberapa erupsi gunung berapi di Indonesia, sehingga masyarakat langsung berburu informasi tentang kedua gunung ini yang menjadi topik paling dicari pada tanggal 10 Maret 2014.

Semoga gunung Slamet dan gunung Merapi hanya bertegur sapa biasa, ibarat anak muda yang sedang berpetualang, mereka sedang saling memanggil untuk mengetahui keberadaan masing-masing. Amin.

7 Komentar

    • dan itu pulalah yang menjadi inti dari semua fenomena alam ini, memang kita diingatkan agar senantiasa berpegang pada pedoman sang pencipta 🙂

    • dari situs berita hari kemarin malah sudah ada kabar letusan abu vulkanik kok mbak, arahnya ke barat gunung Slamet ini. Semoga bumi Jawa tidak terbelah 🙁

  1. Itu yang motret berani banget ya, lihat gambar aja aku udah miris . berrrrr kabur dah. mending pindah rumah ketimbang tinggal di deket gunung waspada.
    Nice post 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*