Kiat Memulai Aktifitas Blogging

Blogging Tips – Kiat memulai aktifitas blogging yang saya  rangkumkan ke dalam sebuah postingan. Banyak diantara teman-teman saya yang membuat blog hanya sekedar iseng belaka dan yang paling luar biasa, blog mereka bisa sekali update lho. Bingung? He he maksud saya, sekali menulis dan menerbitkan artikel kemudian tak pernah kembali lagi. Luar biasa kan?

blogging tips

Blogging – Where Do I Begin? | http://goo.gl/wwbdxv

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips atau kiat-kiat yang harus ditanamkan pada diri sebelum kita memulai aktifitas ngeblog (blogging). Oke langsung saja disimak sajian murah meriah dan juga ramah lingkungan ini.

  1. Apa Tujuanmu
    Aktifitas ngeblog tidak jauh berbeda dengan interaksi sosial di masyarakat pada umumnya. Layaknya sebuah proyek, tentunya memiliki target atau tujuan utama dari proyek itu sendiri. Nah, begitu juga dengan blogging, kamu sebisa mungkin memiliki tujuan agar blogmu bisa bertahan lama dan memenuhi target. Umumnya orang ngeblog bertujuan untuk berbagi pengalaman atau mungkin untuk meraup penghasilan tambahan.
  2. Tentukan Topik Pembahasan Utama
    Setelahnya ketemu tujuan kamu, sekarang pilihlah satu topik pembahasan utama yang akan kamu terbitkan di blog itu. Menurut beberapa pakar blogging (blogger), suatu blog dikatakan baik apabila memiliki satu pembahasan (topik) utama dan tidak campur aduk. Topik disini bisa disesuikan tujuan utama kamu ngeblog, misal kamu seorang gadis SMA yang senang dengan mode & trend, sebaiknya tulisan yang ada di blogmu mencakup dan terbatas pada hal tersebut. Ini hanya contoh, kamu bebas memilih topik lain 🙂
  3. Tentukan Nama dan URL Blog
    Anggap saja kamu sudah menemukan sebuah topik pembahasan yang benar-benar kamu sukai, sehingga aktifitas blogging akan terasa sangat menyenangkan. Tahapan berikutnya, silakan kamu tentukan nama blog yang unik, singkat,padat dan sesuai dengan topik utama tapi tetep jadi dirmu sendiri. Untuk urlnya tinggal kamu sesuaikan saja 🙂
  4. Siapkan Artikel/Tulisan Sendiri
    Untuk membuka lembaran baru di blog (baca: tulisan pertama), umumnya teman-teman saya merasa kebingungan tentang apa yang harus ditulis. Tapi jika dari poin 1-3 sudah kamu ikuti, tak ada yang perlu dibingungkan untuk mulai menulis. Tak jarang beberapa teman saya sudah mempersiapkan jauh hari artikel-artikel yang akan diterbitkan dengan menuliskannya terlebih dahulu di program pengolah kata. Jadi bisa lebih mudah lagi 🙂
    Dibagian ini yang perlu kamu perhatikan ialah berusaha untuk tidak melakukan plagiat! Bagi saya sendiri ctrl+c dan ctrl+v adalah sah-sah saja asalkan tetap mencantumkan URL (tautan balik) sumber tulisan yang kamu “kutip”. Coba sejenak kamu rasakan dengan hatimu yang paling dalam, bagaimana rasanya jika karyamu di akui oleh orang lain? Betapa sakit hatinya kamu?
  5. Baca Blog Lain
    Oke kembali ke interaksi sosial, sebagai seorang blogger yang juga manusia sebagai makhluk sosial, kamu juga harus mau membaca blog lain. Kalau perlu ajak kenalan sekalian dan request tukeran link, biasanya mereka akan senang jika diajak bertukar link. Kali-kali aja yang diajak kenalan masih jomblo dan cakep atau cantik, kan jadi semangat tembahan untuk melakukan “interaksi sosial berkelanjutan”.
  6. Berkomentarlah di Blog Lain
    Ini yang sangat perlu kita tanamkan, Budaya komentar positif setiap selesai membaca sebuah tulisan diblog orang. Bagi saya pribadi, komentar yang tersematkan dengan indah di bawah setiap tulisan merupakan bentuk apresiasi yang sungguh luar biasa terhadap jerih payah seorang blogger 🙂 . Jadi jangan segan setiap selesai membaca untuk selalu menuliskan komentar.
    Kebanyakan blogger senior akan melakukan kunjungan balik ke blog kamu dan meninggalkan komentar juga.
  7. Mainkan Kata Kunci
    Setelah cukup terbiasa, kamu ada baiknya mempelajari tentang teknik-teknik Search Engine Optimisation (SEO). Untuk langkah awal, kamu bisa mencoba memainkan ini dengan bermain kata kunci / tag. Tulisakan beberapa poin penting yang berkaitan dengan tulisan kamu antara 3 sampai 5 kata kunci.
  8. Undang Teman atau Blogger
    Poin ini masih berkaitan dengan interaksi sosial blogger, dimana kita melakukan promosi blog kita kepada orang lain dan mengajaknya untuk berkunjung, tapi jangan berlebihan lho he he. Ajak teman, kerabat atau blogger lain untuk mengunjungi blog kamu dan mintalah penilai mereka tentang blogmu.
  9. Fokus
    Yang terakhir meskipun masih banyak sebenarnya 🙂 , fokus pada topik dan tujuan kamu ngeblog dan jadilah diri mu sendiri dengan gaya dan model kamu (bukan plagiat ataupun duplikasi). Selamat membuka lembaran baru kawan dan jangan lupa kirimi saya link blog kamu ya. 🙂

Sembilan kiat di atas, saya rasa sudah cukup mewakili kiprah kamu di dunia blogging. Jangan bosan untuk selalu belajar dan belajar, karena dengan belajar kita bisa menulis dan karena belajar pulalah kita mampu berbagi ilmu kepada yang lain.

3 thoughts on “Kiat Memulai Aktifitas Blogging

  1. jasa web development
    28/11/2014 at 15:27

    You’ve made some decent points there. I looked on the web to learn more about the issue and found most individuals will go along with your views on this web site.

  2. socialbookmark
    10/12/2014 at 16:21

    For the reason that the admin of this website is working, no question very shortly it will
    be renowned, due to its feature contents.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *