Membuat Blog Cepat di Index

indexed in google SRP
Hasil pencarian yang menunjukkan situs Qtulis.net. Diakses 23 Desember 2011 pukul 11.48

Membuat blog cepat di index oleh mesin pencari, merupakan keinginan setiap webmaster yang baru saja merapungkan proyek website/blognya. Dalam tulisan ini, saya hendak berbagi pengalaman tentang tips agar situs blog kamu yang baru jadi bisa langsung di index oleh mesin pencari kurang lebih selama 1 x 24 jam.

Ditengah peluang bisnis online yang begitu pesat perkembangannya, eksistensi sebuah blog di mesin pencari menjadi suatu kelebihan tersendiri. Selain memberi kontribusi kunjungan, bagi blogger yang memanfaatkan situs blognya sebagai ladang penghasil income tambahan juga mampu meningkatkan penghasilan mereka.

Sebuah blog yang berhasil di index dan masuk dalam SRP (Search Result Page) terutama mesin pencari yang sering digunakan publik seperti Google, Yahoo Search, Bing, Ask, dll, merupakan sebuah keberhasilan dibidang marketing blog tersebut. Namun, tidak jarang ditemui beberapa situs blog yang sudah memiliki banyak artikel tapi tak kunjung di index oleh mesin pencari.

Hal tersebut menarik pelaku bisnis untuk menawarkan jasa pelayanan untuk membuat situs/blog cepat di index oleh mesin pencari. Akan tetapi, membuat blog cepat di index mesin pencari tidak lah sesulit yang kamu bayangkan. Coba simak kisah QtulisNet berikut yang dapat terindex oleh mesin pencari Google dalam waktu kurang dari 24 jam.

QtulisNet di bangun dan dipublikasikan pada tanggal 20 Desember 2011 malam. Setelah melalui proses kostumisasi dan tata layout, akhirnya managemen melakukan proses marketing online dengan melakukan pendaftaran ke beberapa mesin pencari.

Langkah awalΒ  yang dilakukan tentunya membuat berkas sitemap/ peta situs yang menjadi dasar sebuah robot mesin pencari untuk mendapatkan informasi tentang situs blog kita. Karena QtulisNet menggunakan mesin CMS WordPress dan berdasarkan pengalaman beberapa rekan, diputuskan untuk memasang plugin WordPress Sitemaps Generator untuk membuat peta situs yang terintegrasi. Setelah melewati proses pemasangan yang dilanjutkan dengan melakukan generate sitemaps, akhirnya file peta situs QtulisNet selesai dalam 5 menit. πŸ™‚

Langkah berikutnya, kami mengirim berkas tersebut ke mesin pencari publik seperti Google. Untuk tahapan ini, pihak managemen menggunakan layanan webmaster tool yang disediakan oleh google < http://www.google.com/webmasters/ >, tentunya dengan malakukan sign in terlebih dahulu ke akun managemen kami yang ada di Google. Jika belum memiliki akun disana, silakan lakukan pendaftaran baru dengan membuat akun.

menambahkan situs blog di webmaster tool
Klik tombol Tambah Situs untuk menambahkan blog kamu

Kamu akan dibawa ke halaman beranda Google pusat webmaster, pada tahap ini silakan lakukan penambahan situs dengan mengklik tombol tambah situs yang ada di bagian kanan atas halaman tersebut. Isi semua formulir yang diminta sesuai dengan keterangan situs blog kamu. Ikuti tahap-tahap penambahan situs hingga selesai.

Setelah berhasil menambahkan, lakukan pengiriman peta situs yang sebelumnya sudah kamu generate menggunakan WordPress Sitemaps Generator atau plugin lain yang intinya kamu sudah memilik file sitemaps. Url standar biasanya seperti http://www.namasitusmu.tldnya/sitemaps.xml Perlu kamu pastikan bahwa ekstensi filenya berbentuk *.xml ya πŸ™‚

sent your sitemaps
Kirim url file peta situs yang sudah kamu buat tadi

Setelah berhasil melakukan pengiriman, sekarang biarkan mesin pencari yang bekerja untuk mempromosikan situs blog kamu dan tunggu kurang lebih selama 1 x 24 jam. Untuk memeriksa apakah situs sudah terindex atau belum, silakan tulis site:namasitusmu.tldnya misal site:qtulis.net pada mesin pencari Google. Jika berhasil terindex, maka hasilnya kurang lebih seperti ini;

indexed in google SRP
Hasil pencarian yang menunjukkan situs Qtulis.net. Diakses 23 Desember 2011 pukul 11.48

Semoga bermanfaat dan bersyukurlah karena kita masih diberi kesempatan untuk menimba ilmu. Bagi yang sudah terlebih dahulu tahu, mari kita bagikan ilmu dengan menuliskannya agar berguna bagi anak cucu kita serta orang lain. πŸ™‚ #QtulisNet

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*