Membuat Halaman Sitemap untuk Blog

Halaman Sitemap Blog
Hasil Akhir untuk Halaman Sitemap Blog yang Kamu Buat | doc: qtulis.net

Cara membuat halaman sitemap untuk blog yang bermesin WordPress ini saya temukan ketika iseng melihat daftar menu makanan di sebuah warung. Terbesit dalam benak untuk membuat daftar posting blog dan merangkumnya ke dalam sebuah halaman khusus.

Setelah berlari kesana-kemari yang berujung membuat saya capek mata dan juga capek pikiran, akhirnya saya pasrah dan memilih menggunakan plugin saja. Sebut saja plugin ini dengan Category Show yang memiliki fungsi utama untuk menampilkan daftar tulisan (posting) yang tersusun berdasarkan pengelompokan kategorinya. Kelebihan plugin ini selain fitur utama tersebut ialah kita dapat memilih kategori yang ingin ditampilkan dan yang tidak ditampilkan di halaman menu makanan, eh! menu tulisan (posting) maksud saya 🙂

Langsung saja, untuk dapat menggunakan plugin Category Show yang menawan ini, kamu perlu memasang plugin tersebut terlebih dahulu. Bagi yang hostingnya berbayar, tinggal meluncur ke menu add plugin pada dashboard wordpress blog kamu. Kemudian pada kolom pencarian yang ada, silakan kamu tulis Category Show dan tekan tombol “Search“. Akan muncul hasil pencarian, klik tulisan “Install Now” tepat di bawah kotak menu Category Show tersebut. Aktifkan plugin yang telah berhasil di unduh oleh server, lalu setelah plugin diaktifkan, langsung meluncur ke menu Setting > Category Show dan saatnya kamu menciptakan kode untuk setiap kategori yang ingin kamu tampilkan.

Generate Code for sitemap
Generate Code Tag

Lakukan generate code untuk setiap kategori tulisan yang ingin kamu tampilkan di halaman menu tulisan. Kamu juga bisa menyusun urutan daftar yang tampil berdasarkan alur waktu atau bersifat alfabethis di bagian ini. Buka tab baru atau langsung klik kanan pada menu dashboard blog kamu dan open new tab. Buat halaman untuk daftar menu tersebut dan berilah keterangan sedikit di bagian atas agar terkesan bersahabat. Salin kode yang telah berhasil kamu ciptakan tadi, kemudian tempelkan pada halaman yang sedang kamu buat tadi.

Lakukan generate kode lagi untuk kategori tulisan lain yang ingin kamu tampilkan, salin dan tempelkan pada halaman edit page tadi. Ulangi langkah tersebut hingga semua kategori yang ingin kamu tampilkan, telah masuk ke dalam halaman peta situs (sitemap) tadi. Setelah oke, silakan kamu terbitkan halaman tersebut dan lihatlah hasilnya.

Halaman Sitemap Blog
Hasil Akhir untuk Halaman Sitemap Blog yang Kamu Buat | doc: qtulis.net

Kalau masih merasa ada yang kurang, silakan diedit halaman tersebut dan berilah tambahan menurut selera kamu. Oke, semoga cerita ini bisa bermanfaat buat kamu ya 🙂

Di atas adalah cara lama yang saya gunakan, untuk cara terbaru yang diterapkan pada blog Prapto Sragen bisa dilihat pada halaman artikel yang berjudul Halaman Peta Situs untuk Blog WordPress << klik untuk membuka.

1 Komentar

  1. After I originally commented I seem to have clicked the -Notify
    me when new comments are added- checkbox and now each time a comment is added I get four
    emails with the same comment. Is there a means you are able to remove me from that service?
    Thanks!

1 Trackback / Pingback

  1. Halaman Peta Situs untuk Blog Wordpress | Prapto Sragen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*