Menghindari Spam Blog dengan GASP

menghindari spam
Tampilan pengaturan GASP di admin panel Wordpress Blog | dok: doit.web.id

Menghindari spam blog dengan GASP (Growmap Anti Spam Plugin) pada blog berbasis WordPress memang cukup mumpuni. Setelah beberapa tahun menggunakan aplikasi tersebut, saya cukup terbantu untuk menghindari spam yang masuk ke blog wordpress yang dimiliki. Untuk lebih jelas mengenai plugin ini, simak ulasan berikut!

Pada suatu hari ada seorang pemilik blog yang mengalami masalah dengan hostingnya sehingga berujung pada suspend terhadap semua situs yang ada di dalam hosting tersebut. Setelah berjuang dan berpikir jalan terbaik, akhirnya ia memutuskan pindah hosting dan membeli paket layanan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Namun, permasalahan ternyata tidak berhenti disitu saja. Ia masih direpotkan dengan costumisasi ulang situs blognya agar performanya baik seperti sedia kala. Disaat proses perbaikan itu berlangsung, pemilik blog mengalami permasalahan yang sangat pelik dengan komentar spam yang diprediksi dari robot spam. Ia sudah mencoba memasang plugin akismet, tapi masih saja ada berratus spam yang lolos. Bagaimana cara pemilik situs tersebut akhirnya mengatasi permasalahan ini, simak cerita berikut dengan seksama.

Yup, benar sekali. Beberapa waktu lalu masalah tersebut memang saya alami dengan berbagai macam jenis komentar spam masuk ke dalam dasbor admin menanti untuk disetujui. Jelas lah langsung saya lempar ke tong sampah karena tak pantas untuk disetujui. Saya merasa jengkel karena setiap masuk dasbor selalu mengirim spam tersebut ke tempat sampah yang jumlahnya lumayan lah kalau digoreng . Meskipun demikian, saya sempat merasa lucu karena situs blog ini kan berbahasa Indonesia tapi kok komentarnya berbahasa Inggris, bahkan tidak nyambung dengan posting yang ada.

Saya juga sudah mengaktifkan akismet yang populer itu, tapi masih ada beberapa puluh yang lolos dan harus dikirim ke tong sampah secara manual. Akhirnya saya ingat saran dari sahabat blogger mursid.web.id dan mashendri.com untuk menggunakan Growmap Anti Spambot Plugin (G.A.S.P) buah karya Andy B.

Cara kerja plugin antispam satu ini memang terbilang unik dan mumpuni, karena sebelum berkomentar di halaman situs, terlebih dahulu pengunjung mencontreng kotak kecil yang berada di dekat tombol kirim/submit. Kalau dianalisa memang manjur, setahu saya yang namanya robot itu dibuat untuk memudahkan manusia dengan keadaan yang tetap/stabil. Kalau G.A.S.P-nya diletakkan agak ‘nyeleneh‘, pastinya robot tak akan tahu tempatnya. Kecuali manusia yang berimprovisasi menjadi robot spam

Untuk pemasangan sendiri cukup mudah, melalui menu tambah plugin di dasbor kamu ketikkan saja Growmap Anti Spambot di kolom pencarian yang ada dan klik tombol carinya. Beberapa plugin akan ditampilkan, pilih saja Growmap Anti Spambot Plugin dan instal sekarang.

Setelah proses instalasi selesai, langsung saja kamu aktifkan dan menuju ke menu pengaturan > G.A.S.P

menghindari spam
Tampilan pengaturan GASP di admin panel WordPress Blog | dok: doit.web.id

Disana sudah disediakan costumisasi pesan yang muncul agar lebih klop dengan situs kamu. Edit dikit kemudian simpan perubahan yang telah kamu buat. Setelahnya tinggal testing deh, bisa dengan meminta teman berkomentar atau kamu logout dulu dari admin area. Alasan kenapa harus keluar dulu ialah G.A.S.P tidak aktif jika kamu sudah login kawan.

Oke dah, saya rasa ini cerita saya siang ini seputar trik membasmi wereng a.k.a menghindari spam di blog masing-masing, khususnya yang bermesin wordpress. Apabila ada kejanggalan atau kekurangan, mohon untuk ditambahi melalui form komentar. Namun, apabila ada kelebihan mohon untuk dikembalikan juga melalui kolom komentar.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*