Migrasi Hosting Blog Biar Kencang

foto server hosting
Perangkat Keras dari Hosting di Server Penyedia | internet

Blogging – Migrasi hosting blog biasa dilakukan oleh beberapa penggiat atau aktivis bidang tulis menulis dunia maya, dan profesi mereka itu dikenal dengan istilah Blogger (bukan goblog tur keblinger lho ya).  Ada beberapa alasan mengapa mereka melakukan migrasi hosting blog, diantaranya karena pelayanan yang kurang memuaskan, atau bisa juga karena ada tawaran menggiurkan dari provider hosting tertentu, atau karena alamat server hosting blog sudah diblokir, dan bisa juga semata-mata untuk meningkatkan performa blog secara lebih baik.

Dengan alasan seperti di atas serta beberapa masukan dari rekan team Aryta Network agar blog ini lebih baik lagi (thanks man, atas cerita prosesi migrasi hosting blog yang akhirnya ku tulis ulang disini), akhirnya diputuskan untuk melakukan migrasi hosting blog dalam waktu yang sesingkat-singkatnya pada tengah malam. Tujuannya sih kalau dilakukan saat tengah malam kan banyak yang masih terlelap, jadi kemungkinan shock visitor lumayan berkurang lah daripada kalau kita melakukan migrasi hosting blog pada siang hari.

Sebelumnya sih menggunakan layanan hosting gratis dari Hostinger Indonesia yang bisa dikatakan sudah cukup mumpuni jika digunakan untuk tahap belajar dalam memasuki dunia blogging. Selain karena bebas biaya, kapasitas penyimpanan juga lumayan lega dengan batas maksimum lalu lintas data yang cukup besar pula. Layanan hosting blog gratis yang sebelumnya sempat digunakan memang cukup lengkap dan mudah bagi kawan-kawan yang ingin memulai belajar ngeblog self hosted (blog yang dihosting sendiri). Kamu juga bisa belajar mengembangkan berbagai macam kode html maupun php disana, meskipun digunakan untuk hosting blog, tapi bisa juga digunakan sebagai tempat praktik web develoment.

Karena ingin lebih mudah dalam melakukan sinkronisasi dengan jaringan blog, khususnya yang ada di Indonesia, akhirnya diputuskan untuk menggunakan layanan hosting blog berbayar untuk periode tahunan. Adalah perusahaan penyedia layanan hosting Jetdino Hosting yang dipercaya untuk menjaga data-data online blog ini. Alasan utama memilih provider hosting ini tidak lain atas rekomendasi dari rekan sejawat yang telah lama menjadi pelanggan disana. Support yang baik serta harga sewa yang relatif murah, tentu menjadi pertimbangan selanjutnya untuk mempercayakan hosting blog kepada provider yang satu ini.

Akhirnya selesai juga Prosesi Migrasi Hosting Blog MasWi.Net

Jika kamu hendak mengikuti jejak ku atau ingin mulai serius dalam dunia blogging self hosted wordpress, provider hosting blog yang satu ini patut untuk dicoba (terekomendasi).

Tahap-tahap Migrasi Hosting Blog

Mengawali proses migrasi hosting blog tengah malam ini, langsung dengan melakukan backup data, yaitu dengan cara mengunduh semua file yang ada di root directory dari blog ini di hosting lama. Lumayan lama tapi memang harus dilakukan demi mendapatkan hasil yang baik dan berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak di inginkan. Setelahnya, dilanjutkan dengan melakukan pointing (merubah tujuan) nameserver hosting blog yang baru dari panel area penyedia layanan domain yang dimiliki.

Oh iya, hampir lupa untuk menyenggol penyedia layanan domain murah Indonesia yang merupakan tempat paling direkomendasikan untuk membeli domain. Blog ini untuk domainnya di beli dengan mahar 90rb kurang sedikit dan full control alias bukan sewa domain. Coba intip beberapa penyedia layanan domain, adakah yang harganya murah atau adakah yang harga TLD-nya di bawah 90rb ? Cuma DomaiNesia yang ada 🙂

Oke lanjut ke tahap berikutnya ya, setelah input nameserver tersimpan, maka domain kita sudah masuk ke masa propagasi (cari di tempat simbah tentang ini, jangan malas) dan tunggu sampai masa propagasi ini selesai (maksimal 2 x 24 jam). Setelah sukses nyangkut di hosting blog yang baru, selanjutnya tinggal melaksanakan prosesi pemasangan skrip wordpress di root directory blog kita.

Perkembangan Masa Propagasi dapat di pantau
Perkembangan Masa Propagasi dapat di pantau melalui http://j.gs/3VID secara Realtime

Langkah terakhir ya tinggal melakukan penyesuaian seperti pemasangan tema wordpress atau pun pemasangan plugin pendukung yang diinginkan. Dan jangan lupa juga untuk melakukan import data posting dan page dari blog yang sebelumnya telah dibackup kalau mau blognya tidak kosong mlompong.

Semoga cerita migrasi hosting blog ini bisa menambah wawasan kamu yang cantik and cakep (langsung ambil cermin dan lihat sendiri, kalau tidak cantik ataupun cakep yaaaa….. maaf) apalagi kalau pakai batik Sragen he he he

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*