Panduan Menulis Posting Blog WordPress

Panduan menulis posting blog wordpress ini sengaja aku tulis untuk memenuhi permintaan dari beberapa PZoner yang sedang belajar beraktualisasi di jagad maya menggunakan platform WordPress. Untuk menjadi seorang penulis di blog wordpress, cara cukup mudah dan bagi yang masih awam (belum pernah menjamah) pun akan dengan cepat memahami panduan menulis posting blog wordpress ini.

Sampai disini aku anggap PZoner sudah kenal dan tahu apa dan siapa itu WordPress yang akan digunakan sebagai dasar kita dalam ber-bloging ria nantinya, dan jika belum bisa membaca ulasan terdahulu di halaman berikut >>

Panduan menulis posting blog wordpress ini disertai dengan gambar tangkapan layar komputer untuk memudahkan PZoner dalam mempraktikkannya, so selamat menikmati sajian spesial ini ya πŸ™‚

Pertama, silakan masuk ke dasbor panel blog wordpress terlebih dahulu. Setelah berhasil masuk, silakan kamu arahkan kursor tetikus (mouse) ke bagian menu atas tepat pada tulisan + New. Akan muncul menu ke bawah seperti gambar, kamu cukup klik saja tulisan Post.

tampilan layar penulisan konten blog

Jendela Kerja Penulisan Posting Blog WordPress | prapto88

Akan muncul tampilan kerja baru dari halaman dasbor WordPress kamu dengan tampilan kurang lebih seperti gambar di atas.

Kedua, silakan kamu mulai menulis judul posting atau judul cerita pada bagian atas (lihat gambar di atas). Tips : Buatlah judul yang menarik, kontroversial dan mengundang orang untuk membaca tulisan kamu. Semakin menarik judul dan mampu membuat penasaran orang, maka semakin banyak pula yang akan membaca tulisan kamu.

Lanjutkan dengan menulis cerita kamu di bagian penulisan konten dan buatlah pembaca blog terkesima dan semakin penasaran untuk terus membaca tulisan kamu tersebut hingga selesai. Saran : Tulislah cerita secara runtut dan sistematis dengan bahasa bebas agar pembaca mudah memahami maksud yang disampaikan. Tips : Usahakan untuk menuliskan judul artikel di bagian isi/konten secara rapi dan tersemat dengan baik untuk meningkatkan peringkat tulisan kamu di mesin pencari (hasil pencarian).

Tidak ada batasan penggunaan bahasa, jumlah kata atau jenis penataan dalam penulisan posting blog. Kamu bebas bereksplorasi dalam rangkaian kata untuk mencurahkan segala yang ada di pikiran maupun hati.

Setelah puas mencurahkan segala isi hati maupun ide-ide luar biasa kamu, pada bagian akhir cobalah untuk memancing pembaca agar memberikan tanggapan atau penilai terhadap tulisan kamu. Tujuannya adalah agar pada penulisan posting berikutnya kamu dapat lebih dekat dengan pembaca, dan kualitas perangkai Β kata bisa lebih memuaskan pembaca setia kamu.

Ketiga, judul posting sudah dan isi artikel posting juga sudah, sekarang saatnya kamu menuliskan kata kunci pencarian pada kolom yang tersedia. Kata kunci pencarian ini sebagai jalan pintas seseorang yang ingin menemukan tulisan seperti yang kamu tulis, dengan bantuan mesin pencari seperti Google,Bing, Yahoo,dll.

Ibaratkan saja kata kunci pencarian adalah rangkuman isi posting kamu yang dituangkan hanya kedalam beberapa untaian kata saja. Contoh : cara menulis posting blog, menulis posting blog wordpress, panduan menulis posting blog dan lain sebagainya. πŸ™‚

Tidak semua pembaca ingin membuka halaman blog kamu untuk mencari informasi yang dibutuhkan, dan fitur Kategori ini digunakan untuk mengelompokkan posting dengan jenis artikel yang sesuai dalam satu kategori. Jadi tahap Keempat adalah menambahkan jenis artikel dari tulisan kamu, dan jika belum ada yang sesuai, cukup tambahkan kategori baru untuk posting yang baru selesai ditulis tersebut.

Lha terus yen arep nglebokne gambar nang posting piye mas? (Terus untuk memasukkan gambar ke dalam posting bagaimana mas?)

Menambahkan Gambar/Foto pada Isi Posting Blog

Untuk menjawab pertanyaan PZoner mengenai cara memasukkan gambar ke dalam konten posting blog, kamu cukup klik tombol Add Media/Tambahkan Media dibagian menu editing yang terdapat di bagian bawah kolom judul posting.

menambahkan gambar pada posting blog wordpress

Cara Menambahkan Gambar/Foto pada Posting Blog | prapto88

Akan muncul jendela tampilan media upload, lalu pilih saja tab Upload dan kemudian tekan tombol Chose File/Pilih Berkas yang ada di tengah-tengah jendela tampilan itu. Pilih gambar/foto yang hendak kamu masukkan ke dalam konten posting dan tunggu proses uploadnya hingga selesai.

Kemudian tambahkan keterangan gambar yang baru saja berhasil di unggah tadi, berguna untuk memudahkan pembaca yang mencari informasi tertentu agar menuju blog kamu. Sesuaikan juga tata peletakan gambar dan ukurannya agar serasi dengan isi tulisan kamu. Eittsss…jika telah selesai, pastikan kamu klik tombol Inser into Post yang berwarna biru agar gambar/foto dapat masuk di bagian konten posting kamu.

menambahkan keterangan gambar

Tambahkan Keterangan Gambar/Foto sebagai Informasi Pelengkap | prapto88

Setelah semua terselesaikan, langkah Terakhir adalah menerbitkan posting yang telah kamu tulis dengan penuh semangat, gairah dan inspirasi tadi dengan menekan tombol Publish/Terbitkan berwarna biru (lihat gambar paling atas).

Selamat ya kamu sudah berhasil menulis posting blog wordpress baru mu dengan bantuan panduan menulis posting blog WordPress yang aku tuliskan ini.

Jika masih merasa bingung atau belum paham, silakan berkomentar di kolom tanggapan yang ada di bawah tulisan ini. πŸ™‚

2 thoughts on “Panduan Menulis Posting Blog WordPress

  1. 14/03/2014 at 18:08

    wah saya malah belum install nih plugin seo yoas nya. Sepertinya menarik ya mas kalau di insttall juga plugin nya di wordpress πŸ™‚

    1. Prapto Ari
      19/03/2014 at 23:58

      ada manfaatnya kok plugin yang itu, jadi bisa belajar tentang SEO secara otodidak dan dengan pengalaman sendiri, πŸ™‚ silakan dicoba saja mbak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *