Bel Sekolah Otomatis dengan Teknologi Terkini

Konsep Bel Sekolah Otomatis dengan Komputer yang Sederhana
Konsep Bel Sekolah Otomatis dengan Komputer yang Sederhana

Pendidikan – Bagaimana kabarmu hari ini sobat? Semoga baik-baik saja dan jangan lupa bahagia ya šŸ˜€ Kali ini PS akan berkisah tentang Bel Sekolah Otomatis dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Sehingga lebih memudahkan dalam penyelenggaraan pendidikan baik formal maupun non formal. Kalau dahulu waktu masih sekolah, biasanya ada seorang guru piket yang bertugas untuk ‘mencet’ bel saat pergantian jam pelajaran. Buat yang masih sekolah, apa ya masih ada hal seperti ini? Hmmmm… sepertinya harus dirubah kebiasaan ‘pencet’ bel sekolah seperti itu.

Konsep Bel Sekolah Otomatis dengan Komputer yang Sederhana
Konsep Bel Sekolah Otomatis dengan Komputer yang Sederhana

Dengan memanfaatkan teknologi komputer saat ini, untuk membuat bel sekolah otomatis tentu sangatlah mudah. Tidak perlu capek-capek berjalan ke kantor untuk menekan tombol bel saat pergantian jam pelajaran. Beragam aplikasi bel sekolah otomatis juga banyak dibagikan di internet dan yang berbayar juga ada. Hanya perlu ketelitian untuk memilih aplikasi yang tersedia sehingga benar-benar mampu memperlancar penyelenggaraan pembelajaran. Bukan malah mempersulit!

Ketepatan waktu suara bel berbunyi dengan memanfaatkan teknologi komputer tentu lebih akurat jika dibanding model manual. Sehingga secara otomatis akan membiasakan peserta didik untuk disiplin waktu dalam kegiatan sehari-hari. Berdasarkan pengalaman PS beberapa tahun ini, sekolah yang sudah menerapkan bel sekolah otomatis cenderung mengalami peningkatan tentang kedisiplinan waktunya.

Selain itu, sebagian besar sekolah yang PS bantu dalam pemasangan bel sekolah otomatis menanyakan kemampuan memutar musik pada jam istirahat agar peserta didik merasa lebih relax. Hal tersebut jelas bisa diterapkan karena menggunakan sistem komputerisasi.

Apa Kebutuhan Pokok Bel Sekolah Otomatis?

Oke, secara konsep dan gambaran mungkin sudah dapat sobat bayangkan bagimana bel sekolah ini akan bermanfaat dalam penyelenggaraan pendidikan. Sekarang mari kita bahas tentang kebutuhan atau peralatan apa saja yang harus disediakan agar konsep bel sekolah otomatis ini dapat terealisasi.

Yang pertama jelas membutuhkan sebuah perangkat dekstop atau pun laptop yang memilikiĀ soundcard untuk keluaran suara. Sobat bisa menggunakan komputer bekas yang masih layak pakai untuk menekan biaya atau membeli komputer baru yang lebih terjamin kemampuannya tapi budget lebih tinggi. Tinggal pilih sesuai kemampuan sekolah sajalah, kalau misal masih ada komputer yang ‘nganggur’ lebih baik digunakan saja biar lebih hemat.

Perangkat Suara Sound System Bel Sekolah
Perangkat Suara Sound System Bel Sekolah

Kedua yaitu perangkat suara (sound system) yang meliputi satu set amplifier dengan daya tertentu, seperangkat speaker, kabelĀ out put keĀ speaker serta kabel RCA dari komputer ke amplifier. Untuk biaya yang harus dikeluarkan biasanya tergantung luas jangkauan suara serta kualitas perangkat yang diinginkan. Sebagai gambaran untuk ukuran speaker 6 inchi lengkap dengan box serta kabelnya 25 meter, PS beberapa waktu lalu memerlukan budget 175ribu. Jika satu sekolah membutuhkan 8 speaker ukuran tersebut untuk menangani luas jangkauan suara, ya tinggal mengalikan saja.

Ketiga yaitu aplikasi bel sekolah otomatis yang berisi segala bentuk pengaturan terkait suara bel sekolah yang diinginkan. Ada beragam model bel sekolah otomatis yang dapat di temukan di internet, harga aktivasinya pun bervariasi. Tapi selama ini PS dalam membantu menyiapkan bel sekolah otomatis selalu menggunakan aplikasi dari PirantiLunak karenaĀ interface yang mudah tapi lengkap.

Untuk pemasangan dari nol rata-rata hanya membutuhkan biaya 4 – 7 juta yang meliputi komputer, amplifier, speaker beserta mixer/mic kontrol. Tapi tak jarang juga ada sekolah yang sudah memiliki sebagian perangkat yang dibutuhkan dan hanya menghabiskan biaya 1,5 – 4 juta saja. Umumnya perangkat komputer masih ada yang bisa digunakan dan istilahnya daripada ‘nganggur’ lebih baik dimanfaatkan untuk bel sekolah otomatis.

Pemasangan Speaker untuk Bel Sekolah Otomatis
Pemasangan Speaker untuk Bel Sekolah Otomatis

Minat untuk memasang Bel SekolahĀ Otomatis? Bisa PS bantu, silakan kontak ke 085 701 335 335 (Whatsapp/SMS juga oke)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*