Intip Home Industri Karak Bunder

Salah satu Angkringan yang menjual produk berlogo 100% Mateng
Salah satu Angkringan yang menjual produk berlogo 100% Mateng

Profil Usaha – Dunia industri membutuhkan inovasi seperti yang dilakukan sebuah home industri Karak Bunder dari kabupaten Karanganyar ini. Dengan bermodalkan pengetahuan tentang proses pembuatan karak atau kerupuk nasi, memberanikan diri mendobrak pasar dengan menghadirkan produk Karak tanpa obat gendar/bleng. Selain itu dengan bentuk karak yang dibuat bundar, tentu tampil beda dengan wajah karak yang umumnya berbentuk persegi panjang.

Usaha produksi Karak Bunder ini dirintis ketika sang pemilik memutuskan untuk berhenti dari dunia kerja dan mulai menekuni dunia usaha. Awalnya memang memproduksi sekala kecil dengan produk mentah sesuai pesanan dari tetangga maupun kerabat. Tak banyak yang mampu diproduksi dalam sehari ketika itu, sekitar 400 sampai 500 keping sehingga tak jarang untuk memenuhi pesanan harus rela menunggu beberapa hari.

Gambar Facebook Page Karak tanpa obat gendar/bleng
Gambar Facebook Page Karak tanpa obat gendar/bleng

Belum lagi jika kondisi cuaca memasuki musim penghujan dimana proses pengeringan Karak Bunder kurang optimal yang berdampak pada jumlah produksi keping keringnya. Hingga suatu ketika karena kondisi yang memang harus hijrah ke kabupaten Karanganyar, membuat sang pemilik menggagas untuk mulai menjual versi Mateng agar dapat lebih mengembangkan usaha. Semula memang base produksi berada di kabupaten Sragen kecamatan Masaran, tapi kini sudah move total lokasi produksi di kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar.

Meskipun demikian, Karak Bunder masih tetap memproduksi produk mentah kering, baik untuk memenuhi pesanan maupun dijual langsung ke pasar. Konon kabarnya dalam beberapa waktu kedepan, akan dihadirkan varian baru untuk produk Mateng nya dengan memberikan beberapa pilihan rasa.

Produk Mentah dengan Identitas logo tertulis 100% Garing
Produk Mentah dengan Identitas logo tertulis 100% Garing

Owner home industri ini lebih memilih memasarkan langsung berkerja sama dengan pemilik angkringan, jadi jangan harap kamu menemukan produknya di toko-toko modern. Falsafah yang dibawa memang bertujuan untuk mengenalkan karak yang merupakan salah satu kuliner khas Nusantara kepada khalayak umum. Harapannya Karak mampu menembus pasar ekspor sebagaimana batik yang telah terlebih dahulu go internasional.

Saat ini untuk produk Mateng nya baru dipasarkan di Sragen dan Karanganyar, sedang kan untuk produk mentah kering nya sudah didistribusikan hingga daerah Jepara dan Jogja.

Untuk hunting dan pemesanan silahkan kunjungi fanpage Facebook Karak Bunder yang beralamat di https://www.facebook.com/karakbunder. Bagi kamu yang sudah pernah mencicipi tentu tau rasa gurih dan kriuknya Karak made in Karanganyar ini. Tampilan warna yang lebih putih daripada karak pada umumnya memang bisa jadi ciri khas bahwa karak yang berbentuk bundar ini benar-benar tanpa obat gendar/bleng.

Ra Ngarak Ra Nikmat – itulah slogan yang tertera di setiap bandrol kemasannya.

Salah satu Angkringan yang menjual produk berlogo 100% Mateng
Salah satu Angkringan yang menjual produk berlogo 100% Mateng

Oke cukup sampai disini dulu reviews profil usaha kali ini, sampai jumpa di reviews usaha lainnya. Oh ya, bagi pemilik usaha yang ingin direview usahanya di blog Prapto Sragen, bisa berkomunikasi dengan kontak yang tertera. Kalau biasanya sih tak perlu biaya banyak, tapi cukup memberikan ongkos transportasi dari tempat PS ke lokasi usaha saat melakukan kunjungan pulang pergi. Tapi itu terserah kamu lah, niatnya memang ingin membantu mengonlinekan UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah yang dirasa kurang begitu diperhatikan he he he

1 Trackback / Pingback

  1. Merakit Las Oksigen Elpiji Sendiri » OmPrap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*