Jasa Bantuan Hukum Pengacara atau Advokat Sragen

website advokat sragen
Situs Pengacara Sragen Danar Jatmiko,SH Advokat

Keberadaan jasa bantuan hukum pengacara atau advokat Sragen memang di rasa penting dalam beberapa waktu yang berlalu dan kedepan. Di tambah dengan kondisi masyarakat yang semakin hari semakin tidak percaya dengan kinerja aparat penegak hukum yang ada.

Masyarakat sendiri merasa tidak mendapat keadilan jika harus berurusan dengan aparat penegak hukum, terlebih lagi dengan adanya pakem bahwa jika berurusan dengan aparat penegak hukum, kita harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk sekedar melapor atau meminta bantuan. Memang sebenarnya masyarakat tahu jika oknum-oknum tersebut sudah mendapat gaji rutin tiap bulannya, tapi mereka itu berkilah untuk pengurusan ini lah, itu lah dan lah lah yang lain

Sebagai contoh nyata yang beberapa waktu terjadi di sekitar tempat tinggal saya, ada tetangga yang kemalingan saat rumah sedang kosong. Pencuri berhasil menggasak uang tunai sekitar 15 juta rupiah yang hendak digunakan untuk membayar kebutuhan sore harinya, serta perhiasan keluarga yang nilainya lebih dari 30 juta. Kejadian berlangsung antara pukul 9 hingga 11 pagi menjelang siang saat rumah korban sedang kosong ditinggal bekerja.

Mendengar kabar, saya langsung berusaha menggali informasi bersama kawan dan melihat TKP sembari mendengar kesaksian dari beberapa tetangga dekat tentang kejadian itu.

Kebetulan ada petugas dari kelurahan yang sukarela membantu korban yang masih panik dan depresi untuk melapor ke kantor aparat penegak hukum di kecamatan. Berangkatlah dia, dan kami pun terus mendengar argumentasi dari tetangga tentang kejadian pencurian itu.

Selang beberapa waktu kemudian, petugas kelurahan tersebut kembali dengan membawa kabar yang mencengangkan dan membuat saya heran. Beliau menuturkan jika korban harus melapor sendiri ke kantor aparat penegak hukum, dan hingga menjelang sore tak satu pun aparat penegak hukum yang datang menyambangi rumah tetangga saya yang menjadi korban pencurian tersebut.

Sebagai masyarakat biasa saya merasa bahwa aparat hukum yang ada itu tak berguna masyarakat dan justru menimbulkan ketidaknyamanan bagi hati masyarakat yang awam tentang dunia hukum. Jelas-jelas ada kejadian dan masyarakat sekitar sudah berusaha melapor, tapi jika jawaban yang diterima seperti di atas??? Percuma dong lapor, buang-buang bensin bagi mereka yang niatnya tulus membantu tetangga. Kesimpulannya jelas sekali bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggal kami, bahwa bila terjadi kasus hukum maka tak ada gunanya lapor aparat, malah buang-buang duit dan tenaga sehingga aparat hukum sudah tidak dipercaya lagi oleh masyarakat

Lalu jika terjadi kasus hukum seperti pencurian, sikap masyarakat bagaimana? Pertanyaan yang tepat, tentu masyarakat akan main hakim sendiri dengan cara mereka. Semisal masyarakat bersusah payah nangkap pencuri dikampung, enak banget mereka yang duduk di kantor tinggal ngurung plus dapat bonus kenaikan pangkat. Masak kagak berusaha bisa dapat hasil? Lha bedanya sama pencuri apa kalau seperti itu?

Kaitannya dengan jasa bantuan hukum ini beda lagi, ini lebih berkaitan dengan kasus-kasus hukum seperti sengketa lahan, sengketa jual beli, sengketa suami isteri (perceraian) dan hal-hal yang masuk persidangan di pengadilan.

Misalnya saja si Fulan merasa tidak terima pada istrinya yang kurang ‘thek jreng’ dalam melayani, lalu si Fulan tadi mengajukan gugatan cerai terhadap istrinya. Tapi karena si Fulan sibuk mengurus usahanya, maka dia akan berusaha menyewa pengacara sragen (kalau tinggalnya di wilayah kabupaten Sragen) untuk mengurus berkas-berkas gugatan yang dibutuhkan di pengadilan. Dalam hal ini keberadaan advokat sragen di wilayah kabupaten Sragen sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan kasus sengketa hukum yang sedang di alami.

website advokat sragen
Situs Pengacara Sragen Danar Jatmiko,SH Advokat

Jadi, dalam urusan hukum dan sosial secara umum, masyarakat sudah pandai memilah apa dan bagaimana sebaiknya dalam menghadapi kejadian atau kasus hukum. Aparat penegak hukum bolehlah berbangga karena laporan kasus berkurang karena masyarakatnya banyak yang main hakim sendiri. Sementara jasa bantuan hukum pengacara atau advokat bersiaplah untuk menerima kepercayaan masyarakat yang lebih terhadap persoalan hukum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*