Blogger Bicara Bitcoin Cryptocurrency

Inspirasi Usaha – Apa jadinya ketika blogger bicara tentang bitcoin cryptocurrency alias uang sakti BTC yang tengah populer semenjak akhir tahun 2013. Demam bitcoin yang melanda masyarakat di negara-negara maju dan menjadi topik perbincangan paling hangat bidang finansial untuk beberapa waktu memang menarik sebagian kalangan. Tapi mungkin orang awam seperti kita ini belum begitu paham tentang apa sebenarnya bitcoin itu. Oleh karenanya, mari kita diskuaikan bersama melalui artikel ini tentang seluk beluk perbitcoinan 🙂

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency atau alat pertukaran terenkripsi yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi serta tanpa terikat dengan regulasi bank sentral. Bitcoin sendiri pertama kali diperkenalkan ke publik pada 3 Januari 2009 sebagai alat pertukaran di dunia maya (internet) lintas negara. Maksudnya lintas negara adalah bitcoin dapat digunakan di negara manapun, tidak seperti uang yang ada sekarang yang hanya berlaku di wilayah negara tersebut. Sehingga ketika kita hendak bertransaksi di negara lain, maka kita harus membeli mata uang negara lain tersebut terlebih dahulu, sedangkan bitcoin tidak seperti itu.

bitcoin crypto currency

Bitcoin si Uang Sakti yang Mengemparkan Dunia | bitmiami

Bitcoin didesain dapat dimiliki tanpa identitas (anonymous) dan juga dapat dilakukan pemindahan kekayaan. Bitcoin sendiri dapat disimpan di hardisk komputer pribadi dengan sebuah format file wallet atau dapat pula di simpan oleh sebuah layanan wallet pihak ketiga. Wallet sama halnya dengan rekening atau dompet tempat kita menyimpan alat pertukaran yang digunakan untuk bertransaksi. Bitcoin juga dapat dikirim melalui internet kepada siapapun yang mempunyai sebuah alamat Bitcoin (BTC Address a.k.a Wallet).

Karakter topologi peer-to-peer dari bitcoin dan ketiadaan administrasi tunggal (disentralisasi) membuat bitcoin tidak dimungkin untuk otoritas atau pemerintahan untuk melakukan manipulasi nilai dari bitcoin atau menyebabkan inflasi dengan memproduksi lebih banyak bitcoin. Untuk saat ini dan seterusnya, sebanyak 25 bitcoin dicetak setiap sepuluh menit hingga mencapai batas maksimum keberadaannya yang sebesar 21 juta bitcoin. Nilai Bitcoin baru akan berkurang setengahnya setiap empat tahun.

Cara Memiliki Bitcoin Address / Wallet

Untuk memulai menggunakan bitcoin sebagai alat pertukaran, tentu kita membutuhkan dompet atau rekening terlebih dahulu sebagai tempat penyimpanan bitcoin nantinya. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya bahwa bitcoin dapat kita simpan sendiri di dalam harddisk dengan berbentuk file, tapi kita juga dapat menggunakan layanan pihak ketiga. Untuk perangkat lunak yang dapat kita gunakan sebagai dompet di komputer, diantaranya seperti ;

  1. Bitcoin-Qt.
    Bitcoin-Qt adalah klien Bitcoin asli dan ia membangun tulang punggung dari jaringan. Ia menawarkan keamanan, privasi, dan stabilitas pada tingkat tertinggi. Bagaimanapun ia memiliki sedikit fitur dan memerlukan banyak ruang dan memori.
  2. Multibit.
    MultiBit adalah sebuah klien ringan yang fokus akan kecepatan dan kemudahan dalam pemakaian. Ia mensinkronisasi dengan jaringan dan dapat digunakan dalam hitungan menit. MultiBit juga mendukung banyak bahasa. Ia merupakan pilihan yang baik untuk pengguna non-teknis.
  3. Armory.
    Armory adalah klien Bitcoin canggih yang berjalan diatas Bitcoin-Qt. Mengekspansi fiturnya untuk pengguna ahli Bitcoin. Ia menawarkan banyak fitur pencadangan dan enskripsi, dan ia memungkinkan mengamankan “cold-storage” pada komputer offline.
  4. Electrum.
    Electrum memfokus akan kecepatan dan kesederhanaan, dengan penggunaan sumber daya yang rendah, Ia menggunakan server jauh yang menangani bagian paling rumit pada sistem Bitcoin, dan ia memungkinkan Anda untuk memulihkan dompet Anda dengan frase rahasia.

Bitcoin dapat pula disimpan dalam perangkat seluler dengan bantuan program aplikasi, diantaranya;

  1. Bitcoin Wallet adalah klien ponsel yang ringan untuk Android dan BlackBerry OS. Klien ini tidak perlu terkait dengan layanan online apapun untuk berfungsi. Bitcoin Wallet kompatibel dengan pemindaian kode QR dan NFC.
  2. Blockchain.info adalah sebuah dompet web hibrida untuk ponsel. Ia juga tersedia untuk iPhone dalam sebuah mode terbatas untuk menyesuaikan kebijakan Apple. Ia mencakup banyak fitur blockchain.info seperti pencadangan dompet web.

Kita juga dapat memiliki dompet bitcoin berbasis web dengan mendaftarkan akun di situs-situs pihak ketiga yang menyediakan layanan penyimpanan bitcoin, seperti;

  1. Blockchain.info adalah dompet hibrida yang ramah untuk pengguna, Ia menyimpan sebuah versi terenkripsi dari dompet online Anda tetapi dekripsi terjadi pada peramban Anda. Untuk alasan keamanan, Anda harus selalu menggunakan ekstensi peramban dan cadangan email.
  2. Coinbase adalah layanan dompet web yang bertujuan menjadi yang paling mudah digunakan. Ia juga menyediakan sebuah Aplikasi dompet web Android, perangkat penjual, dan integrasi dengan rekening bank AS untuk membeli dan menjual bitcoin.

Setelah memiliki wadah, selanjutnya kita mulai mengisi wadah tersebut kan? Ada beberapa cara untuk memperoleh bitcoin dalam kehidupan, lebih lanjut diungkapkan pada sub topik berikut ini.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Salah satu cara utama yang digunakan seseorang untuk mendapatkan bitcoin yaitu dengan menambang (mining). Sebagaimana sebuah perusahaan emas yang melakukan penambangan emas agar mendapatkan emas, tentu membutuhkan pengetahuan, modal dan alat penunjang. Karena Prapto Sragen sendiri kurang memahami tentang penambangan bitcoin, jadi belum berani berbicara tentang hal tersebut.

Alternatif kedua tentu dengan melakukan pembelian bitcoin dari penjual terpercaya, kita membeli bitcoin dengan harga sesuai dengan rate yang berlaku untuk hari ini dengan membayarkan sejumlah uang sesuai dengan nilai tukar bitcoin itu sendiri. Salah satu situs pertukaran yang menjual bitcoin adalah XMLGOLD yang dapat kamu buka disini.

Alternatif lainnya tentu dengan berburu recehan bitcoin di internet secara gratis, biasanya kita diminta memasukkan alamat dompet yang dimiliki dan menyelesaikan kode verifikasi kata untuk memperoleh nol koma nol nol nol nol sekian bitcoin (nolnya di belakang koma ada 5 sampai 8).

Nilai Tukar USD terhadap Bitcoin

Grafik Perkembangan Nilai Tukar USD terhadap Bitcoin | bitmiami

Update : Kemarin Prapto Sragen menemukan situs yang menawarkan bonus pendaftaran sebesar 0,1 bitcoin lho, situs tersebut memberikan task atau tugas bagi membernya untuk bisa mendapatkan lebih banyak bitcoin. Lumayan juga kalau nilai tukar bitcoin stabil diangka 1 BTC = 10 Juta rupiah, kan sudah dapat sekitar satu jutaan tuh. Tapi ada batas waktunya selama tiga puluh hari saja! So buat mendapatkan bonus tersebut, kita kudu mendaftar di situs ini atau klik disini (klik skip ad di pojok kanan atas).

Semoga Bermanfaat!

4 thoughts on “Blogger Bicara Bitcoin Cryptocurrency

  1. 29/01/2014 at 09:11

    Ga mau maen kaya gituan mas , gak Ngerti heheheh
    Cuma maen ppc saya 🙂

    1. 30/01/2014 at 05:01

      he he he main beginian resikonya tinggi mas, jadi kalau belum siap ya mending diurungkan

  2. 19/12/2014 at 00:17

    of course like your web site but you need to test the spelling on several of your posts.
    Several of them are rife with spelling issues and I find it
    very bothersome to tell the truth then again I’ll certainly come again again.

    1. Prapto Ari Perwira, S.Pd
      19/12/2014 at 10:05

      did you know more about Indonesian language? please show me where is the wrong spelling? thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *