Pentingnya Surat Penjualan Bisnis Internet

Online Marketing – Surat penjualan atau sales letter dalam bisnis internet memang sering kita jumpai. Tak jarang model bisnis internet yang berbeda sistemnya, tapi desain surat penjualannya sangat mirip. Nah, untuk dapat membuat pengunjung menjadi pelanggan dalam bisnis internet tentu tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih apabila kita hanya mengandalkan surat penjualan yang notabene menggunakan kemampuan dalam bahasa tulis. Oleh karenanya, PS coba mempublikasikan ulang tulisan lama dari situs lama yang sudah hilang entah kemana (tapi alhamdulillah masih ada backup databasenya, jadi bisa merepublish deh)

Banyak orang yang berusaha memasukkan semua jenis promosi penjualan dalam surat penjualan mereka, tapi terkadang masih belum mencapai hasil yang mereka inginkan. Pentingnya surat penjualan bagi bisnis internet Anda adalah seperti memiliki sebuah toko untuk menjual mobil (showroom). Jika toko Anda tidak terlihat memberi kesan yang baik, tidak ada yang akan datang untuk membeli mobil di tempat Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa surat penjualan yang dibuat memenuhi jawaban dari pertanyaan yang paling dasar dan menanamkan minat pengunjung terhadap produk Anda.  Berikut lima pertanyaan mendasar yang seharusnya ada:

1. Apa yang saya dapatkan?
Orang hanya membeli untuk satu alasan, yaitu untuk mendapatkan hasil dari sebuah produk, apa yang mereka akan dapatkan dari membelinya di tempat kamu. Untuk mencapai poin ini, Anda harus bergerak cepat dalam menangkap perhatian mereka sejak awal dengan judul Anda. Buat judul yang sangat meyakinkan dan memberitahu pengunjung Anda apa yang mereka akan dapatkan.

2. Akankah hidup saya menjadi lebih baik?
Ini adalah di mana Anda harus memahami daya tarik emosional yang menarik prospek Anda seperti memulai nyala api. Apakah mereka ingin menjadi lebih kaya, lebih pintar, lebih tampan, lebih langsing atau lebih populer? Apakah mereka ingin menghemat waktu, uang atau usaha?

Lakukan studi pasar sampai Anda tahu apa titik emosional yang mampu mendorong prospek dan Anda akan melihat peningkatan besar dalam penjualan langsung bisnis internet. Gunakan keinginan mereka untuk menarik diri mereka sendiri, yang mana Anda akan mendapati mereka menganggukkan kepala mereka dan terus membaca sampai akhir.

3. Mengapa saya harus percaya pada Anda?
Sebagian orang akan merasa ragu ketika mengharuskan mereka untuk membuka dompet dan membeli produk tertentu. Anda perlu meyakinkan mereka dengan memberikan kesaksian positif dari pelanggan sebelumnya dan menekankan manfaat dari produk Anda.

Jika Anda tidak memiliki kesaksian untuk produk Anda sebelumnya, carilah forum yang berhubungan dengan kata kunci (niche) Anda dan tawarkan untuk memberikan salinan gratis dalam pertukaran kesaksian – biasanya Anda akan mendapatkan respon dalam waktu singkat (trik ini banyak dilakukan pelaku bisnis internet ).

4. Apa yang akan terjadi jika saya mengatakan tidak?
Anda tidak akan membiarkan mereka mengatakan tidak, itu saja. Ingatkan mereka tentang masalah yang mereka memiliki, rasa frustrasi, berapa banyak mereka akan kehilangan uang, atau betapa menyedihkan kehidupan mereka saat ini. Beritahu mereka bagaimana mereka dapat mengubah semua itu dalam satu tembakan (closing), hanya dengan investasi kecil pada produk bisnis internet Anda .

5. Saya akan terjebak dengan produk Anda?
Ini adalah di mana Anda menutup kesepakatan. Katakan kepada mereka bahwa Anda memberikan jaminan kepuasan 100%, mereka harus mendapatkannya sekarang. Yang paling penting adalah untuk membuat mereka membeli, dan sisanya tergantung pada pilihan mereka. 70% dari orang yang membeli suatu produk tidak akan mengembalikan itu kecuali mereka telah melihat sesuatu yang mirip sebelum atau mereka telah merencanakan untuk hanya “meminjam” sejak awal.

Bila Anda memiliki kelima hal mendasar ini untuk menjawab pertanyaan prospek dalam surat penjualan Anda, tidak hanya keuntungan yang fantastik atas pesaing Anda, tetapi juga membiarkan prospek Anda tahu bahwa Anda peduli tentang masalah mereka dan Anda memiliki solusi yang mereka butuhkan.

Bagaimana kawan, sekarang sudah tambah wawasan seputar bisnis internet kan? Yup, ada banyak bisnis internet yang dapat kita jalankan dengan menggunakan metode surat penjualan seperti ini, seperti yang telah PS rangkum dalam artikel – artikel berikut ;

  1. Cari Uang di Internet itu Mudah
  2. Mendaftar menjadi Publisher
  3. Rekomendasi untuk Kawan Kliker

Semoga saja kamu termasuk orang yang beruntung untuk diterima bergabung sekarang di dalamnya. Jika ingin bertukar pengalaman atau sekedar memberi kesaksian setelah bergabung sekarang juga, silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Have a nice Day, sukses selalu dan Salam #BlogWalking

9 thoughts on “Pentingnya Surat Penjualan Bisnis Internet

  1. 12/03/2014 at 16:44

    wah ilmu yang baru bagi saya gan, thanks sharingnya

    1. Prapto Ari
      13/03/2014 at 03:29

      semoga menambah wawasan di dunia bisnis internet ya mas, dan mari berbagi bersama untuk kebaikan

  2. 14/03/2014 at 22:10

    Waaaah sangat penting ternyata…

    1. Prapto Ari
      19/03/2014 at 23:59

      bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu faktor penentu 🙂

  3. {jasa foto pernikahan
    30/04/2014 at 18:54

    It’s really a cool and useful piece of info. I am glad that you simply shared this useful information with us.

    Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.

    1. Prapto Ari
      01/05/2014 at 14:29

      are you using translate to understanding my post? lol

  4. 14/05/2014 at 09:43

    Ada templet suratnyakah?

  5. 02/06/2014 at 14:30

    tolong kasih tahu dong om cara membuat sales later yang baik ( contohnya )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *