Rahasia Hosting Gratis serasa Berbayar

Layanan Hosting Gratis
Layanan Hosting Gratis XtreemHost | xtreemhost

Pada tulisan kali ini saya ingin membongkar rahasia hosting gratis yang selama kurang lebih dua tahun saya simpan terkait layanan hosting yang saya gunakan hingga saat ini.  Saya akan menceritakan kisah saya mencari dan mendapatakan hosting yang gratis dan memiliki beragam fitur.  Selamat bersenang-senang dan maaf kalau baru cerita sekarang 😀

Hosting provider atau penyedia layanan hosting memiliki peran utama selain domain. Tanpa adanya hosting, saya rasa sebuah website tidak akan tercipta jika hanya bermodalkan domain saja. Wikipedia menyebutkan “Layanan hosting internet adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya peladen-peladen untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS“. Dari definisi itu saja kita sudah tahu kalau hosting dan domain merupakan satu kesatuan yang terpisah untuk menciptakan laman situs/blog.

Bicara soal hosting, saya juga memiliki cerita yang cukup menggelitik sekaligus merekomendasikan Anda untuk mencoba layanan yang satu ini. Terutama bagi Anda yang berkantong cekak seperti saya ini (maklum masih mahasiswa yang hidup di rantau). Biar Anda juga merasakan, langsung saja simak liputan berikut ini 😉

Kisah ini berawal ketika saya baru lulus SMA dan tertarik dengan dunia bloging. Saat itu saya berfikir, banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi untuk tugas atau apalah yang dirasa sangat menyenangkan bagi mereka. Lambat laun akhirnya saya menyadari bahwa pencarian mereka semua berakhir di sebuah tempat yang disebut situs atau blog dengan berbagai karakternya. Logikapun berjalan, sebuah blog/situs tidak akan ada isinya jika tidak ada yang mengisi atau menuliskannya. Jadi dari hierarki itu saya ingin membagi pengetahuan yang saya miliki kepada semua orang.

Setelah berburu kesana-kemari, akhirnya pencarian saya kandas di http://aryfryta.wordpress.com yang sekarang sudah hilang entah kemana (bukan saya hapus lho…). Dengan berbekal itu, saya mencoba berbagi kepada dunia luar dan terus menguprek-uprek (bahasa asing) :-p kemampuan yang dimiliki blog itu. Satu hal yang membuat saya sedikit kecewa saat itu adalah di sana tidak bisa di jejali iklan dari Adsense dan memaksa saya untuk memutar otak mencari solusi.

Bertahun-tahun berburu dengan tujuan mencari hosting dan domain gratisan agar dapat dipasangi kode Adsense. Semula ketemu dengan hosting gratis yang familiar yaitu 000webhost.com tapi masih kurang karena ada beberapa hal yang tidak saya sukai dari sana. Kagak boleh saya sebutkan disini, jadi silakan dicari tahu sendiri ya 😀

Akhirnya setelah berlayar sekian lama, saya pun berlabuh di sebuah perusahaan hosting yang bisa saya katakan sangat luar biasa dan ekstrim abies deh. Coba kamu bandingkan beberapa hal berikut ini: Saya mendapatkan kapasitas hosting 5,5GB dengan 200GB bw bulanan, 50 add on domain, 50 sub domain, 50 parked domain, 1 ftp akses, htaccess dan seambrek fitur yang sekelas dengan hosting enterprise. Itu semua saya dapatkan dengan biaya Rp 0,- alias GRATIS tanpa ada iklan atau harus posting beberapa.

Kelinci percobaan saya yang pertama kali ada di With Love I Do dan InsyaAllah masih bisa diakses hingga sekarang. Saat itu saya memang sangat girang sekali karena dapat hosting gratis tapi kaya fitur seperti di atas. Puas dengan eksperimen di situs tersebut, saya mencoba menggunakan domain gratis untuk memulai berbagi dengan dunia luas. Situs kedua itu adalah Ari Perwira Old yang sampai sekarang masih dapat diakses tapi sudah tidak saya update lagi karena ada sesuatu hal yang tidak dapat saya ceritakan kepada Anda. Meskipun demikian, hosting situs tersebut tetap di Xtreemhost, perusahaan hosting yang benar-benar ekstrim memberikan layanan hosting sekelas enterprise tadi :-D.

Layanan Hosting Gratis
Layanan Hosting Gratis XtreemHost | xtreemhost

Seiring berjalannya waktu dan saya memiliki beberapa recehan yang saya tabung, akhirnya saya berniat untuk membeli Top Level Domain (TLD) .com sesuai dengan selera awal saya yaitu nama belakang saya. Tujuan saya waktu itu hanya sepele sebenarnya memilih nama domain itu, tidak lain hanya ingin email saya nanti menjadi nama lengkap saya 😀 dan Alhamdulillah terlaksana hingga sekarang dengan bantuan Google Apps. Walau sudah punya TLD, saya masih mempercayakan hosting pada perusahaan Xtreemhost hingga sekarang.

Selama saya pakai, jarang saya menemui down server kecuali awal tahun kemarin saat terjadi serangan DDOS yang mengakibatkan beberapa perusahaan hosting kalang kabut, termasuk yang saya gunakan ini 🙂 Setelah dilakukan pemulihan kurang lebih sebulan, akhirnya semua situs bisa kembali normal tanpa kurang suatu apa. Hingga saat ini saya masih merasa nyaman dan puas dengan layanan yang diberikan dan Recomended untuk pemula di dunia bloging seperti saya.

Untuk rekan-rekan yang ingin menjajal sekaligus sebagai wahana belajar self hosted bisa mendaftar di situsnya dengan alamat www.xtreemhost.com

Semoga bermanfaat.

ini hanyalah ungkapan pribadi saya tentang layanan hosting gratis tanpa adanya anjuran dari pihak-pihak terkait karena saya merasa senang dengan pelayanan yang diberikan. Bukan sekedar kuantitas tetapi juga kualitas yang sangat memuaskan menurut saya pribadi. Oh ya, situs hosting ybs tidak memiliki referal program atau semacamnya, jadi saya tidak meraup untuk dari menulis ini. Sekali lagi, ini hanya ungkapan kebahagian saya setelah menggunakannya selama kurang lebih dua tahun.

Update : Tulisan ini dipindahkan dari blog lama dengan tujuan bagi kawan-kawan yang ingin belajar tentang dunia blogging melalui layanan hosting tersendiri tanpa memerlukan biaya. Perlu diingat bahwa layanan ini bersifat untuk belajar, jika memang ingin serius ngeblog dengan hosting sendiri, silakan baca artikel tentang Layanan Hosting Terbaik Indonesia.

2 Komentar

  1. Hi! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout
    out and say I truly enjoy reading through your posts.

    Can you recommend any other blogs/websites/forums that cover the same subjects?
    Appreciate it!

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Rumahku Ada di Webcipta Hosting - Prapto Sragen
  2. Gregory Smith

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*