Akhirnya Jajan Laher as Swingarm Vixion old

Otomotif Roda Dua – Dipenghujung bulan April 2016, motor kesayangan minta jajan laher as swingarm vixion old di bengkel resmi Yamah* tempat biasanya service. Lumayan juga dana yang keluar untuk service plus ganti part kali ini. Tapi sebandinglah dengan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara setelah service.

Awalnya sih muncul gejala yang belum begitu terasa, yaitu saat digunakan berkendara berboncengan dengan istri kok terasa seperti ban belakang ‘nggembos‘, tapi setelah diperiksa ternyata tekanan angin ban dalam keadaan sewajarnya alias ‘iseh atos bro‘. Analisa pun berpindah ke rangkaian gear yang tampak sekali kekenduran rentang rantai sehingga pada saat itu PS beranggapan kalau efek ‘nggembos‘ disebabkan karena rantai yang kendur. Perjalanan pun dilanjutkan dan sampai tempat tujuan, ketegangan rantai pun disetel sebagaimana yang ada di buku panduan kepemilikian kendaraan bermotor.

Viev Beres Yamaha Kebakkramat langganan ane gan

Viev Beres Yamaha Kebakkramat langganan ane gan – Google Streetview

Efek ‘nggembos‘ sudah tidak begitu terasa dan untuk solo riding terasa nyaman seperti sedia kala. Namun, beberapa minggu kemudian saat berkendara berboncengan dan melalui jalan yang agak tidak rata, pada kecepatan sekitar 40km/jam melalui sebuah sambungan jalan dengan perbedaan ketinggian sekitar 5 cm, terdengan suara ‘kraaakkkk…‘ yang cukup keras dari bagian bawah belakang motor vixion. Perkiraan suara munculnya suara dari sekitaran swingarm vixion khususnya daerah shockbreaker.

Dalam beberapa hari PS coba mengabaikan suara tersebut saat melintas jalan tersebut, tapi semakin hari semakin jelas saja suaranya, bahkan saat solo riding. Heeemmmm…. karena khawatir terjadi hal yang berbahaya saat berkendara, akhirnya disempatkan untuk konsultasi ke bengkel resmi perihal suara dari area swingarm vixion sekaligus service dan ganti oli.

Service Laher Swingarm Vixion Old di Beres Kebakkramat

Service Laher Swingarm Vixion Old di Beres Kebakkramat

Saat konsultasi bengkel resmi yamaha Panorama Motor Kebakkramat, Karanganyar, PS meminta pada mekanik untuk memotong beberapa mata rantai agar tidak terlalu melar jarak antar gearnya. Selain itu juga menyampaikan keluhan seputar suara yang muncul dari area swingarm vixion sebagaimana cerita di atas. Beberapa hari sebelum service, efek ‘nggembos‘ terasa sekali, terlebih saat ditikungan.

Berdasarkan saran dari mekanik, akhirnya dilakukan penggantian laher as yang diperkirakan sudah aus sehingga swingarm vixion pun goyang kiri-kanan (asli saat di pad, swingarm vixion goyang pakai tangan saja jelas banget). Total keseluruhan biaya untuk service ini sekitar 182ribu, cukup dalam juga sih. Kalau biasanya service ganti oli cukup 78ribu saja. Tak apalah, yang penting itu swingarm vixion sudah tidak goyang lagi, efek ‘nggembos‘ juga belum kelihatan setelah service.

Next PR adalah service shockbraker depan kanan yang udah bocor sealnya, sehingga oli sudah menetes keluar ke bagian tabung shock. Kalau melihat kilometer tempuhan di speedometer dengan angka 59.845 km, sudah sewajarnya jika motor vixion ini minta jajan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *