Knuckle G11 Charade Pecah di Jalan

Kondisi terakhir motuba Charade terparkir nunggu knuckle G11
Kondisi terakhir motuba Charade terparkir nunggu knuckle G11

Otomotif – Bukan mobil tua kalau tidak pernah mengalami cerita indah. Knuckle G11 Charade yang PS kendarai mengalami kerusakan, yaitu pecah pada dudukan balljoint dan mobil sedan lansiran daihatsu ini langsung ‘ndeprok‘ ditengah jalan dengan posisi roda kanan menghadap kanan dan roda kiri menghadap kiri. Awalnya tidak ada tanda-tanda atau suara sama sekali, hanya beberapa detik sebelum kejadian roda bagian kiri sempat turun dari aspal dan saat berhasil kembali ke aspal langsung ‘bruakkkkk…..‘ berhenti seketika.

Dugaan pertama yang terlintas dibenak adalah knuckle G11 sebelah kiri lepas dari balljoit. Dari arah depan ada dua mobil yang berlawanan arah dengan arah motuba charade ini, reflek langsung hidupin hazard lamp dan kedua mobil langsung mengurangi kecepatan.

Dudukan Balljoint Pecah, sementara di LAS agar mobil bisa Pulang
Dudukan Balljoint Pecah, sementara di LAS agar mobil bisa Pulang

Sejenak menenangkan diri lalu keluar kendaraan dan melihat kondisi roda kiri dan alamaaakkkkk….macam mana pula ini tadi, kedua roda depan berlawanan arah dan yang sisi kiri terlihat knuckle G11 sudah pecah pada dudukan balljoint serta batang penggerak sudah terlepas. Miris melihatnya :'(

Alhamdulillah salah satu dari dua mobil yang berpapasan berinisiatif berhenti dan menanyakan kondisi. Akhirnya diberanikan diri untuk meminjam dongkrak untuk menopang sisi kiri depan motuba charade ini. Dengan sigap segera melepas roda dan dilanjutkan melepas knuckle G11 sebelah kiri untuk dioprek.

Alternatif Jika Knuckle G11 Charade Pecah di Jalan

Karena Posisi Mobil Charade ada di tengah jalan, malam tetap ngoprek
Karena Posisi Mobil Charade ada di tengah jalan, malam tetap ngoprek

Setelah berhasil di lepas, dibawalah pulang itu benda dan kendaraanpun ditinggal di tengah jalan dalam posisi terdongkrak karena memang tidak bisa dipinggirkan lagi. Mencoba mencari cara agar motuba charade penuh kenangan ini bisa di bawa pulang, setidaknya agar terdongkrak di rumah dan tidak mengganggu jalan kampung. Dua alternatif muncul yaitu di derek atau knuckle G11 kirinya di las.

Dengan pertimbangan kondisi dan waktu, akhirnya diputuskan untuk mengelas benda yang pecah tadi. Setelah curhat sedikit dengan tukang las, maksud dan keinginan pun tersampaikan dan taraaaaaaa….. benda berhasil dibentuk dengan biaya 10rb saja.

Balik lagi ke lokasi insiden untuk memasang knuckle g11 kiri yang telah di las, dengan penerangan dari sorot lampu motor, semua berhasil dipasang dalam waktu sekitar 15 menit dongkrak sudah berhasil dikemasi beserta tool kit tempurnya. Audio di matikan dan mesin di starter jreeennnngggggggg…. oleh kawan, perlahan mulai berjalan dan PS berada di sebelah kiri memperhatikan kondisi roda kiri saat bergerak. Sekian meter berjalan langsung teriak “oke bro, lanjut bawa pulang!

Alhamdulillah akhirnya bisa terparkir di rumah sembari menunggu part knuckle G11 kiri yang baru. Di bawah adalah foto kondisi charade nomor body 050 saat terdongkrak di depan rumah. PS semakin terkesima dengan motuba charade ‘sarang tawon’ yang memiliki keunikan ini karena telah banyak pengetahuan, ilmu dan pengalaman. Sebenarnya banyak cara praktis jika mobil tua bangka mengalami permasalahan, tinggal panggil bengkel, hitung-hitungan angka, deal dan masalah beres. Tapi bukan begitu jalan yang PS pilih, melainkan mencoba menyelesaikan permasalahan sebisa mungkin dengan tujuan mendapat pengetahuan dan pengalaman itu tadi. Malah kadang biaya yang keluar lebih tinggi, tapi sebanding dengan ilmu yang didapatkan. That the point!

Kondisi terakhir motuba Charade terparkir nunggu knuckle G11
Kondisi terakhir motuba Charade terparkir nunggu knuckle G11

Semoga curhat tentang knuckle g11 yang pecah ini bisa memberi manfaat.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*