Mengenal Lebih Dekat Daihatsu Zebra

Foto Model Iklan mobil Daihatsu tipe Zebra Jaman Doeloe
Foto Model Iklan mobil Daihatsu tipe Zebra Jaman Doeloe

Otomotif Roda Empat – Sebagai penambah pengetahuan tentang Daihatsu Zebra yang diproduksi di dunia, baik yang berwujud minibus ataupun pick up pengangkut barang, atau yang bermesin 1000 cc atau 1300 cc atau 1600 cc karburator maupun injeksi dan generasi penerusnya, yuk kita bahas bersama di artikel ini.

Untuk membuka, mobil daihatsu zebra merupakan produksi dari PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) yang terkenal banyak memproduksi dan menjual mobil dengan kubikasi dapur pacu kecil namun memiliki tenaga yang gahar di kelasnya. Zebra sendiri merupakan penyempurnaan dari Daihatsu Hijet yang sebelumnya telah lebih dahulu diproduksi untuk mengisi mobil angkutan keluarga maupun mobil niaga angkutan barang. Dengan berakhirnya produksi Hijet, maka dimulailah perjalanan sejarah Zebra yang saat ini telah berevolusi menjadi Daihatsu Grandmax dan Daihatsu Luxio untuk versi mewahnya.

Foto Model Iklan mobil Daihatsu tipe Zebra Jaman Doeloe
Foto Model Iklan mobil Daihatsu tipe Zebra Jaman Doeloe

Evolusi Daihatsu Zebra dari Waktu ke Waktu

Pada masa awal produksi, berdasarkan catatan sejarah yang ditemukan, Daihatsu Zebra (dulu namanya masih Daihatsu Hijet Zebra) masih mengadopsi dapur pacu dengan kubikasi 1000 cc. Di era tahun 90-an, kubikasi dapur pacu pun dikembangkan dengan kapasitas ruang bakar yang lebih besar, yaitu 1300 cc, sehingga mampu menghasilkan tenaga yang lebih mumpuni namun tetap irit bahan bakar.

Penampakan Mobil Zebra diajak naik Gunung, Single Headlamp
Penampakan Mobil Zebra diajak naik Gunung, Single Headlamp

Pada tahun 1995, pihak produsen melalui PT. ADM sebagai dealer mobil Daihatsu melakukan peningkatan fitur dan penyempurnaan pada varian Daihatsu Zebra yang dikenal dengan nama Daihatsu Espass atau New Zebra, serta menghadirkan pilihan kubikasi ruang bakar yang lebih besar yaitu 1600 cc.

Tak berhenti disitu, pada tahun 2000 Daihatsu Motor melakukan peningkatan dengan mengeluarkan varian baru dari Daihatsu Zebra dengan nama Neo Zebra dan Zebra Master dengan adanya pilihan dapur pacu yang telah ¬†mengadopsi sistem injeksi tanpa meninggalkan model lama karburator. Sementara pada Zebra Master dilakukan penyempurnaan bagian snorkel, sehingga mobil keluarga ini tidak mudah ‘sakit’ saat melibas genangan air. Sebagaimana sudah banyak diketahui orang, Zebra memang memiliki ciri khas sering ‘sakit’ jika dipaksa melalui genangan air, karena posisi delco yang berada di bawah, di belakang roda kiri depan. Sehingga saat melalui genangan, cipratan air dapat dengan mudah mengguyur komponen tersebut.

Varian Zebra Espass dari Daihatsu dengan Pintu Sliding dan khas moncong depannya
Varian Zebra Espass dari Daihatsu dengan Pintu Sliding dan khas moncong depannya

Sekitar tahun 2008, menurut catatan sejarah yang ada, maka berakhirlah masa kejayaan sang legendaris di kelas minibus mobil keluarga. Diketahui pula bahwa generasi  penerus dari Daihatsu Zebra adalah GrandMax dan juga Luxio.

to be Continue . . . 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*