Mobil Listrik Daihatsu Charade G11

Otomotif Roda Empat – Bagi juragan yang hobi mobil klasik, tentu sudah tidak asing lagi dengan Daihatsu Charade yang diproduksi sejak tahun 70-an. Mobil hatback yang mampu menampung empat orang ini memang sangat cocok bagi keluarga muda yang baru menempuh kehidupan baru. Walau sekarang sudah menjadi mobil klasik, tapi jangan salah duga kawan! Pabrikan mobil Daihatsu pernah menciptakan monster ganas dari Charade yang diikutsertakan dalam rally lintas negara, dan memiliki varian yang bermesin turbo juga.




Tapi beberapa waktu lalu PS dikejutkan oleh dua buah foto yang dishare di jejaring sosial oleh beliau bapak manketu D’Charlo. Sebuah daihatsu Charade sarang tawon berwarna hitam dengan interior kap mesin berwarna orange yang beda dari biasanya. Terlebih lagi PS juga melihara sarang tawon dengan warna merah, jadi sedikit banyak paham seluk-beluknya. Tapi bener untuk kali ini membuat perhatian lebih, karena pada daihatsu Charade yang merupakan varian produksi antara tahun 1982 hingga 1985 ini menempatkan plat nomor yang bertuliskan “MOBIL LISTRIK” dan di bagian bawah terdapat tulisan SMK N 1 Seyegan.

Screenshot Share Daihatsu Charade Listrik

Screenshot Share Daihatsu Charade Listrik dari pak Manketu 🙂

Wes jan, generasi muda Indonesia ki pancen top markotop inovasi dan kreatifitasnya.

Seekor mobil listrik berkontruksi Charade sarang tawon ini dijumpai di Taman Pintar Jogjakarta. Kalau diamati dan diperhatikan sepertinya mobil tersebut memang hasil praktik merakit mobil listrik oleh pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mengintip isi kap mesin sudah tampak jelas perbedaannya dari mobil Charade asli berbahan bakar minyak. Dalam kap mesin tampak beberapa buah aki berdaya besar yang dirangkai seri dan berakhir pada satu sisi yang berbentuk seperti generator listrik. Tidak ada tutup filter, kaburasi, gelondong mesin bahkan pendingin radiator pun sudah tidak ada pada tempatnya.

Andai Kap Mesin ditutup, Charade Utuh Bro

Andai Kap Mesin ditutup, Charade Utuh Bro

Sebuah ide cemerlang dan konsep yang luar biasa dari pelajar SMK ini, tentu akan memancing semangat pengguna/penggemar daihatsu charade untuk melakukan modifikasi menjadi mobil listrik. Tentu akan lebih hemat energi, ramah lingkungan karena tidak ada gas buang, dan menggunakan energi terbarukan. Pokok’e jooooosssss tenan idenya!

Daihatsu Charade Sarang Tawon Listrik mod by Indonesian Student

Daihatsu Charade Sarang Tawon Listrik mod by Indonesian Student

Hemmmm….jadi kepingin modifikasi ‘mbahkakung’ biar hemat energi => charade listrik sepertinya oke 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *