Rehab Body Charade Motuba 1984

Otomotif Roda Empat – Jumpa lagi dengan PS diartikel seputar otomotif, kali ini akan sedikit curcol (curhat colongan) seputar rehap atau perbaikan beberapa bagian body kendaraan daihatsu charade tahun 1984 yang sudah keropos. Dengan berbekal kenalan bengkel las body di kampung sebelah, dan charade sarang tawonnya sudah terlanjut di bongkar total isi kabinnya, jadi ketahuan bagian-bagian yang sudah keropos. Terlebih sudah masuk dimusim penghujan, jadi untuk meminimalisir kemungkinan air masuk ke bagian dalam kendaraan yang bisa saja menyebabkan terjadinya konsleting kelistrikan mobil.

Niat awal sih memang ingin melakukan pemeriksaan ringan pada jalur kelistrikan daihatsu charade yang digunakan harian untuk mengetahui apakah ada jalur kelistrikan yang rusak atau terkelupas, mengingat usia motuba ini yang cukup uzur sehingga rawan konslet dan takutnya bisa terjadi kebakaran. Akhirnya dengan berbekal buku panduan (workshop) chasis daihatsu charade, PS beranikan diri untuk bongkar semua jalur kelistrikan dan mengeluarkan semua isi kabin.

Tampak Kabel Kelistrikan Daihatsu Charade 1984

Tampak Kabel Kelistrikan Daihatsu Charade 1984

Aki yang sering tekor walau kendaraan dalam kondisi terparkir, dan tak jarang harus menggunakan jurus andalan yaitu “dorong charade wkwkwkwkwkkk….” agar bisa menghidupkan mesin, sehingga muncul rasa penasaran untuk mencari sumber kebocoran listrik yang mungkin karena kabel terkelupas. Setelah semua isi kabin charade dikeluarkan, satu persatu pembungkus jalur kelistrikan dibuka sehingga hanya nampak jalur perkabelannya saja, ditemukan beberapa bagian kabel yang terkelupas dan posisinya pun menempel di body charade yang notabene sebagai ground (B-) dalam rangkaian kelistrikan mobil.

Selain itu ada juga beberapa jalur yang tinggal tembaganya saja, sementara isolator pembungkusnya telah meleleh layaknya habis terbakar (ada dua jalur yang mengarah ke komponen kelistrikan mobil bagian depan). Problem aki tekor pun mulai menemui titik terang setelah mendapatkan hal di atas. Tapi kondisi mengatakan lain dan motuba charade pun ditarik ke bengkel las body di kampung sebelah.

Dari sinilah akhirnya si charade merah harus memulai petualangan barunya untuk dilakukan rehab body dengan alasan yang telah diutarakan sebelumnya. Selain itu juga mumpung dibongkar total, jadi sekalian saja lah untuk digarap body charade yang sudah keropos, sehingga dalam membenahi jalur kelistrian juga tidak terbayang-bayang kondisi kendaraan yang ada keroposnya.

Proses Pengelasan Body Charade dengan Gas Asetilen & Oksigen

Proses Pengelasan Body Charade dengan Gas Asetilen & Oksigen

Titik keropos terparah ditemukan di bagian atas pintu belakang (bagasi), yang sedari awal membuat pintu tidak dapat ditutup menggunakan kunci dan posisi pintu yang sudah agak miring. Kedua sisi body charade bagian belakang yang beguna untuk menyangga atap dan pintu ternyata sudah bolong, saat digoyang oleh siempu bengkel, terlihat sekali ayunannya. Hmmmm…. pantas saja pintunya juga tidak mau menyangga otomatis dan dikira karena hidrolik pintu yang tua, tapi ternyata body charade yang keropos.

Hari ini PS sempatkan diri untuk melihat proses pengerjaan bagian pintu ini, dan setelah dilakukan perbaikan berupa pengelasan bagian yang keropos tadi, hasilnya cukup rapi. Pintu belakang saat ditutup sudah cukup presisi dan tongkat hidrolis mampu menyangga pintu dengan baik tanpa harus dibantu tongkat/kayu. Saat coba ditutup, ‘klek‘ langsung terkunci secara mantab!! dilihat dari belakang pintunya juga sudah presisi dan tidak miring lagi. Rasanya marem telah mempercayakan pengerjaan pengelasan charade di bengkel ini.

Akhirnya Penyangga Hidrolik Pintu Belakang Charade Berfungsi

Akhirnya Penyangga Hidrolik Pintu Belakang Charade Berfungsi

Setelah dilakukan perapian dan uji coba, siempu bengkel pun nyelethuk ‘wes, bagian buri rampung sip‘ yang artinya “sudah, bagian belakang selesai dengan baik“. Sembari istirahat sejenak, PS mencoba menunjukkan beberapa foto body kit samping yang rencananya juga akan diaplikasikan pada garapan selanjutnya. Dengan bermodalkan kertas kardus kecil, siempu bengkel mencoba menangkap maksud bentuk body kit charade dan menempelkannya pada body charade sisi samping kendaraan. Kloooopppp…. sepakat dengan bentuk yang ditunjukkan.

Namun karena sudah agak lama disana, PS pun mohon pamit undur diri untuk pulang ke rumah. Sehingga meninggalkan si motuba charade 1984 bersama siempu bengkel disana. Oh ya, karena hari Minggu ada kerja bakti kampung, maka pengerjaan akan dilanjutkan mulai hari Senin dan itu artinya belum bisa update perkembangan terbaru rehab body charade 1984 khususnya tentang body kit yang masih dalam angan.

Salam seduluran, see you next time….! 

7 thoughts on “Rehab Body Charade Motuba 1984

  1. Heri
    17/01/2016 at 22:43

    Bengkelnya dimana ini om? Ceret saya juga perlu pengecekan kelistrikan total kayanya nih

    1. 19/01/2016 at 20:34

      kalau di daerah sragen itu ada di daerah pasar bunder ke selatan, arah ke batu jamus

      1. 05/02/2016 at 23:51

        Biaya habis brpa totalnya om..

        1. Prapto Sragen
          06/02/2016 at 22:31

          sekitar 60rb om

          1. 07/02/2016 at 21:01

            60rb apa nih om? 60jt kah?

          2. 08/02/2016 at 21:14

            60rb rupiah om, biayanya perkasus untuk rehab/restore kabel body. jadi karena kasusnya ringan jadi kena biaya murah he he he

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *