Alhamdulillah, PGSD UMS Terakreditasi A

Badan Akreditasi untuk PGSD UMS terakreditasi A
detail dari halaman web Badan Akreditasi untuk PGSD UMS terakreditasi A

Pendidikan – Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau yang lebih dikenal dengan istilah PGSD memang sedang menjadi primadona diantara program studi unggulan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Karena pada masa lampau, pemerintah Indonesia melakukan pengangkatan secara seretak bagi siapa saja yang berkenan untuk jadi guru, sehingga terbentuklah siklus puluhan tahun yang berdampak pada pensiun massal yang diperkirakan terjadi mulai tahun 2015 hingga 2020, khususnya untuk guru di tingkat sekolah dasar. Dari sekian banyak guru SD yang memasuki usia pensiun, tentu saja sudah dikaruniai putra-putri yang telah memasuki usia kuliah atau bahkan telah selesai menempuh studi di program PGSD.

Bukan tanpa alasan memang dan sebagian besar dari putra-putri mereka menempuh program studi PGSD atas rekomendasi orang tua atau kerabat mereka yang juga seorang guru SD yang mendekati usia pensiun. Adanya terawang yang menunjukkan akan terjadinya gelombang pensiun besar-besaran tentu membuat mereka berbondong-bondong untuk menyarankan putra-putrinya agar menempuh kuliah di program studi PGSD.

Alhamdulillah akhirnya LULUS juga dari PGSD UMS dan Akreditasi A
Alhamdulillah akhirnya LULUS juga dari PGSD UMS dan Akreditasi A

PS sendiri baru saja selesai menempuh studi di PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UMS pada tahun 2014 kemarin. Secara umum gambaran perkuliahan di program studi PGSD itu lebih banyak sukanya daripada dukanya, karena memang sebagai mahasiswa PGSD waktu itu betul-betul dipersiapkan untuk menjadi pembimbing, pendidik, pengayom bagi anak-anak didik usia sekolah dasar. Artinya lebih banyak cipta kondisi yang menyenangkan dan menarik perhatian bagi yang disesuikan dengan program pembelajaran maupun persiapan belajar.

Dukungan pihak program studi, fakultas hingga universitas pun tampak saat proses perkuliahan berlangsung. Jadi secara inti perkuliahan di program studi PGSD adalah membentuk mindset (pola berfikir) kamu menjadi seorang guru SD yang profesional, dan karena UMS sendiri merupakan kampus bernuansa Islam jadi dapat tambahan pengetahuan untuk menjadi guru SD yang berakhlak mulia. 😀

Kenapa harus memilih Kuliah PGSD di UMS ?

Pertanyaan yang wajar ditanyakan oleh setiap calon mahasiswa kritis plus juga calon aktivis kampus he he, alasan utama kamu kenapa harus kuliah PGSD di UMS adalah karena untuk saat posting ini diterbitkan, baru program studi S1 PGSD FKIP UMS lah yang memperoleh akreditasi A dan masih satu-satunya program studi PGSD di Indonesia yang memperoleh akreditasi A.

Badan Akreditasi untuk PGSD UMS terakreditasi A
detail dari halaman web Badan Akreditasi untuk PGSD UMS terakreditasi A

Selain itu, ada alasan lain yang juga patut dipertimbangkan bagi kamu yang hendak kuliah di program studi PGSD Strata-1 yaitu UMS terletak di jalur utama yang menghubungkan kota Semarang, kota Yogyakarta dan juga Gunung Lawu. Kampus UMS terletak di kota Surakarta, tepatnya ada di Jalan Ahmad Yani Tromol Pos 1, Pabelan, Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah. Kampus PGSD terletak di komplek kampus 1 yang berada sebelah barat jalur utama pintu masuk kampus.

Kemudahan memperoleh tempat kost bagi mahasiswa luar wilayah juga terpenuhi serta akses pemenuhan kebutuhan logistik untuk makan, minum (bertahan hidup bagi anak kost he he he) juga gampang karena dekat dengan pasar Kleco 🙂 Bagi kamu calon mahasiswa PGSD yang memiliki anggaran lebih dan menginginkan logistik yang siap santap juga mudah ditemui beraneka macam kuliner disekitaran kampus, mulai dari angkringan kelas rakyat hingga cafe kelas pejabat juga ada, tinggal pilih sesuai dengan kantong masing-masing.

Boring menunggu jam kuliah, kamu juga bisa bergabung dengan UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa sebagai wadah penyaluran bakat yang kamu miliki sehingga tidak merasa boring saat menunggu jam kuliah tiba. Ada beragam UKM yang bisa kamu ikuti mulai dari tingkat program studi, fakultas hingga universitas. Yang jelas saat kamu kuliah di PGSD UMS, janganlah jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) karena itu sangat merugikan bagi masa depanmu. Carilah pengalaman sebanyak mungkin dengan menjadi aktivis kampus dan tekunlah dalam menempuh studi, tak perlu cummlaude tapi cukup jadi aktivis terbaik yang mampu menujukan prestasi di tingkat internasional.

Ekspresi Galau Pasca Wisuda Fakultas Periode 1 PGSD UMS
Ekspresi Galau Pasca Wisuda Fakultas Periode 1 PGSD UMS

Salam #PGSD Cerdas!

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*