Hasil Pilkades Sragen Tahun 2016

Rekapitulasi Hasil Pilkades Sragen tahun 2016
Rekapitulasi Hasil Pilkades Sragen tahun 2016 yang dipublikasikan Joglosemar.co

Politik – Baru saja usai kemeriahan di kampung seputar pemilihan kepala desa (pilkades) yang diselenggarakan secara serentak di wilayah kabupaten Sragen. Ada 19 desa yang turut dalam pilkades Sragen di akhir tahun 2016 ini. Adapun desa-desa yang melaksanakan pesta rakyat tersebut yaitu Sambirejo di kecamatan Sambirejo, Karangpelem di kecamatan Kedawung, Sumberrejo di kecamatan Mondokan, Denanyar di kecamatan Tangen. Ada juga desa Gedongan dan Sidokerto di kecamatan Plupuh, lalu desa Pilang dan Jirapan di kecamatan Masaran, Gilirejo Baru di kecamatan Miri, Dawung di kecamatan Jenar, Kalangan di kecamatan Gemolong.

Selain itu masih ada lagi desa Banyurip dan Plumbon di kecamatan Sambungmacan, Gabugan di kecamatan Tanon, Purwosuman dan Jambanan di kecamatan Sidoharjo, desa Gesi di kecamatan Gesi, Keden di kecamatan Kalijambe serta desa Plosorejo di kecamatan Gondang. Total ada 48 kandidat calon kepala desa yang bertarung di 19 desa yang ada di Pilkades Sragen tahun 2016.

Dalam ajang pesta demokrasi tingkat desa di akhir tahun 2016 ini, ada sembilan calon kepala desa petahana (sebelumnya menjabat sebagai kepala desa) dan hasil akhir yang diperoleh kemarin, ada tujuh petahana yang tumbang digantikan kepala desa yang baru. Bagi sebagian warga masyarakat Sragen mungkin juga merasakan bahwa pilkades 2016 terasa lebih ‘panas’ jika dibanding pemilu maupun pilkada. Karena masyarakat memilih pimpinan di tingkat desa yang kedepannya akan sering bertemu langsung dalam kehidupan sehari-hari, tentu aura pertarungan terasa lebih tajam he he he

Rekapitulasi Hasil Pilkades Sragen tahun 2016
Rekapitulasi Hasil Pilkades Sragen tahun 2016 yang dipublikasikan Joglosemar.co

Kebetulan desa tempat PS tinggal pun juga ikut berkesempatan menyelenggarakan pilkades Sragen serentak di tahun 2016 ini, sehingga betul-betul merasakan sendiri kerasnya persaingan antar kader calon kepala desa. Saat H-1 sebelum hari pencoblosan, para pemuda desa siap siaga menjaga keamanan kampung agar tidak terjadi konflik karena memang suasana seperti ini rawan konflik. Salut buat kegigihan pemuda di kampung PS yang ‘ngeronda’ sampai pagi agar suasana kampung tetap kondusif hingga sesaat menjelang pencoblosan.

Proses pemungutan suara berjalan lancar hingga tiba saat perhitunngan suara, warga masyarakat mulai berkumpul di tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyaksikan prosesi penghitungan suara. Satu persatu lembar suara dibuka, petugas menyebutkan kandidat yang dicoblos pada lembar suara tersebut. Terikan demi terikan dari pendukung calon kepala desa pun menambah suasana kemeriahan pesta demokrasi pilkades Sragen sore itu.

Suasana Depan Kantor Kepala Desa Pilang Kecamatan Masaran
Suasana Depan Kantor Kepala Desa Pilang Kecamatan Masaran

Sekitar pukul tiga sore, aura kemenangan dari satu calon kepala desa sudah mulai terlihat dan tersiar kabar dari tabulasi data saksi di TPS dalam satu desa menyebutkan salah satu kandidat sudah pasti menang dengan selisih suara sekitar 600-an. Sontak para kader dan simpatisan kandidat yang dipastikan menang tersebut, yang mayoritas ternyata anak muda, mulai konvoi keliling kampung dengan raungan knalpot tanpa silincer.

PS sendiri merasa takjub saat itu karena menyaksikan anak muda satu desa bisa kompak menyuarakan kemenangan, dan pesta kemenangan yang ditandai dengan konvoi tersebut berjalan lancar dan tertib.

Konvoi Kemenangan yang di dominasi Anak Muda
Konvoi Kemenangan yang di dominasi Anak Muda

Sepertinya suasana seperti di atas juga terjadi di beberapa wilayah yang menyelenggarakan pilkades Sragen secara serentak pada tahun 2016 ini. Semoga dengan terpilihnya kepala desa yang baru mampu memajukan masing-masing desa mereka, serta amanah dalam mengalokasikan anggaran desa yang mencapai 1 miliar. Serta melibatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan desa khususnya dan kabupaten Sragen pada umumnya. Amin

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*