Internet Desa Haruskah Ada

Publik/WisataInternet Desa rasanya sudah menjadi kebutuhan mutlak yang harus ada saat ini. Banyak potensi desa yang dapat dipamerkan melalui jaringan internet. Terlebih dengan adanya dana desa yang melimpah, dirasa sangatlah cukup untuk mengadakan infrastruktur internet di desa terpencil sekalipun. Sayangnya belum semua desa di Indonesia dapat menikmati fasilitas Internet. Jangankan Internet, untuk akses telekomunikasi layanan telepon seluler pun kadang juga masih terbatas.

Internet Desa Haruskah Ada? untuk Pamer Potensi ya harus
Internet Desa Haruskah Ada? untuk Pamer Potensi ya harus | img src: internet

Payung hukum untuk penyelenggaraan internet desa pun sudah diterbitkan oleh pemerintah. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Internet sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi desa. Dengan adanya jaringan internet, desa dapat mencari berbagai informasi di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan dan lainnya dengan lebih cepat.

Dalam 4 Program Prioritas dari Kemendes PDTT terkait anggaran Desa 2017 yang antara lain:

  • Agar setiap desa memiliki satu produk unggulan (One Village One Product),
  • Adanya pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menambah pendapatan asli daerah agar bisa menopang pembentukan desa mandiri,
  • Pembangunan embung desa dan
  • Fasilitas olahraga.

Program Prioritas tersebut juga didukung dan dilindungi UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa yang termaktub dalam UU Desa Pasal 86 Ayat 1-3, yang berbunyi:

  1. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa yang dikembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota.
  2. Pemerintah dan pemerintah daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan kawasan perdesaan.
  3. Sistem Informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
Contoh Potensi Desa yang dapat di Pamerkan di Internet
Contoh Potensi Desa yang dapat di Pamerkan di Internet | img src: internet

Internet Desa untuk Apa? Ada Manfaat kah?

Selain mempunyai manfaat untuk menambah wawasan penggunanya, internet juga berguna sebagai sarana atau media hiburan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Internet sangat bermanfaat baik dalam menunjang kinerja sistem informasi desa. Dengan adanya jaringan internet, desa dapat mencari berbagai informasi di bidang pemerintahan, pertanian, peternakan dan lainnya dengan lebih cepat.
Berikut ini beberapa aplikasi Internet yang dapat diterapkan di desa, antara lain:

  • Media Komunikasi Desa
    Dengan menggunakan internet, pemerintah desa bisa dengan mudah menyebarkan informasi kepada seluruh warga desa, seperti berita penting, pengumuman warga, peringatan dini, regulasi baru, dan lainnya. Juga mempermudah komunikasi antar desa.
  • Transparansi Anggaran Desa
    Sesuai peraturan pemerintah, penggunaan anggaran desa harus transparan. Dengan aplikasi anggaran desa melalui internet, pemerintah desa dapat update penggunaan anggaran di web desa dan warga bisa memantau realisasi anggaran desa.
  • Sistem Informasi Desa
    Dengan Sistem Informasi Desa Online menjadikan pemerintah desa dapat update data desa dengan mudah serta dapat diakses dengan cepat oleh PEMDA dan Pemerintah Pusat. Membuka peluang investasi.
  • Jualan Online
    Memiliki produk desa yang unik, bernilai jual tinggi, dan tidak ada ditempat lain?
    Cara yang paling efektif untuk memasarkan produk ke luar desa adalah dengan jualan online melalui internet.
    Jualan online itu mudah karena modalnya hanya foto produk, tidak perlu membuat toko atau galeri. Produk desa yang dijual dapat berupa hasil ternak, hasil kebun, kerajinan atau produk berciri khas lainnya, obyek wisata, dan lainnya.
Indahnya Potensi yang dimiliki Desa namun Jarang Terekpos
Indahnya Potensi yang dimiliki Desa namun Jarang Terekpos | img src : internet

Dengan internet pasar produk desa yang biasanya terbatas secara geografi, bisa menembus batas hingga ke seluruh dunia. Internet juga dapat menjadikan birokrasi dan transparansi pemerintah desa menjadi lebih baik, dengan tersedianya sarana grup media sosial maupun forum warga berbasis internet.

Banyak hal lain di desa yang mungkin berkembang, desa bisa menjadi sumber dan akses ekonomi yang sangat besar, kreativitas warga akan lebih terasah, pendidikan yang lebih baik yang pada akhirnya dapat menggali potensi desa lebih maksimal.

Mau Pasang Wifi? Area Sragen & Karanganyar
Mau Pasang Wifi? Area Sragen & Karanganyar

You May Also Like

About the Author: OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Pendidik di Sragen, Indonesia |Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.