Mengatasi Alokasi JTM pada Simpatika

Peringatan Alokasi JTM Belum Terpenuhi pada Simpatika
Peringatan Alokasi JTM Belum Terpenuhi pada Simpatika

Pendidikan – Bagi operator SIMPATIKA (dulu PADAMU NEGERI) yang ingin mengajukan s25a, tapi menemui kendala alokasi JTM (jam tatap muka) yang belum terpenuhi bisa mencoba solusi ini. Tahap awal analisa masalah terkait dengan peringatan Alokasi JTM ini bisa merujuk pada struktur kurikulum yang berlaku. Adapun struktur kurikulum yang di atur melalui peraturan menteri, untuk KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pada madrasah di tuangkan dalam permenag no. 2 tahun 2008 lampiran V (lima).

Alokasi Jam Pelajaran pada Struktur Kurikulum MI
Alokasi Jam Pelajaran pada Struktur Kurikulum MI

Pada lampiran yang berisi struktur kurikulum tersebut tertera alokasi JTM bagi setiap mata pelajaran di madrasah. Misalnya saja untuk tingkat madrasah ibtidaiyah pada mata pelajaran Matematika kelas V memiliki alokasi 5 jam pelajaran per minggu. Jika pada jadwal mingguan yang ada pada SIMPATIKA terdapat 6 jam pelajaran, maka sistem secara otomatis akan memunculkan peringatan Alokasi JTM belum terpenuhi. Dalam contoh kasus ini, jumlah JTM Matematika kelas V kelebihan satu jam pelajaran tiap minggunya.

Peringatan Alokasi JTM Belum Terpenuhi pada Simpatika
Peringatan Alokasi JTM Belum Terpenuhi pada Simpatika

Sementara itu, merujuk pada struktur kurikulum di atas diketahui bahwa alokasi jam untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sebanyak 4 jam per minggu. Dalam contoh kasus ini untuk jadwal mingguan PJOK hanya di alokasikan 3 jam per minggu. Artinya mapel PJOK kekurangan satu jam pelajaran.

Solusi Menghilangkan Peringatan Alokasi JTM

Untuk mengatasinya dapat dilakukan penataan ulang pada jadwal mingguan dengan memberikan kelebihan jam pelajaran pada mata pelajaran yang kekurangan. Dalam contoh kasus di atas, kelebihan jam tatap muka untuk Matematika ditambahkan pada mapel PJOK. Hal ini tentu akan berpengaruh pada jumlah jam mengajar para guru (khususnya yang memperoleh tunjangan) sehingga perlu dilakukan musyawarah bagi guru yang terdampak beserta kepala madrasahnya.

Detail Kelebihan atau Kekurangan JTM dari Sistem Simpatika
Detail Kelebihan atau Kekurangan JTM dari Sistem Simpatika

Jika telah di dapat kesepakatan, maka operator SIMPATIKA tinggal mengeksekusi perubahan jadwal mingguan dan peringatan Alokasi JTM akan hilang dan tombol ajuan s25a akan aktif. Namun, jika masih muncul berarti masih ada alokasi jam tatap muka yang belum sesuai dengan struktur kurikulum baik itu kelebihan maupun kekurangan pada mata pelajaran tertentu di masing-masing kelas.

Demikian ulasan singkat untuk mengatasi masalah alokasi JTM pada SIMPATIKA. Selamat bertugas bagi para operator pendidikan dan semoga bermanfaat.

15 Komentar

  1. alokasi waktu nya kok gak sama ma intruksi dari pengawas saya?
    padahal jadwal dah selesai di kirim buat pemberkasan? ni harus konsul ke mana?

  2. Ass…
    Salam kenal, saya dari ponorogo. Postingan yang bs mnambah pengalaman. Boleh minta no kontak yang bs dhubungi, mungkin kita bisa tukar pengalaman/sharing.
    Thanks.

  3. kenapa alokasi jam pendidikan agama, TIK pada validasi alokasi jjm kok kosong yah… tolong solusinya donng…

  4. Saya sedang proses mengerjakan jadwal sekolah dan bermaksud mengajukan s25. ternyata ada peringatan alokasi belum terpenuhi. Waktu saya cek banyak mapel yang kelebihan jam pelajaran, padahal sudah diisikan sesuai dengan kurikulum sekolah. dan yang paling aneh, alokasi untuk jam PAI dan beberapa mapel lain kosong. bagaimana solusinya? mohon bantuannya

  5. gmana solusinya.. dipengisian jadwal pelajran,, poto ptk tidak tertera nmun jdwalnya msuk..tpi pngakuan dicetak s25 jmlh jam tdk di hitung sistem,,,,,

    sya yolla dri pdang

  6. saya terdaftar pada “padamu” sebagai guru kelas.
    karena ada aturan linier saya harus mutasi ke guru mapel pai (sesuai pendidikan).
    ketika mengaktifkan smpatika ada kendala jadwal tidak bisa muncul pada dasbor dan tetap sebagai guru kelas, tidak bisa diubah menjadi guru pai.
    gmn solusinya??

    • mohon maaf, berhubung saya sudah resign dari dunia pendidikan dan terjun ke dunia wiraswasta serta tidak memiliki akses lagi sebagai operator simpatika, jadi belum bisa memberikan solusi. Mudah-mudahan ada pembaca blog yang lebih paham serta berkenan berbagi disini,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*