Merakit Las Oksigen Elpiji Sendiri

Creative Think – Tahukan kamu jika merakit peralatan las oksigen elpiji itu sebenarnya mudah dan menyenangkan. Baru-baru ini OmPrap coba mengobati rasa penasaran terhadap OLW atau Oxygen LPG Welding, dan melakukan experimen untuk merakit peralatan las tersebut. Seperti apa hasilnya, yuk simak kisah perjalanan pikiran berikut ;

Alat Las Oksigen Elpiji atau Oxygen LPG Welding Kit
Alat Las Oksigen Elpiji atau Oxygen LPG Welding Kit

Setelah membulatkan tekad, akhirnya dibeli lah beberapa peralatan teknik untuk mendukung proses perakitan las oksigen elpiji ini. Untuk tempat belanja peralatan teknik di Solo, sobat bisa ke toko PanT*s yang terletak di daerah Pasar Gede Surakarta (agak ke utara dikit). Untuk kebutuhan teknik, toko ini bisa dikatakan lumayan lengkap. OmPrap tahunya dari rekomendasi saudara yang sudah sangat berpengalaman di dunia welding.

Oke, alat teknik yang berhasil dibawa pulang yaitu satu set welding and cutting torch lengkap dengan mata torch dan kuncinya. Untuk merknya prohex dengan harga 850rb-an saat beli, lumayan berat saat digenggam tapi tampak kokoh kalau buat mukul semangka bisa lah pecah he he. Selain itu untuk pengaman pada masukan elpiji pada torch diberi flashback untuk menghindari nyala balik ke selang atau tabung, dengan harga 150rb-an.

Selanjutnya tentu selang penghubung antara tabung dengan torch las lengkap dengan klem pengunci selang. Modelnya dua selang yang direkatkan jadi satu, berwarna biru dan merah. Ya, selang las yang biasa kita lihat dibengkel-bengkel las karbit dengan harga permeternya 27rb-an (saat itu beli 10 meter). Next… regulator oksigen yang terdapat dua buah jarum indikator dengan harga 170rb-an dan berwarna hijau. Dan satu lagi regulator untuk tabung elpiji yang ada kran putar dan jarum indikator seharga 120rb-an. Regulator umumnya ditempatkan pada mulut tabung tempat gas keluar.

Waktunya Merangkai Las Oksigen Elpiji

Pastikan Semua Peralatan telah Aman dan Rapat, tidak Bocor
Pastikan Semua Peralatan telah Aman dan Rapat, tidak Bocor

Peralatan sudah siap sedia, tabung gas oksigen juga sudah berhasil disewa dari PT. Samator yang berada di sekitaran pertigaan ringroad Sroyo, Jaten (agak ke selatan timur jalan) dengan uang jaminan sewa tabung 1,5 juta. Tabung gas elpiji 3kg juga telah siap hasil melepas dari dapur ha ha ha. Sekarang saatnya beraksi dan proses perakitan dilakukan ditempat terbuka yang baik sirkulasi udaranya. Ingat! Safety First! 

Pertama memasang mata las oksigen elpiji pada gagang torch dan dilanjutkan dengan memasang flashback pada input acetylen yang pada projek ini diganti dengan elpiji. Lalu pasang selang sesuai warna nya, biru untuk input oksigen dan merah untuk input elpiji. Kencangkan klem selang dan pastikan tidak terlepas saat tekanan gas dialirkan baik untuk selang elpiji maupun oksigen.

Berikutnya pasang selang pada regulator elpiji maupun regulator oksigen, lalu kencang kan klem selang agar tidak lepas saat dialirkan gas bertekanan. Sampai proses ini, periksa ulang mulai dari mata torch, Flashback, klem selang hingga regulator, pastikan semua telah tersambung dan kuat serta rapat. Setelah OKE dan YAKIN mari lanjut pasang regulator pada masing-masing tabung yang sesuai (sediakan kunci inggris biar mudah saat mengencangkan baut regulator oksigen). Periksa kebocoran dengan air sabun baik pada regulator oksigen maupun regulator elpiji. Selama tidak ada kebocoran, berarti sobat telah sukses merakit las oksigen elpiji sendiri.

Untuk tekanan oksigen, pada indikator output regulator oksigen menujuk angka 50 (huruf kecil) atau kurang dari 5 (hurufnya besar), untuk mengatur bisa dengan memutar kran on off pada regulator. Untuk pemula tidak direkomendasikan lebih dari angka tersebut karena tekanan yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan selang pecah dan memicu ledakan gas! Ambyaaarrrrr kabeh! Safety First! 

Membuat Oven Pengering Kerupuk dengan Las LPG
Membuat Oven Pengering Kerupuk dengan Las LPG

Semoga bermanfaat dan OmPrap tidak bertanggungjawab terhadap segala sesuatu yang timbul akibat membaca atau mengikuti yang ada pada tulisan ini. Yang jelas cara tersebut telah dilakukan dan berhasil, hingga saat ini peralatan las masih digunakan untuk membuat oven pengering Karak Bunder.

You May Also Like

About the Author: OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Pendidik di Sragen, Indonesia |Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas

21 Comments

    1. Om Kalo durasi pemakaian Las oxy/lpg misalkan utk tabung oxy 1M/lpg tabung melon biasanya sampai brapa lama

  1. Omprap yg pastina puinter..sy pemula di bidang las..mau tanya..ada alternatif pengganti tabung oksigen pada las lpg..misalna angin langsung dr selang kompresor..apa dampak na..mhon ptunjuk na omprap..tq

  2. Makasih omprap, aku punya keinginan belajar ngelas.
    Postingan omprap sangat bermanfaat.
    Cuma aku mau tanya, apa LPG itu sebagai pengganti ACHITYLINE atau KARBIT…? Mohon pencerahan, soalnya aku sangat buta dlm hal LAS…!

    1. senang rasanya jika artikel diblog dapat memberikan manfaat positif bagi kerabat dunia maya, terima kasih sudah berkenan singgah dan berkomentar, semoga sehat selalu

    1. bisa bung tomo, mobil merah itu yang jadi unit percobaan saya. untuk lokasi bengkel bisa di pointing melalui Gmaps dengan nama Syuhada AutoTech

  3. Capek2 baca, ternyata gak berbobot…
    Kalo utk pengaplikasian selang menyelang mahhh gak perlu pakai blog massss…
    Malu dahh sama anak yg baru SMK. Emak2 jg sering kok ngelakuin ini di dapur masak. Bedanya cuma elpiji doang yg di kutak katik ???

    1. gambar ketiga dari atas, di antara selang merah ke brader las, itu ada tambahan yg namanya flashback, tolong di amati lebih dekat (zoom)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.