Pembangunan Tol Solo Ngawi (SoKer) Dimulai

Pembangunan jalan tol Solo Ngawi yang merupakan bagian dari jalan tol Solo Kertosono (SoKer) telah mulai dilaksanakan oleh PT. Solo Ngawi Jaya (SNJ) yang merupakan anak perusahaan dari Thiess Contractors Indonesia (TCI). Mungkin bagi kawan blogger atau penikmat dumay yang sering melintas di jalur Solo Sragen, terutama wilayah Masaran, akan menemukan pemandangan baru di sisi barat jalan raya Solo Sragen. Saya sendiri sempat penasaran dengan aktivitas pengurukan lahan persawahan dengan alat berat yang lebih dari lima biji tersebut. Setelah mencoba mendekat dan mengamati aktivitas pelaksanaan pembangunan tol Solo Ngawi, serta membaca beberapa ‘plakat‘ akhirnya sudah dapat dipastikan bahwa proyek tersebut adalah proyek pembangunan jalan tol Solo Ngawi.

lokasi proyek tol solo ngawi di masaran sragen

Papan Peringatan bagi Pengguna Jalan di Lokasi Proyek | foto: exclusive

Hal tersebut didukung dengan media releases yang dipublikasikan di website TCI tertanggal 7 Oktober 2013 dengan judul Pencanangan Pembangunan Jalan Tol Solo-Mantingan-Ngawi sebagai berikut;

Jalan tol Solo – Ngawi direncanakan memiliki empat buah interchange, yang menghubungkan beberapa kota-kota besar yang berada di sekitarnya. Ruas jalan tol ini direncanakan memiliki kriteria desain dengan kecepatan berkendara 120 km/jam dan memiliki dua lajur di kedua arah, serta memungkinkan untuk dilakukan perlebaran jika suatu saat nanti diperlukan. Proses pekerjaan konstruksi akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan dapat dioperasionalkan pada bulan April 2015 untuk bagian Solo – Sragen sepanjang 14 km dan bulan Januari 2016 untuk bagian Sragen-Ngawi sepanjang 55 km.

PT Solo Ngawi Jaya saat ini telah siap melaksanakan proyek, bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia di bawah Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan Balai Pelaksana Jalan V yang telah membentuk Satuan Kerja Jalan Tol Solo – Kertosono untuk melaksanakan konstruksi pada bagian Pemerintah dan dengan Direktorat Bina Teknik yang telah membentuk Satuan Kerja untuk pengadaan lahan (pembebasan tanah) yang saat ini progres pengadaan lahan telah mencapai lebih dari 80%, kami akan melanjutkan koordinasi yang telah terjalin baik ini serta percaya dan optimis bahwa pengadaan lahan akan dapat diselesaikan akhir tahun ini.,” ungkap Presiden Direktur PT Solo Ngawi Jaya, Roy Olsen.

Jalan Tol Solo – Mantingan – Ngawi yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa ini, akan menghubungkan kota-kota besar di pulau Jawa (dari Jakarta hingga Surabaya). Pembangunan ruas jalan tol mendapatkan dukungan dari Pemerintah dalam bentuk pengadaan lahan 100% serta sebagian pekerjaan konstruksi jalan tol oleh BUMN karya, yang kemudian diserahkan kepada Solo Ngawi Jaya untuk dioperasikan dan dipelihara. PT Solo Ngawi Jaya bangga bisa berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang pesat di pulau Jawa melalui pembangunan infrastruktur jalan dan merasa terhormat bisa bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

Mungkin banyak kawan dumay yang penasaran dengan progres pembangunan tol Solo Kertosono ini, hingga mengira jika mega proyek tol trans jawa ini dalam masa ‘pause‘, tapi jika melihat fakta di lapangan dengan beberapa bukti yang ada, proyek pembangunan tol Solo Kertosono tetap berjalan sebagaimana mestinya.

peta tol solo ngawi

Peta Progres tol Solo Kertosono seksi Solo Ngawi | GoogleMaps

Tepatnya di wilayah Plered kecamatan Masaran kabupaten Sragen, akses masuk dan keluar untuk mendukung pembangunan jalan tol Solo Ngawi telah dimulai dan sudah mulai operasional kerja baik alat berat maupun truk dump pengangkut tanah ‘urug’. Bagi sobat dumay yang sudah tak sabar ingin mendapatkan progres pembangunan jalan tol soker terbaru, dengan temuan ini tentu cukup sumringah dan semangat berburu informasi kembali muncul.

foto lokasi tol solo ngawi

Jalur Keluar Masuk Proyek Tol Solo Ngawi (Soker 1) | foto:exclusive

Semoga proyek tol Solo Ngawi yang merupakan bagian dari mega proyek tol soker ini dapat berjalan lancar sesuai target dan tidak terjadi lost information lagi. Amin.

Perkembangan pembangunan tol Solo Ngawi ini merupakan lanjutan dari artikel yang berjudul Mega Proyek Tol Solo Kertosono dan setelah berjalannya waktu dituliskan pula kabar terbaru pada artikel yang berjudul Update Pembangunan Tol Solo Ngawi

About Prapto Ari
Web Programer | Online #Money Making | #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | PGSD UMS | Money #Blogger on http://prapto.my.id/ Sragen, Indonesia |Freelance on IT Departement | Percaya dan Jujur adalah dua kata yang ku pegang dalam kehidupan
10 Tanggapan untuk Pembangunan Tol Solo Ngawi (SoKer) Dimulai
  1. Aamiin.. semoga proyek nya cepat selesai dan dapat dinikmati secepat mungkin. huahahaha

  2. semoga berjalan lancar proyekknya sehingga bisa mengurangi arus kemacetan yang sekarang ini sudah menjadi gejala umum di berbagai tempat.

    • amin, tapi sepertinya sedang ada problem yang muncul dari proyek ini, banyak portal berita yang mengatakan proyek ini stuck (macet), sedangkan di lapangan proyek tol Solo – Ngawi masih berjalan,

  3. herawati murtono // 25/02/2014 at 17:48 // Balas

    pak sy kepingin jadi sub tol kertosono apa bsa btu ke pt ngawi kertosono jaya

  4. wah, aksesnya makin cepet nih, sayang jalan besar jogja-solo yg lewat perbatasan sukoharjo-karanganyar banyak yg rusak, jadi agak tersendat deh kalau disitu.

    • iya mas, eh BTW jalan Jogja – Solo yang ada di wilayah perbatasan Sukoharjo – Karanganyar itu yang mana mas? Apa daerah Kartasura itu ya? atau yang jalur bandara?

  5. di sana juga ada tol untuk jalan.. semoga projek pembinaan berjalan dgn lancar

    • iya mbak, tapi disini masih dalam tahap pembangunan dan jauh tertinggal dengan negeri mbak. Amin, semoga lancar dan cepat selesai tol-nya

Berikan Tanggapan

Your email address will not be published.

*