Perlukah Website Pendidikan bagi Lembaga Edukasi

Beberapa Lembaga Edukasi yang memiliki Website di Kab. Sragen
Beberapa Lembaga Edukasi yang memiliki Website di Kab. Sragen

Pendidikan – Dunia yang semakin berkembang dan maju dengan berbagai macam perkembangan teknologi, seperti website pendidikan untuk lembaga edukasi tentu memberikan manfaat yang besar. Terlebih jika mau mengoptimalkan kemampuan, khususnya dalam hal perkembangan teknologi informasi bagi dunia pendidikan tersebut. Mayoritas masyarakat yang ‘melek‘ internet memiliki kecenderungan untuk berusaha memperoleh informasi melalui internet, termasuk beberapa orang tua yang mencari tahu lembaga edukasi yang bonafit bagi putra-putri mereka.

Bagaimana tidak, dengan kemudahan akses internet yang ditawarkan oleh beberapa operator seluler di Indonesia dengan paket perdana atau kuota internet yang murah dan harga smartphone/ponsel pintar yang terjangkau lengkap dengan segala fitur modernnya, telah mampu mengubah paradigma masyarakat ke arah dunia digital (atau PS lebih nyaman menyebutnya dengan dunia ghoib he he he).

Beberapa Lembaga Edukasi yang memiliki Website di Kab. Sragen
Beberapa Lembaga Edukasi yang memiliki Website di Kab. Sragen

Namun, di era keterbukaan informasi saat ini kurang begitu terserap dalam dunia edukasi, khususnya yang berkaitan dengan dunia ghoib yang sebenarnya menjadi tempat kedua bagi masyarakat dalam berinteraksi. Masih banyaknya lembaga edukasi yang tidak memiliki website pendidikan secara online menunjukkan kekurangantusiasan (atau mungkin ketidakpedulian) beberapa element penyelenggara edukasi.

Mengapa Website Pendidikan Perlu?

Ditengah ketatnya persaingan dalam dunia pendidikan saat ini, terlebih saat penerimaan peserta didik baru, kehadiran portal informasi digital berupa website pendidikan sangatlah dibutuhkan. Masyarakat sekarang mulai pintar, bagi mereka yang sudah memahami dunia ghoib akan berusaha menemukan tempat edukasi dengan mencarinya  di internet, lalu membandingkan hasil temuan mana yang dinilai terbaik, baru melakukan kunjungan fisik ke kantor.

Disinilah peran website pendidikan bagi lembaga edukasi sebagai pintu gerbang informasi, publikasi dan penjaringan siswa di dunia ghoib/internet. Sebuah sarana yang murah tapi memiliki manfaat yang besar dalam melaksanakan proses edukasi.

Selain sebagai profil informasi lembaga edukasi, website pendidikan juga dapat dimanfaatkan untuk publikasi tulisan-tulisan bernilai pendidikan, kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, prestasi yang pernah diraih, program pendidikan yang diterapkan dan masih banyak hal yang dapat dicantumkan disana.

Untuk membuat sebuah website, saat ini tidaklah memerlukan biaya yang tinggi. Jika sekedar dan ala kadarnya, 250k sudah cukup untuk memiliki website bagi lembaga pendidikan, tapi ala kadarnya. Umumnya biaya yang dikeluarkan sebuah lembaga edukasi untuk memiliki website pendidikan yang lumayan bagus, berada direntan harga 765k – 1650k. Tapi jika menghendaki lengkap dengan fasilitas yang menarik, informatif dan uptodate, biaya dapat mencapai di atas 3000k.

Ingat! Untuk pembuatan website sekolah memang cenderung biayanya besar di  awal, sehingga disarankan buatlah website yang lumayan bagus semenjak awal, karena untuk tahun kedua dan seterusnya biaya operasional lebih kecil. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*