Proyek Pembangunan Tanggul Bengawan Solo

foto tanggul bengawan solo
Tiang Pancang Tanggul

Proyek pembangunan tanggul Bengawan Solo yang telah selesai dua tahun silam, ternyata menyisakan kenangan manis bagi sebagian besar warga yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo.

Sedikit mengingat kenangan pahit sebelum adanya proyek pembangunan tanggul Bengawan Solo beberapa tahun silam, dimana terjadi banjir besar yang melanda sebagian besar wilayah daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo.

Banjir besar yang terjadi setiap empat tahun sekali (siklus empat tahunan) ini mampu mengisolir sebagian besar pemukiman penduduk, sehingga kurang lebih satu minggu, roda ekonomi masyarakat lumpuh total.

foto tanggul bengawan solo
Tiang Pancang Tanggul

Radius dua hingga lima kilometer tergenang air banjir dengan kedalaman bervariasi, mulai dari 30 centimeter hingga dua meter (semakin mendekati Bengawan Solo maka semakin dalam genangannya).

Oleh karenanya, dengan adanya proyek pembangunan tanggul Bengawan Solo tersebut, masyarakat yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo merasa senang dan di untungkan.

Walau sempat terjadi erosi di beberapa titik akibat derasnya aliran sungai di musim penghujan, dan berakibat jebolnya tanggul Bengawan Solo. Tapi genangan air banjir tidak lebih dari 50 centimeter, tentu sudah jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Betonisasi dan Pengerasan Tanggul Bengawan Solo

Pemerintah ternyata masih melakukan perawatan di beberapa titik erosi tanggul Bengawan Solo. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya proyek lanjutan berupa pembetonan dan pengerasan di beberapa titik bekas pembangunan tanggul Bengawan Solo.

Melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSB), beberapa titik erosi akibat derasnya aliran sungai, dilakukan pengerasan dengan menggandeng PT. Wijaya Karya.

foto progres pembangunan tanggul bengawan solo
Pembangunan Tanggul Bengawan Solo Jilid 2

Dapat dikatakan sebagai proyek pembangunan tanggul Bengawan Solo jilid dua he he he 😀

Yaaaa…. mudah-mudahan progresnya segera rampung dan masyarakat yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo terbebas dari ancaman banjir besar di kemudian hari. Amin

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*