Asyiknya Kalau Musim Hujan Tiba

Publik Sosial – Indonesia merupakan salah satu negara yang merasakan musim hujan dengan waktu yang terbilang lama. Letak wilayahnya yang terdiri atas pulau-pulau yang dikelilingi lautan luas, serta iklim tropis yang dimilikinya telah membentuk negeri yang kaya sumber daya alam.

Walau beberapa waktu lalu kabut asap melanda hampir seluruh negeri ini, tapi dengan datangnya musim hujan telah mampu meredam tensi masyarakat yang sempat tinggi. Sejenak kehadiran hujan memang mampu menjadi solusi bagi musibah kabut asap di negeri ini. Tapi coba lihat beberapa waktu kedepan jika air hujan turun dengan intensitas cukup tinggi, genangan-genangan air pun mulai muncul akibat kurangnya persiapan dalam menyambut musim hujan yang dinanti.

Uniknya Genangan Air saat Musim Hujan tiba

Uniknya Genangan Air saat Musim Hujan tiba

Dilema memang, di satu sisi kita banyak yang mengharap dan memohon untuk segera turun hujan, tapi disisi lain ada bayang-bayang musibah banjir atau tanah longsor. Kalau bukan manusia ya siapa lagi yang sering mengeluh saat musim kemarau “kok ndak hujan-hujan ya, panasnya seperti ini“. Eh giliran musim hujan tiba juga nylethuk lagi “ini hujan kok betah ya, hawanya dingin sangat“. Woooyyyyyy….. sadar dong! Indonesia itu negeri beriklim tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau yang panas dan musim hujan yang dinginnya brrrrrrrr…..berantakan!

Kadang PS juga heran dengan sebagian pemilik akun jejaring sosial yang cenderung sering mengeluh, apa ini hasil pendidikan dari KTSP? Sedikit mengingat beberapa kawan yang seangkatan atau lebih tua, yang waktu sekolah dulu masih pakai kurikulum 1994, nggak selebay ini. Eh mas, hubungannya musim hujan sama kurikulum pendidikan itu apa coba?! Bener juga katamu, kenapa jadi nyimpang gini ya??

Hujan Lebat Akhirnya Datang juga Malam itu

Hujan Lebat Akhirnya Datang juga Malam itu

Back to topic, menyikapi datangnya musim penghujan memang perlu kebijaksanaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, khususnya saluran air dan atap rumah. Tak sedikit dari masyarakat yang kalang kabut kelimpungan menyiapkan ember, panci, baskom atau alat penampung air lain saat hujan lebat turun. ‘Bocor…..bocorrrr….boooccccoooooorrrrrr….. lupa kagak benerin genteng bro, kasur sama karpet kena air hujan semua‘. Bukannya berupaya menampung air atau bergegas membenahi yang bocor, tapi malah update status dijejaring sosial. Apa dikiranya kalau bikin status gitu bocornya langsung tertutup sendiri? Wkwkwkwkwkw….lucu juga sih orang yang seperti itu, atau jangan-jangan usia mereka masih anak-anak dan remaja yang belum mikir, karena yang mikir kebocoran anggaran….eh kebocoran atap adalah orang tua mereka. Entah lah, yang jelas saat ini semakin banyak model-model pemilik akun jejaring sosial yang seperti itu.

Udah ah ngrumpinya, hujannya juga sudah mulai reda dan waktunya pulang ke rumah. Sekedar tips dari PS yang mungkin bermanfaat dalam menghadapi musim hujan yang telah tiba, berikut ini ;

  1. Periksa atap tempat tinggal, perbaiki segera jika ada yang bocor.
  2. Kurangi ranting-ranting pohon perindang di sekitar rumah, agar saat hujan lebat disertai angin, batang pohonnya masih kuat menahan beban.
  3. Bersihkan saluran air seperti selokan, talang air hingga kali dari kotoran/sampah agar aliran air bisa lancar saat hujan turun.
  4. Pastikan jalur kelistrikan aman dari terkena air saat hujan agar terhindar dari konsleting. Cabut colokan alat elektronik dari steker/stop kontak PLN saat hujan disertai petir agar meminimalkan kemungkinan meledak karena jika ada efek petir.
  5. Persiapkan kendaraan untuk menghadapi musim hujan, baik roda dua maupun roda empat. Mantol atau jas hujan, cover pelindung mobil dan hal-hal yang berhubungan dengan otomotif saat hujan.
  6. Jaga kondisi kesehatan dan jangan terlalu memaksakan diri untuk keluar disaat kondisi hujan. Jika dimungkinkan, tunggu hujan reda baru keluar.
Kondisi Selokan Air saat Hujan Turun Pertama kalinya

Kondisi Selokan Air saat Hujan Turun Pertama kalinya

Mungkin itu dulu yang bisa PS bagikan berkaitan dengan musim penghujan yang telah tiba. Kalau ada tips yang ingin ditambah, bisa ditulis pada kolom komentar di bawah ya……

Semoga bermanfaat!

One thought on “Asyiknya Kalau Musim Hujan Tiba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *