Bayar Sendiri Pajak Motor di SAMSAT Sragen

foto pelayanan samsat sragen
Komik Pelayanan SAMSAT Sragen | KlatenPos.Com

Untuk membayar pajak motor Sragen sendiri di kantor SAMSAT, biasanya orang merasa ogah karena harus mengantri berjam-jam. Sehingga memunculkan kesempatan bagi mereka yang kreatif untuk menawarkan jasa perantara pembayaran pajak kendaraan bermotor, atau bahasa gaulnya “calo“.

foto pelayanan samsat sragen
Komik Pelayanan SAMSAT Sragen | KlatenPos.Com

Jika yang Anda rasakan adalah seperti gambaran di atas, maka Anda adalah salah satu korban dari sekian banyak korban yang telah dirugikan. Untuk perpanjangan pajak motor khususnya di kabupaten Sragen, seperti yang saya alami tidaklah sampai harus mengantri berjam-jam. Dari proses awal pendaftaran hingga STNK jadi, butuh waktu sekitar 30 menit saja dan itupun dapat dilalui tanpa terasa karena saya asyik ngobrol dengan orang disamping saya 😀

Jadi tips pertama dari saya saat hendak melakukan perpanjangan pajak motor, silakan Anda ajak teman atau kerabat yang paling cerewet sehingga saat antri menunggu, Anda tidak akan merasa kesepian 😀

Lha seumpana aku ndak punya saudara/kerabat yang cerewet piye mas?

Tips kedua jika Anda tidak memiliki saudara/kerabat/teman yang cerewet, silakan bawa headphone dan musik kesukaan Anda untuk di dengarkan saat mengantri, tujuannya tidak lain agar Anda tidak merasa kesepian yang membuat suasana hati Anda jadi jenuh ketika menanti.

Berikut ini beberapa tahap yang harus Anda lalui saat hendak membayar pajak kendaraan di kantor SAMSAT Sragen. Pertama, silakan parkirkan kendaraan Anda ditempat yang strategis dan mudah diakses. Tujuannya agar saat diperlukan untuk melakukan pengesekan nomor mesin dan nomor rangka, Anda dengan mudah dapat menemukan kendaraan Anda.

Lanjut ke loket pendaftaran sertifikat pajak kendaraan yang berada di sisi utara lokasi SAMSAT Sragen. Anda juga dapat menanyakan total pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan pada loket ini.

Setelah mendapatkan sertifikat untuk pembayaran pajak motor, silakan masuk ke gedung yang berada dibagian barat lokasi SAMSAT Sragen tersebut. Kemudian silakan Anda tumpuk jadi satu berkas-berkas yang dibutuhkan saat perpanjang pajak kendaraan bermotor, seperti ; foto kopi ktp pemilik kendaraan, foto kopi STNK, foto kopi BPKB. Khusus bagi kendaraan yang masih dikredit, Anda dapat meminta surat pengantar pajak dan foto kopi BPKB kendaraan ke kantor cabang leasing terdekat.

Tumpuk jadi satu berkas-berkas tersebut dengan KTP Asli, sertifikat pajak kendaraan dari loket pertama tadi dan STNK Asli pada keranjang merah yang ada di loket pendaftaran dalam gedung tersebut. Tunggu nama pemilik kendaraan dipanggil untuk mendapatkan nomor urut antrian.

Setelah mendapat nomor urut antrian, silakan tunggu panggilan dari loket pembayaran yang berada di sisi utara loket pendaftaran. Setelah nomor urut Anda dipanggil, silakan bayarkan tagihan pajak motor Anda di loket tersebut dan tetap bawa nomor antrian Anda untuk ditukar dengan STNK kendaraan bermotor yang baru pada proses berikutnya.

Setelah melakukan proses pembayaran, silakan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan STNK baru di loket sisi utara dari loket pembayaran. Nomor antrian Anda akan dipanggil di loket ini, dan serahkan nomor antrian tersebut saat nomor urut antrian Anda dipanggil untuk mendapatkan STNK.

antri pajak motor samsat sragen
Antrian Membayar Pajak Kendaraan di SAMSAT Sragen | SragenPos.com

Sampai disini, anda sudah berhasil melakukan pembayaran pajak motor Anda sendiri. Langkah-langkah di atas berdasarkan pengalaman pribadi saya saat melakukan perpanjangan pajak motor vixion tahun 2012 pada tanggal 12/06/2013. Saya masuk pukul 11.05 WIB dan selesai pukul 11.48 WIB. Total tagihan pajak motor vixion saya RP 284.000,- untuk pajak pertama setelah pembelian.

Semoga bermanfaat dan tetap selesaikan segala urusan pajak sendiri ya, agar tidak dikorupsi!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*