Bersekolah harus di Madrasah ?

MI Muhammadiyah Bentak kecamatan Sidoharjo
Ayo ke Madrasah! MI Muhammadiyah Bentak kecamatan Sidoharjo

Education Tips – Bagi sebagian orang tua memang ada yang serius dalam menentukan tempat sekolah putra-putrinya. Sebagai mana orang tua yang rela mengantar anaknya bersekolah di Madrasah. Terlebih lagi ada juga yang getol mengharuskan anaknya semua bersekolah di Madrasah dengan berbagai alasan yang mereka miliki.

Tidak ada yang salah memang di era pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, mau dimana pun orang tua menyekolahkan anaknya, itu adalah hak mereka untuk memilih. Entah itu di sekolah negeri yang pelajarannya umum, atau di madrasah swasta yang mendapat tambahan pelajaran keagamaan. Negeri atau swasta bukan lagi jaminan di era globalisasi seperti sekarang, sudah banyak Madrasah swasta yang sukses menghantarkan generasi anak bangsa dalam meraih prestasi yang gemilang. Bahkan tak jarang pula pelajar madrasah yang mampu mengungguli sekolah umum dalam kompetisi.

Alasan Mengapa bersekolah di Madrasah

Salah satu alasan yang disampaikan orang tua ketika menyekolahkan anaknya di Madrasah adalah karena mendapatkan pelajaran keagamaan lebih mendalam selain pelajaran umum. Jadi harapan mereka anaknya mampu berprestasi dalam bidang akademik dan juga memiliki pemahaman yang religius. Singkatnya “dunia dapat akhirat juga dapat“.

MI Muhammadiyah Bentak kecamatan Sidoharjo
Ayo ke Madrasah! MI Muhammadiyah Bentak kecamatan Sidoharjo

Tapi ternyata ada juga beberapa alasan lain yang mendasari orang tua memilih madrasah sebagai tempat anaknya memperoleh pendidikan. Sebagai misal kedekatan dengan pihak madrasah, atau lokasi madrasah yang cukup dekat, adanya fasilitas antar jemput, manajemen madrasah yang terakreditasi dan berstandar nasional, prestasi-prestasi pelajar madrasah yang gemilang setidaknya dalam tingkat kecamatan, pendidik yang memenuhi kualifikasi pendidikan serta masih banyak alasan lain yang membuat orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di Madrasah.

Hanya saja yang perlu di luruskan dalam pola pikir masyarakat adalah bahwa tidak semua pendidik di madrasah itu pegawai negeri yang digaji negara. Justru banyak madrasah-madrasah swasta berprestasi yang mayoritas gurunya adalah honorer. Tapi karena semangat dan tingkat pengabdian yang tinggi bagi dunia pendidikan, mereka terkadang tak menghiraukan berapa yang didapatkan.

Sehingga masyarakat diharapkan memaklumi bahwa “jer basuki mawa bea” dalam penyelenggaraan pendidikan di Madrasah. Wajar saja jika madrasah masih menerapkan uang bulanan, uang gedung dan sejenisnya karena tidak semua Madrasah di biayai negara. Tapi jika kita sedikit perhitungan, menyekolahkan anak di madrasah setinggi apapun biayanya itu tidak akan rugi. Ingat ilmu pengetahuan dan pengalaman adalah investasi jangka panjang bagi putra-putri kita.

Apa ada Madrasah yang Biaya Pendidikannya Terjangkau?

Lalu bagi mereka yang hidup sederhana artinya tidak bisa sekolah di Madrasah? Tidak, bukan seperti itu. Manajemen penyelenggaraan pendidikan Madrasah itu lebih rumit tapi efektif, bagi yang benar-benar tidak memiliki biaya untuk pendidikan, justru pihak madrasah berusaha untuk mencarikan biaya. Intinya anak itu harus bersekolah agar terbentuk generasi bangsa yang positif.

Ada lho madrasah yang berani menggratiskan biaya pendidikan karena memiliki sistem manajemen yang unik. Di daerah kabupaten Sragen provinsi Jawa Tengah, tepatnya di kecamatan Sidoharjo. Namanya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Bentak dalam brosur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini menggratiskan biaya pendidikan dan masing-masing peserta didik baru mendapatkan seragam dua stel. Iya beneran ini!

Soal kualitas tak boleh di remehkan lho, prestasi terbaru diakhir tahun 2014 yang di raih pelajar MI Muhammadiyah Bentak diantaranya Juara 1 lomba mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat kabupaten Sragen, Juara 2 lomba cerdas cermat SD/MI tingkat kecamatan Sidoharjo, dan banyak prestasi yang telah diraih seperti yang ada di brosur.

Nah, bagi Bapak/Ibu/Saudara yang berdomisili di daerah kecamatan Sidoharjo atau kecamatan Masaran bisa menjadi alternatif madrasah favorit untuk menyekolahkan putra-putrinya.

sekolah madrasah ibtidaiyah muhammadiyah bentak
Brosur PPDB MI Muhammadiyah Bentak tahun pelajaran 2015/2016

Update – Informasi terbaru dari MI Muhammadiyah Bentak untuk tahun ini maksimal membuka 3 kelas dan telah terisi 1 kelas. Bagi calon peserta didik harap segera/secepatnya menyerahkan formulir pendaftaran yang bisa diambil di kantor Madrasah. Pendaftaran sewaktu-waktu bisa ditutup jika telah mencapai 3 kelas (harap maklum, ruang kelas terbatas).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*