Kecepatan Download Indonesia Ngenes

Internet – Kalau berbicara tentang kecepatan download untuk akses internet di Indonesia, mungkin kita bisa sepaham bahwa kecepatan akses internet khususnya download, masih jauh dari kata memuaskan. Tapi jika kita mau sejenak menilik sejarah, mungkin untuk saat ini bisa dikatakan jauh lebih baik dari lima tahun silam.

Hal tersebut dibuktikan dengan beberapa tahun lalu saat mengunduh pembaruan antivirus avast yang ukurannya sekitar 2 MB, butuh waktu satu setengah jam dengan kecepatan download rata-rata 48 kbps, itupun dilakukan di warung internet (warnet) kategori kencang. Namun sekarang tak lagi demikian, di beberapa warnet dekat kampus banyak yang menawarkan kecepatan download yang tinggi dan ketika ukuran berkas mencapai kategori GB alias berat, dalam hitungan jam pun dapat diselesaikan.

Ditambah dengan hadirnya teknologi mobile broadband yang menawarkan fleksibilitas akses internet dari operator seluler dengan segala jenis paket internetnya, tentu sudah jauh lebih baik dari masa lalu. Tak lagi perlu bersusah payah ke warnet untuk mengakses internet, cukup dengan menancapkan perangkat usb modem dan melakukan sambungan maka kita sudah siap berburu informasi.

Memang kecepatan download yang ditawarkan pun beragam dengan syarat dan ketentuan berbeda-beda pula. Tapi secara rata-rata berdasarkan data yang ada, saat ini Indonesia masih berada pada peringkat ke 142 dari negara-negara di dunia berdasarkan data kecepatan download yang dihimpun oleh Net Index Oakla (29 Januari 2014). Dengan angka kecepatan rata-rata 3,91 Mbps tentu masih jauh dari kata memuaskan. Bahkan Prapto Sragen mengkategorikan sebagai sesuatu yang ngenes.

kecepatan download indonesia peringkat 142

Indonesia berada di urutan ke 142 segi Kecepatan Download | Net Index

Lalu, negara mana saja yang memiliki kecepatan download yang terbilang wah untuk kebutuhan akses internet?

Sepuluh Negara dengan Download Tercepat

Masih mengacu pada data dari Net Index Oakla yang diakses pada tanggal 29 Januari 2014 lalu, berikut adalah sepuluh negara di dunia yang memiliki kecepatan download paling tinggi untuk akses internet;

10 negara dengan kecepatan download tertinggi

Sepuluh Besar Negara dengan Kecepatan Download Tertinggi | Net Index

Waow ngeri juga ya? Dengan kecepatan download setara Hong Kong, dimungkinkan jika perkembangan dunia digital di Indonesia akan memiliki prospektif yang cerah. Banyak konten informasi yang bertambah setiap harinya dan dimungkinkan juga dapat mencari uang di internet dengan mudah. Dunia perdagangan online Indonesia langsung meroket ke titik tertinggi, arus pertukaran informasi yang semakin cepat dan masih banyak lagi keuntungan lainnya, jika Indonesia memiliki kecepatan akses internet yang tinggi.

Mimpi kali ya? Ha ha ha, yang gembar-gembor promosi internet cepat up-to 7,2 Mbps saja baru tercapai setengahnya 🙂 sudah mengharapkan kecepatan download 72 Mbps.

Rasanya tak perlu muluk-muluk, seandainya pemerintah bisa mengalokasikan kecepatan download fix 1 Mbps per warga negara yang sudah memiliki KTP dan di tambah dedicated IP address untuk setiap pemilik KTPnya, itu sudah lebih dari cukup. Negara juga akan lebih mudah memantau aktivitas internet setiap warganegaranya berdasarkan alamat IP tadi. Jadi misal ada penyalahgunaan internet kan tinggal periksa IPnya, maka ketemu pula pemiliknya sehingga dapat diproses tanpa perlu undang-undang yang rancu serta membingungkan tentang internet.

Andai aku menjadi menteri komunikasi dan informatika, mungkin langkah tersebut yang akan ku tempuh. Sayangnya bukan aku menterinya, jadi malah nanya kalau internetnya cepat mau buat apa?

17 thoughts on “Kecepatan Download Indonesia Ngenes

  1. Beranda News
    31/01/2014 at 08:37

    Aku juga dah baca di kompas nih, wah indonesia di asia pasific masuk urutan ke dua dari bawah cuma beda dikit sama india.

    1. 31/01/2014 at 23:32

      memang ngenes, karena sebenarnya Indonesia itu mampu memberikan kecepatan rata-rata 10 Mbps kepada rakyatnya

      1. 02/02/2014 at 19:06

        semoga aja Indonesia bisa lekas punya koneksi yang cepet ya mas, agar bisa internetan dengan nyaman 🙂

        Oh iya, tulisan ini Please check the BOX before Comment! sering nggak muncul mas, sehingga sulit untuk memberikan komentar di blog ini 🙂

        1. 03/02/2014 at 02:19

          amin-amin semoga lekas punya koneksi ngebut.

          oh ya terima kasih atas infonya, sekarang sudah saya non aktifkan untuk verifikasi komentarnya

  2. Pingback: Perdana 3 AON Cocok untuk Internetan | Mas Wira Blog
  3. wery
    28/04/2014 at 23:00

    ya.. internet nya masih lama.liat file 200 atau 300 MB sih masih sabar. tapi kalau file nya dah di atas 400MB dah ga betah nungguin download nya.. lama…

    1. Prapto Ari
      01/05/2014 at 14:25

      ha ha ha ditinggal tidur aja gan, daripada bikin emosi ntar cepet tua lho 😀

  4. 17/04/2015 at 12:10

    Makin ngenes kayanya taun ini kalau ga salah turun lagi peringkatnya 🙁

    1. Prapto Sragen
      08/05/2015 at 22:40

      semoga saja tahun depan bisa naik ya mbak, kasihan kalau turun terus karena jumlah pengguna internet Indonesia meningkat sangat drastis

  5. 23/04/2015 at 00:44

    singapur mah udah gak usah diragukan lagi. pake mobile data nya aja udah ngebuutt

    1. Prapto Sragen
      08/05/2015 at 22:41

      terlebih lagi wilayah Singapur lebih kecil jika dibandingkat Indonesia, jadi ya wajar lah kita kalah jauh

  6. 18/05/2015 at 15:27

    tapi kalo singapur harus pake yg 4g,, kalo g msh ttp lemot

    1. Prapto Sragen
      26/05/2015 at 02:05

      mudah-mudahan saja di Indonesia segera di realisasikan tentang jaringan 4Gnya he he

  7. Davi
    23/06/2015 at 05:34

    Ehh.. tapi kemaren pernah liat ada temen lagi download file film ukuran hampir 2GB tapi cuman 6-7 menit udah selesai.. pokoknya gak sampe 10 menit .. aku liat sendiri. trus pas aku tanyain dia kaya gak mau ngasih tau gitu -_- bearti kecepatan ny brapa yak??

    1. Prapto Sragen
      25/06/2015 at 09:50

      itu mungkin dikisaran 1 sampai 2 Mbps, umumnya biaya koneksi internetnya mahal semacam paket premium

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *