Lulus PGSD sebagai Sarjana Pendidikan

Pendidikan – Tak terasa setahun sudah PS lulus PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan gelar sarjana pendidikan. Banyak kenangan masa kuliah yang masih teringat dan menjadikan hidup lebih berwarna, walau jika dilihat dari segi prestasi yang tak sampai cumlaude (lulus sarjana dengan pujian) tapi cukup puas dengan indeks prestasi tiga koma nol nol.

Toh katanya jaman sekarang yang namanya IPK tinggi bukan jadi jaminan untuk bisa langsung keterima kerja, semua tetap melalui seleksi proses lamaran kerja dan dalam proses penyaringan ini tak jarang lebih mengedepankan kemampuan yang dimiliki seseorang dari pada nilai di atas kertas. Terasa agak kejam memang, karena tak sedikit biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar sarjana di negeri ini yang jika dihitung bisa mencapai tiga puluhan juta. Tapi begitulah dunia kerja, ‘ikuti aturan main kami atau silakan kerja di tempat lain

Himpitan kebutuhan ekonomi juga memaksa ribuan pekerja menerima upah sesuai upah minimum ditiap daerahnya. Dulu pas waktu kuliah masih mendapat fasilitas istimewa, ideologi masih bebas terbentuk, pemikiran dan diskusi yang lantang disuarakan saat bergelar mahasiswa, seakan tanpa beban hidup dan bayang-bayang himpitan ekonomi. Tapi ternyata semua itu berubah setelah memperoleh gelar sarjana dan memasuki dunia kerja yang terkekang aturan sistem kerja.

Bersyukurlah bagi mahasiswa yang saat studi sudah bekerja atau merintis usaha, karena perubahan itu tak akan terasa. Beruntunglah bagi mahasiswa yang saat perkuliahan tidak hanya jadi ‘Kupu-Kupu’, melainkan ikut aktif mengembangkan kemampuan diri di organisasi mahasiswa sesuai bakat dan minatnya.

Lalu, Lulus PGSD harus punya Kemampuan Apa?

Dalam dunia pendidikan ada banyak sekali kemampuan diri yang bisa di kembangkan, terlebih bagi sedulur yang kuliah di program studi PGSD. Sedulur bisa mempelajari tentang pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, atau bisa meningkatkan kemampuan manajerial (pengelolaan) administrasi sekolah karena di tingkat pendidikan dasar jarang ada petugas tata usaha. Aktif dalam kegiatan kepanduan kampus juga kelak dibutuhkan saat lulus PGSD karena pembina Pramuka di SD biasanya seorang pendidik juga. Cakap dalam mengoperasikan perangkat komputer pun dinilai sebagai kemampuan tambahan yang dimiliki dan sering dijadikan pertimbangan dalam proses lamaran kerja.

Teknik Wawancara Jurnalistik untuk Mengetahui Perkembangan Belajar PD
Teknik Wawancara Jurnalistik untuk Mengetahui Perkembangan Belajar PD

Masih banyak kemampuan diri yang bisa sedulur kembangkan saat masih menyandang gelar mahasiswa, dan aktif di kegiatan organisasi kampus yang digemari itu sudah memberikan nilai tambah. Saat masih mahasiswa dulu, PS bukanlah mahasiswa Kupu-Kupu tapi ikut beberapa organisasi kampus, dan alhamdulillah kemampuan manajerial PS bisa dibilang baik, tapi ya masih kalah sama yang kuliah dibidang manajemen he he he. Setidaknya sebagai orang yang lulus PGSD ya okelah, karena punya kemampuan tambahan. Pernah juga ikut dalam aktivitas jurnalistik kampus yang memberikan kemampuan dalam mengolah keadaan tertentu menjadi sebuah berita atau informasi. Hal ini juga bisa digunakan saat menjadi pendidik setelah lulus PGSD kelak untuk meningkatkan pamor/rating dari sekolah tempat kerja. Media dan informasi itu penting, apalagi jika memiliki kemampuan dibidang internet marketing untung membranding sekolah, dengan sajian informasi yang transparan, online dan uptodate serta mudah diakses. Sekolah yang biasa-biasa saja bisa jadi sekolah favorit hanya dengan kemampuan mengemas informasi yang menarik.

Suatu kerugian jika saat masih mahasiswa hanya bergelar ‘Kupu-Kupu’ alias kuliah pulang….kuliah pulang….ha ha ha tanpa aktif di kegiatan pengembangan diri di kampus. Kalau kerja part time sambil kuliah atau menjalankan usaha sambil kuliah, itu bukan ‘Kupu-Kupu’.

Itu adalah sekelumit kisah yang dapat dipetik dari sekian tahun PS kuliah dan akhirnya bisa lulus PGSD satu tahun yang lalu. Yang paling membanggakan saat kuliah adalah ketika sedulur lulus dengan predikat cumlaude dan aktivis kampus, yang begini paling diburu perusahaan kondang. Prestasi oke, kemampuan tambahan juga oke!!!

Lulus PGSD selain jadi Pendidik juga Pembina Pramuka
Lulus PGSD selain jadi Pendidik juga Pembina Pramuka

Hidup Mahasiswa!!! Hidup Guru!! Pendidikan Maju!

Semoga bermanfaat!

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Perpanjang Usia atau Umur » Prapto Sragen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*