Megahnya Stadion Santiago Bernabéu

Dunia Olahraga – Stadion Santiago Bernabéu adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di kota Madrid negara Spanyol. Stadion ini merupakan menjadi markas bagi tim sepak bola Real Madrid. Kapasitas Santiago Bernabéu terus bertambah hingga terakhir mampu menampung penonton sampai 120.000 orang, setelah adanya perluasan tahun 1953.

Stadion megah Santiago Bernabéu terletak di Paseo de la Castellana sebuah wilayah distrik Chamartin, Spanyol. Pada tanggal 22 Juni 1944, Bank Industri Banco Mercantil  memberikan kredit pinjaman kepada Santiago Bernabéu dan Rafael Salgado untuk pembelian tanah yang berdekatan dengan lokasi stadion Chamartin (nama stadion ini sebelum berganti nama). Pada 5 September 1944 , arsitek Manuel Muñoz Monasterio dan Luis Alemany Soler dipekerjakan pada proyek untuk memulai memberikan cara terhadap struktur stadion yang baru . Pada 27 Oktober 1944 , pekerjaan konstruksi stadion  pun dimulai .

Stadium New Chamartín (sekarang Stadion Santiago Bernabéu)  diresmikan pada 14 Desember 1947 dengan menggelar pertandingan antara Real Madrid dengan klub Portugal Os Belenenses , yang menghasilkan kemenangan 3-1 untuk Los Blancos. Stadion ini memiliki kapasitas awal 75.145 penonton , 27.645 di antaranya memiliki kursi tempat duduk dan 47.500 untuk penggemar yang berdiri. Pemain pertama yang mencetak gol di stadion baru ini adalah Sabino Barinaga.

Pemandangan Dalam Stadion Real Madrid

Pemandangan Dalam Stadion Real Madrid | Wikipedia

Stadion Santiago ini harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman sehingga arsitek Rafael Luis Alemany dan Manuel Salinas dipekerjakan untuk melaksanakan proyek renovasi stadion. Mereka adalah anak-anak dari Luis Alemany Alemany Soler, yang sebelumnya telah melakukan proyek konstruksi pertama bersama Muñoz Monasterio . Proses pengerjaan berlangsung 16 bulan dan menelan biaya 704 juta, dimana 530 juta telah dibayarkan oleh Kota Madrid.

Sejumlah poin yang termasuk dalam agenda perbaikan yaitu, pertama , FIFA memaksa dua – pertiga dari tempat duduk yang akan dibangun. Karena alasan ini, Real Madrid memasang penutup atap pelindung di atas tempat duduk tingkat pertama dan kedua, kecuali sisi timur. Sehingga kapasitas stadion berkurang dari 120.000 menjadi 90.800 penonton, 24.550 di antaranya tertutup oleh atap baru. Proyek juga terlibat renovasi façade, pemasangan penanda elektronik baru di sisi utara dan ujung selatan, serta renovasi daerah pers (wartawan), loker kamar, jalur akses , dan daerah tambahan lainnya.

Stadion ini pernah menjadi tuan rumah empat pertandingan Piala Dunia, yaitu ; tiga putaran kedua Grup Dua pertandingan ( Jerman Barat vs Inggris , Jerman Barat vs Spanyol , dan Spanyol vs Inggris ) dan final antara Italia dan Jerman Barat.

Stadion Real Madrid Nantinya

Pada tanggal 16 Oktober 2013, Florentino Pérez mengumumkan bahwa Real berusaha menjual hak penamaan stadion dan mencari sponsor proyek senilai € 400.000.000 sebagai desain yang diusulkan untuk renovasi stadion yang diproduksi oleh arsitek GMP Jerman dan diresmikan pada tanggal 31 Januari 2014. Desain global meliputi atap yang bisa dibuka, dengan biaya keseluruhan sekitar € 400 M mungkin setengahnya didapat melalui penjualan hak penamaan dan setengahnya melalui penerbitan obligasi kepada anggota Real, menurut laporan media Spanyol. Pérez  mengungkapkan “Kami ingin membuat Santiago Bernabéu stadion terbaik di dunia

Selanjutnya biarkan rendering yang berbicara 🙂

Santiago Bernabéu Stadium Real Madrid

Santiago Bernabéu Stadium Markas Real Madrid | FB Real Madrid

Kebayangkan betapa bangganya kalau Indonesia punya satu stadion sepak bola seperti di atas? Tapi sepertinya sekarang masih jauh dari angan-angan karena bendera partai sudah mulai berkibar 😀 | Diterjemahkan dengan perubahan seperlunya dari Wikipedia dan foto rendering dari FB Real Madrid

5 thoughts on “Megahnya Stadion Santiago Bernabéu

  1. 03/02/2014 at 09:29

    Real Mdrid memang layak punya stadion semegah Santiago Bernabéu, Mas Ari. Sebuah klub kaya raya yang bertaburan pemain bintang. Kalau Indonesia punya stadion semegah itu sia2 saja, hehehe …. lha wong main bola saja dari dulu ya hanya begitu2 saja. Ndak nikmat dilihat.

    1. 03/02/2014 at 14:46

      aihihihi…memang mantab klub sepak bola yang satu ini pak. Oh ya, kalau bicara tentang bola Indonesia memang begitu greget antarklubnya, masih banyak oknum anarkis sehingga terkesan tak layak untuk dinikmati 🙂

  2. Ririn
    04/02/2014 at 21:55

    stadion negara lain memang bagus-bagus ya mas, karena negara nya makmur. Semoga Indonesia bisa segera mempunyai stadion yang megah juga 🙂

    1. 05/02/2014 at 03:44

      sebenernya Indonesia mampu kok mbak, untuk membangun stadion megah kalau tidak ada ‘tikus-tikus’ perusak negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *