Pantai Indrayanti Tak seperti Harapan Ku

Pantai Indrayanti terletak di bagian timur Daerah Istimewa Yogyakarta, kalau tidak salah berada di wilayah Gunung Kidul. Karena pas ada kesempatan berkunjung ke pantai Indrayanti ini beberapa waktu lalu, aku dan rombongan melintasi wilayah Wonosari yang merupakan ibukota kabupaten Gunung Kidul.

Awalnya sih hanya ingin “padusan” di deket sini saja yaitu Air Terjun Jumog yang berada di kabupaten Karanganyar. Tapi karena ada rembug yang usul ke Indrayanti ya mau ndak mau ikutlah, aku kan cuma boncenger ha ha ha.

Sekitar pukul delapan pagi kami serombongan berangkat dengan tujuan pertama ke pantai Indrayanti. Aku bonceng mas No a.k.a Bolonk nunggang Smash Titan dan kawanku MS007 dengan Rohmat Cah Sragen bawa motor Supra X 123. Hari itu memang sudah ku niatkan untuk mengandangkan si Vivi alias Vixion Hitam kesayangan karena belum di service ke beres (bengkel resmi Yamaha), so seharian terima jadi boncenger doang.

Dalam perjalanan berangkat ke pantai Indrayanti, aku sempatkan mampir sejenak untuk menggesek kartu ATM sekedar buat cadangan kebutuhan logistik di tempat tujuan. Cuaca cerah menambah semakin memacu semangat kami untuk memacu motor dengan kecepatan tinggi agar lekas sampai tujuan.

Perjalanan berangkat ke pantai Indrayanti ini sengaja mengambil rute Sukoharjo – Wonogiri – Gunung Kidul karena berdasarkan pantauan GPS si Andromax-i, jarak tempuhnya lebih dekat. Dengan bantuan kalibrasi GPS dan penunjuk jalan, sampai juga kami di wilayah kabupaten Wonogiri.
Malang memang nasib kami waktu itu, terutama diriku yang berperan sebagai navigator karena lost signal disaat yang tidak tepat.

Memang posisi GPS masih terkunci alias masih berfungsi normal, tapi peta dari Google Maps tidak dapat terrender karena tidak adanya jaringan internet, sehingga hanya jadi peta buta ha ha ha. Hasilnya aku yang jadi bulan-bulanan rombongan saat perjalanan yang tanpa tau arah dan tujuan selepas dari wilayah Wonogiri ini. Akhirnya dengan modal insting belaka, kami pun melanjutkan perjalanan menuju pantai Indrayanti. Sesekali kami temui plang penunjuk jalan ke arah Wonosari sembari aku berteriak “lanjutttt….!” kepada rombongan seraya melirik ke layar Smartfren Andromax I, seakan-akan mengisyaratkan bahwa peta GMaps untuk GPS sudah berfungsi kembali.

Sang joki rombongan pun tampak semangat dalam membetot gas motor masing setelah mendengar teriakanku. Jalan berlubang dan sempit bukanlah halangan, ketiadaan peta bukan jadi penghambat, asalkan tekat sudah bulat maka kami harus bisa sampai tujuan.

Perjalanan menuju pantai Indrayanti yang melelahkan dan buta tanpa peta pun berhenti sejenak untuk beristirahat ketika sudah memasuki wilayah Wonosari, sembari rendering peta GPS dan melepas dahaga. Touring pun kami lanjutkan dengan menyusuri jalan raya nan lebar dan halus tanpa kendala berarti.

pemandangan pantai indrayanti

Pemandangan Pantai Indrayanti selepas Pintu Masuk | prapto88

Tak terasa kami pun tiba dibibir pantai Indrayanti yang tampak indah dengan pasir putihnya. Sejenak kami menyiapkan perbekalan dan memarkirkan kendaraan dan dilanjutkan masuk ke dalam area pantai Indrayanti.

Alangkah terkejutnya diriku sembari dalam hati terucap “tak seindah yang ku bayangkan, tak seperti harapanku”. Memang tempatnya sudah tepat yakni pantai Indrayanti, tapi mungkin waktunya yang kurang tepat. Hamparan karang menyambut pandangan mataku ketika berada di lokasi, bibir pantai terlihat tinggi dari hempasan air laut yang terhalang karang. Mungkin waktu kami touring ke pantai Indrayanti bertepatan dengan surutnya air laut musim kemarau.

pantai indrayanti jogja

Ramainya Pantai Indrayanti saat Libur menjelang Puasa 2013 | prapto88

Namun demikian, pengunjung tetap membludak karena bertepatan dengan hari libur menjelang puasa. Pulau-pulau kecil seperti tanah lot di Bali, memberikan suasana alam yang indah di pantai Indrayanti ini.

9 thoughts on “Pantai Indrayanti Tak seperti Harapan Ku

  1. 27/09/2013 at 14:23

    klo ramai mending ke pantai lainnya mas.. indrayanti kayak semut.. pok tunggal bs jadi alternatif

    1. Prapto R.M. Aryta
      29/09/2013 at 17:28

      oke mas, mungkin next visit coba pakai plan B biar tidak timbul rasa kecewa saat berlibur. BTW pok tunggal itu deketnya ya mas?

  2. 05/06/2014 at 01:35

    makasih atas infonya, sangat membantu saya mas…

    1. Prapto Ari
      12/06/2014 at 03:18

      okey, sedang ada rencana liburan kesana ya 🙂

  3. 05/06/2014 at 01:42

    makasih bro atas infonya,….

    1. Prapto Sragen
      04/01/2015 at 16:45

      yo i bos, selamat berlibur 🙂

  4. 04/01/2015 at 16:42

    Pantai Pulang Syawal mas nama resminya…aku sering banget lewat tempat ini tapi malah belum pernah mampir…saking seringnya sampe tau awal pantai ini masih sangat sepi hingga seperti sekarang… 🙂

    1. Prapto Sragen
      04/01/2015 at 16:47

      wueleh, nama resminya malah Pulang Syawal ya,
      waktu sepi dulu pasti masih indah banget ya pemandangannya,

  5. Home Design Ideas
    28/07/2015 at 20:25

    mksih untuk infonya,, minggu depan juga rencana ke tempat ituh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *