Tentang Politik Indonesia di Mata Ku

Sosial – Politik Indonesia memang unik dan benar-benar berbeda dari negara lain di dunia ini. Selain karena keragaman suku bangsa serta budaya masyarakat Indonesia, ternyata terdapat banyak kepentingan yang sedikit banyak mempengaruhi masa depan negeri nan kaya ini. Baik di sektor ekonomi, pembangunan, pendidikan dan budaya yang sebenarnya “diarahkan” ke dunia barat.

Bukan tanpa dasar dan dapat kita pahami sendiri bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi, terlebih dengan mudahnya masyarakat Indonesia menikmati layanan internet, di dukung dengan mass media yang sudah ‘meng-online-kan’ diri dalam menyampaikan kabar-kabar terbaru, tentu semakin cepat pula masyarakat memperoleh informasi dari Sabang sampai Merauke.

perkembangan politik indonesia

Demokrasi, Politik, Keberagaman, Perkembangan Informasi Indonesia | pic:ayovote.com

Sesuatu yang baik memang ketika keterbukaan dan kecepatan informasi bisa disampaikan langsung ke masyarakat. Namun demikian, masyarakat secara tidak langsung dituntuk untuk lebih jeli dalam menyaring informasi yang didapatkan, harus memiliki kemampuan untuk memfilter sehingga mampu memilah-milah mana informasi yang benar dan mana informasi yang dibuat benar.

Hubungan Cepatnya Informasi dan Politik Indonesia

Sebagaimana yang telah disinggung pada judul tulisan ini, ditambah dengan pembukaan yang ditujukan untuk menyamakan persepsi bahwa saat sekarang memang kita dapat dengan cepat dan mudah dalam memperoleh informasi di internet. Nah hubungannya dengan politik di Indonesia tentu terkait dengan pemberitaan seputar dunia politik, apalagi di musim pemilihan seperti sekarang.

Entah apa hanya PS saja yang merasakan atau memang kamu juga turut merasakan bahwa informasi seputar politik Indonesia sepertinya kurang fair dan terlalu over. Beberapa kandidat yang bagi sebagian masyarakat dinilai layak menduduki jabatan tertentu, justru hilang ditelan kabar wajah-wajah baru yang belum terbukti kinerjanya. Atau mungkin informasi tentang tokoh politik Indonesia yang menjabat pemerintahan disaat melakukan kesalahan tampak diblow up secara besar-besaran, seakan-akan jerih payah mereka dalam membangun negeri juga telah nyata. Ibarat peribahasa, semut diseberang lautan tampak tapi gajah di pelupuk mata tidak tampak.

Sebenarnya kalau dipandang dari segi kepatutan hal-hal yang demikian tidak seharusnya terjadi, apalagi jika masuk dalam ranah pendidikan tentu hal demikian itu kurang mendidik.

Apakah tidak lebih baik jika informasi yang disampaikan itu akurat dan berimbang, selain kekurangan juga perlu disampaikan tentang kelebihan, sehingga masyarakat lebih mudah dalam memahami dan mempertimbangkan.

Yaaa….bagaimana pun juga memang ini lah negeri nan elok dengan sejuta pesona wisata itu, yang juga penuh dengan sejuta keberagaman. Tapi perlu kita pahami juga bahwa perbedaan pendapat itu wajar terjadi, terlebih dalam bidang politik Indonesia yang tengah berupaya menunjukkan kemampuannya di kancah internasional. Yang terbaik adalah harus bisa saling menerima dan menghormati masing-masing pendapat sehingga tercipta suasana kebersamaan yang indah dan menentramkan.

Mungkin ada pendapat lain? Yuk berdiskusi sehat di kolom komentar yang disediakan di bawah 🙂

4 thoughts on “Tentang Politik Indonesia di Mata Ku

  1. Sunandar
    18/05/2014 at 23:10

    mampir gan 🙂 Sudah lama tak kunjung 😀

  2. 19/05/2014 at 18:15

    konstelasi politik di indonesia sekarang ini sedang memanas mas, semua pengen jadi pejabat 😀
    saya ikut jadi pengamat aja deh 😀

    1. Sunandar
      25/05/2014 at 06:43

      saya juga deh mbak 😀

  3. 11/07/2014 at 06:02

    ah sekarang ngeri pak politik sekarang, jadi takut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *