Update Progres Tol Solo – Ngawi

Progres Tol Solo - Ngawi di Masaran
Progres Tol Solo - Ngawi arah Barat Pasar Masaran | foto : exclusive

Pembangunan – Tak  terasa sudah di awal bulan Februari dan waktunya berbagi tentang update progres tol Solo – Ngawi yang hampir sebulan belum di ulas perkembangan terbarunya. Memang di lapangan progres pembangunannya sudah cukup menggeliat, tapi di media massa khususnya media online, beberapa waktu lalu terpantau jika akan ada tender ulang karena progres pembangunan jalan tol Solo – Ngawi yang dinilai belum ada aktifitas di lapangan. Walau saat kabar panas tersebut mencuat ke publik, bebarengan dengan terbitnya tulisan tentang mulainya proyek tol Solo – Ngawi.




Dari beberapa situs berita yang dipantau akhir-akhir ini, PT SNJ selaku pelaksana lapangan proyek jalan tol Solo – Ngawi yang juga merupakan bagian dari proyek jalan tol Solo – Kertosono, dinilai ingkar oleh pemerintah dengan alasan bahwa setelah pengumuman tentang groundbreaking tidak ada aktifitas pembangunan lanjutan, sehingga muncul ancaman dari pemerintah untuk melakukan tender ulang terhadap ruas tol Solo – Kertosono ini yang sebelumnya tender dimenangkan oleh TCI.

Masih dari kasak-kusuk para kuli tinta yang mengabarkan bahwa vakumnya aktifitas pembangunan dikarenakan ketiadaan dana, sehingga menghambat progres pembangunan yang seharusnya sudah dapat dilaksanakan. Sindikasi yang seharusnya dipimpin oleh Mandiri (bank) untuk pendanaan ruas tol Solo – Ngawi ini belum cair, sebagai mana perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

Kabar Terbaru di Meja Redaksi

TEMPO.COSurakarta – Pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi bagian PT Solo Ngawi Jaya sepanjang 69,2 kilometer hingga kini belum berlangsung. Padahal, saat Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mencanangkan proyek akhir September 2013, perusahaan itu menargetkan konstruksi dimulai awal 2014.
Namun induk perusahaan, PT Thiess Contractors Indonesia, optimistis proyek jalan bebas hambatan ini akan rampung tepat waktu, yakni awal 2016. Mereka menyatakan proses konstruksi akan segera dimulai. “Dalam waktu dekat,” kata Koordinator Komunikasi PT Thiess Contractors Indonesia, Mappalara Simatupang, di Surakarta, Selasa, 28 Januari 2014.
Mappalara menjelaskan saat ini perusahaan sedang menyiapkan jalan untuk lalu lintas truk pengangkut keperluan konstruksi. Ia menolak menjelaskan alasan keterlambatan. “Itu bukan wewenang saya.”
Pemerintah telah mengeluarkan Rp 1,7 triliun untuk pembebasan lahan. Per September 2013, 87 persen dari total 755 hektare lahan sudah bisa dibebaskan. Sedangkan untuk konstruksi, pemerintah menyediakan anggaran sekitar Rp 1,5 triliun.
Kontraktor, PT Solo Ngawi Jawa, menyiapkan Rp 5,2 triliun untuk konstruksi. “Kami sudah mendapat pinjaman dari grup di Australia,” kata Mappalara. (Sumber: dari sini)

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemegang konsesi jalan tol Solo- Ngawi, PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), mendapatkan pinjaman senilai Rp 5,1 triliun dari Leighton Finance Ltd, anak usaha Leighton Holding. Pinjaman yang perjanjiannya diteken pada Jumat (17/1/2014) tersebut untuk membiayai konstruksi salah satu tol Trans-Jawa sepanjang 90,10 kilometer (Km) tersebut.
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Ghazali mengatakan, meski badan usaha jalan tol (BUJT) tersebut sudah mendapatkan pinjaman pembiayaan, pihaknya belum menghapus status default (cedera janji) terhadap SNJ. ?Kami masih harus cek dulu. Kalau semua sudah sah, baru oke (status default akan dicabut),? kata Gani di Jakarta, Senin (20/1/2014). Diakuinya, pihaknya belum mengetahui alasan SNJ memilih perbankan asing untuk membiayai proyek jalan tol tersebut. Padahal sebelumnya sudah ada sindikasi perbankan nasional dipimpin Bank Mandiri yang tertarik untuk membiayai konstruksi jalan tol ini. ?Iya kerja sama kredit bukan dengan konsorsium yang dipimpin Bank Mandiri,? ujar dia. (Sumber: dari sini)

Fakta di Lapangan Berbicara

Ternyata pemegang kontrak proyek pembangunan jalan tol Solo – Ngawi mendapatkan pinjaman untuk pendanaan proyek dari grup Australia, bukan seperti yang santer diberitakan sebelumnya yang katanya akan dapat pinjaman dari Mandiri and partner. Dari sini muncul analisa kritis pribadi, sehingga membentuk opini bahwa ada sesuatu yang tidak beres antara pelaksana lapangan, pemangku kebijakan dan penyokong dana sehingga mengarah ke bau-bau politik. Kalau dipikir lagi, kenapa pihak pelaksana lapangan justru mendapatkan pinjaman pendanaan dari Australia dan bukan dari dalam seperti yang dijanjikan pemerintah? (ahh sudah lah, itu mah urusan mereka saja, saya cuma mendoakan dan mendukung pelaksana di lapangan agar segera merampungkan pembangunan jalan tol Solo – Ngawi ini 🙂 )

Progres Tol Solo - Ngawi di Masaran
Progres Tol Solo – Ngawi arah Barat Pasar Masaran | foto : exclusive
Progres Tol Solo - Ngawi di Sidodadi Sragen
Progres Tol Solo – Ngawi di Sidodadi Sragen | foto : exclsive
Progres Tol Solo - Ngawi di Masaran, Sragen
Progres Tol Solo – Ngawi di Masaran, Sragen | foto : exclusive

Untuk bagian barat pasar Masaran, ada sebuah sekolah dasar negeri (SDN) yang terdampak proyek tol Solo – Ngawi sehingga harus direlokasi, tapi hingga tulisan ini diterbitkan masih berdiri kokoh dan beraktifitas belajar mengajar seperti biasa. Disinyalir jika tidak segera direlokasi, tentu ini akan menghambat proses pembangunan jalan tol Solo – Ngawi. Disini pemerintah berperan penting dan masyarakat tidak bodoh lagi, jika tidak segera bertindak untuk merelokasi SDN tersebut, maka masyarakat akan menganggap jika pemerintah sengaja menghambat (interfensi) pelaksanaan pembangunan yang ujung-ujungnya sama seperti kasus panas sebelumnya.

Update perkembangan proyek tol Solo Ngawi ini bisa dibaca pada artikel yang terbit pada bulan Maret dengan judul Perkembangan Proyek Tol Solo Mantingan.

42 Komentar

  1. Wahh .. mantap dong kalau sudah mau di bangun jalan tol
    Di desa aja belum ada jalan toollll nih hehehe… jadi ngiri deh

  2. semoga berjalan lancar ya pembangunan jalan tolnya 🙂
    ditunggu mampir baliknya di nandarious.com 😛

  3. Wah, repot juga kalau proyek yang sangat bermanfaat buat masyarakat itu mesti mangkrak, tak terurus, Mas Ari. agaknya nuansa politik jauh lebih terasa ketimbang kebijakan visioner.

  4. Yah proyek memang rawan bancaan tapi aku seneng kalau sudah ada tol ini, bisa sering2 nyekar simbahku 🙂

    • Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasinya. Semoga saya tetap konsisten dalam menulis diblog ini 🙂

  5. wah masih belum jadi ya mas jalan tol nya hehehe 😀
    proyek pembangunan rel dua arah jateng juga masih belum rampung nih. Banyak pembangunan ya di jateng 😉

    • kalau kabar burung yang aku dapat sih jadinya akhir tahun 2015 mbak, mungkin ya pakek molor juga he he he

    • amin, yup bener iku – pelaksana harus tanggung jawab dan konsisten beserta pemerintah dan masyarakatnya (ya jadi semuanya)

  6. wah kabar gembira… harga tanah bakal naik…he4

    makasih kunjungannya kemaren ke blogsaya SragenGlobe.blogspot.com
    semoga blognya makin sukses….

    • may be naik, tapi kebanyakan udah diborong sama makelar sepertinya he he. Salam kenal mas Fendi 🙂 welcome to my blog

  7. I am really thankful to the holder of this web page who has shared this fantastic paragraph at at
    this place.

  8. These are genuinely wonderful ideas in on the topic of blogging.
    You have touched some nice points here. Any way keep up wrinting.

  9. Hello site owner i see you put a lot of work in your blog,
    i know how to make your blogging easier,
    do you know that you can copy any content from any page,
    make it 100% unique and pass copyscape test? For
    more details , just type in google – masagaltas free content

  10. I am truly thankful to the holder of this site who has shared this great article at here.

  11. Do you have a spam problem on this blog; I also am a
    blogger, and I was curious about your situation; we have developed
    some nice methods and we are looking to trade strategies
    with other folks, why not shoot me an email if interested.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Peta Politik Kabupaten Sragen - Prapto Sragen
  2. Kilas Balik Februari 2014 Posting Blog | Prapto Sragen
  3. Pembangunan Tol Solo Ngawi (SoKer) Dimulai | Prapto Sragen
  4. Perkembangan Proyek Tol Solo Mantingan | Prapto Sragen

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*