Bus Tingkat Werkudara di Solo

Bus Tingkat Wisata "Werkudara" di Solo, Jawa Tengah
Bus Tingkat Wisata "Werkudara" di Solo, Jawa Tengah

Wisata Solo – Werkudara itulah nama bus tingkat merah yang sering melintas di jalan-jalan protokol kota Solo. Mungkin bagi sahabat yang jarang berkunjung ke Solo the spirit of Java, kala berkunjung “mak jegagik” tiba-tiba ada bus tinggi berwarna merah melintas di depan sahabat. Seperti apa dan bagaimana rutinitas Werkudara saat melintas di aspal kota Solo? Mari kita simak kisah yang penuh rasa dan imajinasi berikut ini.

Pada zaman dahulu kala (waktu saya masih SD), saya sering di ajak kakek untuk berkeliling kota Solo dengan bus tingkat putih bermesin Volvo dengan nama lambung DAMRI. Hayo… masih ada yang ingat (yang pernah naik)? Setiap kali naik, saya selalu mengajak kakek untuk duduk di deck atas, atau lantai dua agar bisa menyaksikan hiruk pikuk jalanan yang indah. Kala itu memang bus tingkat digunakan sebagai transportasi publik. Namun, entah mengapa di masa krisis ekonomi waktu itu, tiba-tiba saja bus tingkat ciri khas itu menghilang dan meninggalkan kenangan.

Penampakan Bus Tingkat Jadoel
Penampakan Bus Tingkat Jadoel | web.archive.org

Tapi tenang, sekarang kan sudah ada Werkudara yang gagah dan perkasa, siap mengantar kamu berkeliling kota Solo seperti sedia kala. Werkudara adalah sebuah bus tingkat Solo yang saat ini masih digunakan untuk transportasi wisata. Jadi belum digunakan untuk angkutan umum.

Lalu kenapa Bus Tingkat di kasih nama Werkudara?

Merunut kisah yang tertulis di sini, nama Werkudara untuk bus tingkat Solo ini diberikan karena sesuai dengan bentuk bus yang tinggi dan besar. Werkudara kan tokoh dunia wayang (perwayangan) yang gagah perkasa dan berani serta berperawakan tinggi.




Werkudara sendiri diluncurkan sejak tanggal 17 Februari 2011 (hampir satu tahun ya saat artikel ini saya tulis) dengan orientasi penggunaan untuk pariwisata. Masih dari sumber yang sama, bus tingkat pariwisata pertama di Indonesia ini berhasil masuk dalam museum rekor Indonesia (MURI) sebagai bus tingkat pertama buatan Indonesia. Hebat banget kan negara ini sebenarnya, asline kie pinter tapi sing “duwuran” kae kepinteren ya dadine malah rakyate digawe pekok :-p MURI mencacat bus tingkat wisata di Solo sebagai rekor ke-4.823.

Sempat saya mencari kisah sahabat lain yang pernah menikmati perjalanan wisata bersama Werkudara ini, dan yang satu ini cukup menggelitik hati saya;

Di perjalanan pulang sempat terjadi kehebohan karena saat bis berjalan pelan melewati pohon jambu di tepi jalan yang sedang berbuah, penumpang yang duduk di atas terutama bagian belakang, rame rame pada mengulurkan tangan ngambilin jambu air yang masih hijau itu.

Perjalanan pulang masih diberi “bonus” ikut ke SPBU Balekambang. Wheew, penumpang di dek atas diminta turuuun. Rupanya bis harus “diganjal” supaya miring pas proses pengisian bahan bakar. Kalau tetep di atas, serem kali ya busnya miring gitu. Jam 14.30 kami merapat kembali di Kantor Dishub. Puas rasanya. Kids juga senang dan sampai di Semarang pun masih berulang ulang menyatakan kepuasan mereka.

Kisah tersebut dituliskan oleh Oni Sintia Susiani pada catatan perjalanannya yang berjudul Bus Tingkat Wisata Werkudoro (wah harusnya itu Werkudara, a bukan o)

Untuk rute perjalanan wisata yang biasa ditempuh Werkudara sendiri, seperti yang tertulis di Portal Informasi Kota Surakarta adalah sebagai berikut;

Bus Tingkat Wisata "Werkudara" di Solo, Jawa Tengah
Bus Tingkat Wisata “Werkudara” di Solo, Jawa Tengah

Manahan – Kerten – Jl Slamet Riyadi – Purwosari – Loji Gandrung – Gladag – Balaikota – Ps. Gedhe – Panggung – RSUD dr. Moewardi – UNS – Jurug – UNS – panggung – ps.gedhe – gladag – PGS – sangkrah – alun2 utara – ps.kliwon – baturono – gading – tipes – baron – jongke – purwosari – kerten – finish MANAHAN

Keterangan : Tiket eceran untuk perjalanan retail dilayani di kantor dishub bid angkutan dengan harga 20.000,- mulai tiap hari sabtu dan minggu mulai pukul 08.00 wib. Harga carter 800.000,- max 3jam, overtime 250 ribu per jam. Untuk anak usia 3th dikenakan biaya sepanjang menggunakan tempat duduk. Setiap pemesanan disertai tanda jadi minimal 25% perlunasan paling lambat 3hari sebelum pemberangkatan. Penjelasan lebih lanjut hub 0271 737 739, 0271 709 6111 dan pesan tiket pada setiap hari kerja. Info pemesanan : email ke : www.dishub-surakarta@hotmail.com atau Hub. 0271 737 739, 0271 709 6111 dan Pak Sandy : 085229790462.

Cukup dengan uang 20ribu perak untuk sekali jalan, sahabat sudah bisa menikmati indahnya suasana kota Solo bersama orang terkasih dan yang paling disayangi. Oke kawan, kami tunggu cerita kamu bersama Werkudara di kota Solo ya.

Artikel ini sebelumnya pernah dipublikasikan QtulisNet, namun karena sudah berhenti beropresai sehingga tidak dapat diakses lagi, maka saya publish ulang di sini.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*