Pantai Klayar di Pacitan nan Menawan

Ombak Besar pantai Klayar Pacitan
Pasir Putih dan Ombak Besar pantai Klayar Pacitan nan Menggoda | dok. qulis.net

Traveling Note – Kisah lanjutan dari tulisan ini….. Karena memang kami serombongan belum pernah berkunjung ke pantai Klayar Pacitan ini, alat yang kami gunakan adalah GPS ponsel lama Sony Ericsson G705i dan juga insting bahwa pantai ini terletak di ujung selatan timur dari wilayah Wonogiri. Sepanjang perjalanan dari Solo hingga Wonogiri memang tidak terlalu menyita waktu dan perhatian, tapi ketika sudah memasuki wilayah perbatasan dan mulai memasuki jalur ke pantai Klayar Pacitan (jalurnya sama dengan jalur ke Gua Gong, tapi dalam perjalanan waktu itu kami salah mengambil pilihan sehingga melintas di jalan kampung yang berupa batu ditata), butuh perhatian ekstra dan kewaspadaan tinggi. Jika tidak konsentrasi, bukan tidak mungkin akan berakhir di tebing sisi jalan atau terperosok ke dalam jurang di sisi jalan lainnya.




Tapi dalam perjalanan ini pula kami benar-benar merasakan adrenalin yang terpacu kencang, dalam lebar jalan yang berkisar 2,5 meter itu kami memacu kendaraan di atas kecepatan 60 km/jam, jalanan yang naik turun curam dan dipenuhi dengan tikungan yang mematah (bukan lagi tikungan tajam, karena diyakini bahwa bus ukuran besar takkan bisa melintas tikungan-tikungan disana). Terang saja, kami belum pernah melintasi lokasi menuju obyek wisata pantai Klayar Pacitan ini sehingga menganggap kontur jalannya mirip seperti di jalur Metisih – Tawangmangu (Karanganyar, Jawa Tengah), tapi ternyata lebih ekstrim dari dugaan kami. Sempat beberapa kali kawan keluar lajur dan hampir terperosok ke jurang, tapi Alhamdulillah masih terselamatkan oleh kemampuan pengereman yang luar biasa.

Lokasi Wisata pantai Klayar Pacitan
View saat memasuki Lokasi Wisata pantai Klayar Pacitan yang mempesona

Memang cukup melelahkan dan menantang saat melintasi jalur menuju lokasi wisata, tapi setelah berhasil menaklukkan tantangan itu, hamparan pasir putih nan indah dan mempesona dari pantai Klayar Pacitan tampak menyambut kedatangan kami. Senyum merekah di bibir kami, berucap syukur atas apa yang telah kami lalui dan atas apa yang kami saksikan di depan mata. Anugrah sang Pencipta Alam bagi manusia terpancar dari kejauhan, pemandangan indah pantai Klayar Pacitan.

Tiket masuk lokasi wisata sekitar Rp 2.000,- per pengunjung dan belum termasuk tiket retribusi parkir kendaraan roda dua rombongan kami. Tapi karena kaki sudah melangkah dan tekat sudah bulat untuk berlibur di area wisata Pacitan yang terkenal memiliki banyak pantai pasir putih, berapapun akomodasinya kami siapkan. Oh ya, setiba di obyek wisata pantai Klayar Pacitan ini, semua ponsel jadi blank tanpa sinyal dan hanya bertuliskan panggilan darurat saja.

Oke sudah cukup istirahatnya dan saatnya berganti pakaian pantai dan bermain air laut yang asin bersama pasangan masing-masing ha ha ha. Kami sangat menikmati liburan di pantai pasir putih ini sehingga mulai dari ujung barat yang menjadi lokasi berselancar, agak ke timur terdapat sungai yang bermuara sehingga memisahkan pantai menjadi dua bagian, di sisi timur ini lah banyak wisatawan yang bermain air dan pasir putih. Ke timur lagi akan ditemukan sebuah tebing yang juga memisahkan bagian pantai sisi timur menjadi dua, bagian yang paling timur ini sangat berbahaya karena pantainya berupa teluk curam dengan ombak yang besar serta kiri kanan adalah tebing batu.

View pantai Klayar Pacitan dari arah Barat ke Timur
View pantai Klayar Pacitan dari arah Barat ke Timur, Eloknya pantai pasir putih | foto: exclusive

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Putihnya Pasir Pantai Klayar Pacitan - Prapto Sragen
  2. Putihnya Pasir Pantai Klayar Pacitan » OmPrap

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*