Pantai Nampu Wonogiri yang Tersembunyi

View Pantai Nampu dari atas Tebing
View Pantai Nampu dari atas Tebing | foto: Tim Touring

Wisata Wonogiri – Pantai Nampu merupakan salah satu pantai berpasir putih yang berada di wilayah kabupaten Wonogiri, dan akhir-akhir ini sering terdengar dari kisah romantika anak muda yang suka melancong di sekitar kota tempat PS berada. Berbekal rasa penasaran serta hasrat menjelajah yang menggebu, akhirnya pada kesempatan Ekspedisi Pacitan bersama tim turing yang sedianya menjelajah bumi Pacitan, menyempatkan diri untuk singgah sejenak di pantai Nampu ini. Memang tidak direncanakan sebelumnya untuk singgah, hanya saja saat mendekati perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, sebuah plakat tanda penujuk arah bertuliskan Pantai Nampu telah mengalihkan rombongan turing kami.

Saat berangkat memang mengambil rute melalui pesisir selatan Wonogiri dan menuju Pacitan dengan target tujuan ekspedisi pertama adalah pantai Buyutan (akan PS ceritakan minggu depan ya he he he) yang ternyata sejalur dengan obyek wisata pantai Nampu ini. Setelah berhenti sejenak di persimpangan untuk istirahat dan berkonsolidasi dengan tim turing, akhirnya di putuskan untuk singgah sejenak ke pantai Nampu.

View Pantai Nampu dari atas Tebing
View Pantai Nampu dari atas Tebing | foto: Tim Touring

Tak butuh waktu lama, sekitar lima menit dari persimpangan tempat kami beristirahat tadi ternyata sudah sampai di tempat ticketing obyek wisata pantai Nampu. Rombongan kami ada delapan orang dengan empat motor, dan cukup dengan membayarkan uang 24ribu, kami semua sudah boleh menikmati indahnya pantai di bibir jurang ini.

Kesan pertama saat tiba di lokasi parkir kendaraan adalah hamparan laut yang luas (eh Samudera Hindia kan ya?) dari atas ketinggian tebing. Jadi pantainya belum nampak sama sekali, plus ditambah dengan rimbunnya pepohonan sehingga menghalangi pandangan untuk menyaksikan hamparan pasir putih pantai Nampu. Setelah puas memandangi samudera yang biru dari atas tebing, serombongan pun menuruni tebing yang sudah terdapat setapak beranak tangga menuju bibir pantai Nampu.

Jadi ceritanya itu pantai Nampu ini berada di tepi jurang, tepatnya di bawah jurang yang cukup dalam. Lokasi parkirnya memang berada di bagian atas jurang, dan untuk menikmati pantainya harus turun ke bawah dulu. Ya kalau turunnya sih enak, tapi saat naiknya…. biuuuuhhhhhh…. pegel banget rasanya kaki ini di ajak melangkah, tapi tak apalah sekalian olahraga ha ha ha….

Pemandangan Pantai Nampu yang berpasir putih nan sepi
Pemandangan Pantai Nampu yang berpasir putih nan sepi | foto: Tim Turing

Setibanya di bibir pantai Nampu, rombongan pun langsung mencari gubung kosong yang tidak digunakan untuk berjualan oleh pemiliknya untuk tempat transit dan menaruh barang perbekalan. Spanduk dan baner MMT yang di bawa pun digelar sebagai alas duduk sambil memandang bule yang sedang asik mandi bersama pasangan lokalnya. Setelah puas memandang pagelaran ala kadarnya, beberapa personil tim turing mulai beraksi dengan berfoto-foto ria di beberapa lokasi yang ada. Ada yang berfoto di bawah tebing sisi barat pantai Nampu, ada juga yang berfoto di bibir pantai dengan background pemandangan Samudera Hindia yang biru berhias riuh ombak air asin. Pantai Selatan Jawa memang terasa lebih asin, mungkin karena laut lepas kali ya 😀 (soalnya pas mandi, tanpa sengaja minum airnya, jadi bisa tahu rasanya wakakakakakkkkk….)

Oke, cukup puas mengeksplorasi keindahan alam pantai Nampu, rombongan ekspedisi pun kembali bergegas naik untuk melanjutkan perjalanan. Seperti yang PS cuplikan tadi, kalau turunnya tadi sih nikmat banget, tapi pas naik ke lokasi parkir kendaraan, biuuuhhhh….pokoknya sensasinya luar biasa dan tiada duanya. Saking capeknya, PS berhenti sejenak dengan alasan mau ambil foto di bawah ini.

Ekspresi PS lagi kecapekan di pantai Nampu Wonogiri
Ekspresi PS lagi kecapekan di pantai Nampu Wonogiri | foto: Tim Turing

Padahal aslinya sih kecapekan bro, asli capek banget pas naiknya. Tapi secara garis besar pantai Nampu ini masih tergolong perawan dan terjaga kelestariannya. Pantai dengan pasir putih yang patut untuk kamu kunjungi di saat liburan nanti. Sampai jumpa di ekspedisi dan perjalanan wisata berikutnya ya. Pantai Nampu tunggu kedatangan kedua ku! 😀

6 Komentar

  1. saya pernah sekali kesana dulu tahun 2012 dan masih alami banget,, banyak yg jual es kelapa muda karena disana cukup terik suhunya,,,
    satu lagi disana pasirnya putih tau

    • he he he memang pantai pesisir selatan jawa mulai dari wilayah Wonogiri ke timur banyak yang berpasir putih

    • hasil kunjungan dan terawang saya waktu itu memang kurang optimal sepertinya dalam pengelolaan pantai nampu ini. mungkin karena jauh atau kurang diminati oleh pengembang mas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*