Sragen Bumi Sukowati nan Asri #269

Tempat Menarik – Sragen merupakan sebuah kota kecil yang terletak di sisi utara gunung Lawu dan masih masuk dalam wilayah provinsi Jawa Tengah. ASRI menjadi slogan kabupaten Sragen yang merupakan singkatan dari Aman Sehat Rapi Indah, dimana mencirikan kekhasan daerah yang berjuluk Bumi Sukowati. Walau tergolong kota kecil tapi memiliki wilayah yang luas meliputi beberapa kecamatan, pranata sosial, adat istiadat yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya telah menjadikan bumi Sukowati ini dicintai oleh warganya. Kehidupan sosial yang unik dengan kekhasan di setiap wilayah yang ada, akan selalu dirindukan oleh semua yang pernah singgah dan atau tinggal di wilayah kabupaten Sragen.

Gerbang Sragen dari wilayah Selatan berbatasan dengan Karanganyar

Gerbang Sragen dari wilayah Selatan berbatasan dengan Karanganyar

Tahun 2015 ini, kabupaten memperingati hari jadi yang ke 269 dan telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan seperti penghargaan terbaik II se Asia Pasifik dari United Nations Public Services Award (UNPSA) untuk terobosan pembuatan Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK). Selain itu kabupaten Sragen juga telah beberapa kali memperoleh penghargaan Adipura, serta mendapatkan penghargaan terkait pemanfaatan layanan Information Technology (IT).

Dengan semangat Gerbang (greget mbangun) Sukowati yang disosialisasikan oleh Bupati Agus F., kabupaten Sragen terus berbenah untuk menyejahterakan rakyatnya. Semangat gerbang Sukowati ini pada intinya mengajak masyarakat Sragen untuk lebih mencintai dan berkenan untuk berpartisipasi dalam membangun kabupatennya. Lokasi yang strategis dengan potensi wisata yang cukup unik, serta budaya yang amazing, dapat dijadikan semangat bagi masyarakat bumi Sukowati untuk lebih menunjukkan Sragen kepada dunia.

Sugeng Ambal Warso kabupaten Sragen kaping 269

Sugeng Ambal Warso kabupaten Sragen kaping 269

Potensi yang Dimiliki Sragen

Diantara sekian potensi yang ada, Sragen memiliki potensi wisata yang belum begitu luas terekspos. Mungkin baru Museum Purbakala Sangiran atau yang cukup fenomenal adalah wisata spiritual Gunung Kemukus (saiki wes ditutup bro sing ngonoan…). Tapi ada obyek wisata keluarga yang tak kalah menarik di dekat kota yaitu nDayu Park, ada juga tempat wisata pemandian air hangat Bayanan, ada juga desa wisata Batik Pilang dan Kliwonan yang merupakan sentra produksi batik di kabupaten Sragen.

Sumber daya manusia (SDM) sendiri juga melimpah sehingga tidak khawatir akan kekurangan tenaga pendukung untuk pembangunan bumi Sukowati. Dalam hal transportasi dan kemudahan akses, bumi Sukowati dilalui jalan negara yang menghubungkan kota Solo / Yogyakarta menuju Surabaya / kawasan di provinsi Jawa Timur. Sehingga potensi ekonomi juga lebih besar untuk menjadikan Sragen sebagai kota metropolitan namun tetap berbudaya.

Untuk kesenian khas Tayub juga masih memiliki penikmat dari kalangan muda hingga tua, sehingga perlu lebih disosialisasikan dan dipromosikan bersama potensi wisata batik. Banyak yang belum digali dari bumi Sukowati di usianya yang telah 269 tahun ini, sejarah telah mengukir kenangan bahwa Sragen mampu bertahan sejak jaman penjajahan.

Selamat Ulang Tahun ke 269 untuk kabupaten Sragen

Selamat Ulang Tahun ke 269 untuk kabupaten Sragen

Selamat ulang tahun Sragen Asri,
tetaplah jadi Bumi Sukowati yang kan s’lalu dirindukan untuk datang kembali.
Prapto Sragen

3 thoughts on “Sragen Bumi Sukowati nan Asri #269

  1. Home Design Ideas
    28/07/2015 at 20:54

    selamat kabupaten memperingati hari jadi yang ke 269 semoga selalu sukses

    1. Prapto Sragen
      29/07/2015 at 21:07

      terima kasih mas Home Design, semoga Sragen tambah maju dan sejahtera rakyatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *