Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Wisata Wonogiri – Liburan keluarga ke waduk Gajah Mungkur kali ini memang tanpa rencana, tapi sangat berkesan karena momen pertama mengunjungi obyek wisata air terkenal di kabupaten Wonogiri. Walau dekat dengan domisili OmPrap, tetapi memang sebelumnya tak pernah berkunjung ke lokasi obyek wisatanya.

Bahkan saat melakukan ekspedisi Pacitan beberapa tahun silam pun tak sempat singgah di lokasi andalan wisata Wonogiri ini. OW Gajah Mungkur demikian tulisan besar yang terpampang di tepi dermaga dalam lokasi obyek wisata air ini. Sepintas saat masuk area parkir memunculkan konsep obyek wisata zaman dulu yang terkesan rindang dengan pohon-pohon besar.

Beberapa menit masuk ke area pusat belanja dekat area parkir, kesan modern mulai terlihat dengan penataan lapak pedagang yang rapi dan lokasi yang bersih. Dari kontruksi bangunan lapak pedagang ini bisa diketahui jika wisata waduk Gajah Mungkur mendapatkan perhatian serius dari dinas terkait dan pengelola. Rasa-rasanya OmPrap ingin ikutan buka lapak di tempat ini, dengan menghadirkan produk khusus hasil waduk yang dipadukan dengan Karak Bunder tanpa bleng 😀 Semoga awal tahun 2018 bisa terealisasi ide ini dan turut menambah khasanah kuliner di lokasi obyek wisata waduk Gajah Mungkur.

Lapak Pedagang Tertata Rapi dan Bersih
Lapak Pedagang Tertata Rapi dan Bersih . Foto : Dok. Pribadi
Akar Pohon ini Menambah Indah Suasana Lapak
Akar Pohon ini Menambah Indah Suasana Lapak | Foto : Dok. Pribadi
Bersih dan Terlihat Sejuk Selokan ini
Bersih dan Terlihat Sejuk Selokan ini | Foto : Dok. Pribadi
Ternyata Muaranya ada di Waduk Gajah Mungkur
Ternyata Muaranya ada di Waduk Gajah Mungkur | Foto : Dok. Pribadi

Mlaku-Mlaku Neng Gajah Mungkur

Oke skip… skip… Lanjut berjalan kaki agak ke dalam, kita akan menjumpai sebuah arena panggung hiburan dengan dua sisi kanan kiri tribun dan pelataran di tengahnya. Saat berposisi di atas panggung, pandangan lurus ke depan langsung menuju ke waduk yang dipisahkan dengan hamparan lapangan sepakbola. Arena panggung hiburan ini sangat cocok untuk acara kopi darat komunitas otomotif dengan menawarkan view indah dari WGM.

Walking on the Earth pun berlanjut ke sisi timur arena panggung hiburan. Sebuah spot foto menarik terdapat tulisan OW Gajah Mungkur dengan latar belakang keindahan waduk serta perbukitan yang tampak seperti pulau. Banyak wisatawan yang berfoto di lokasi ini dan OmPrap pun menyempatkan dari untuk berfoto dengan bokong gajah berikut ini ha ha ha

Narsis Bersama Bokong Gajah
Narsis Bersama Bokong Gajah | Foto : Dok. Pribadi

Lanjut ke timur lagi bisa ditemukan dermaga kecil bagi wisatawan yang ingin naik perahu sembari menikmati keindahan alam sekitar WGM. Ada pula arena permainan anak seperti komedi putar, jungkat-jungkit, ayunan dan masih banyak lagi. Nah, bagi anak muda yang suka berfoto dengan konsep yang unik, bisa menikmati spot Omah Jungkir. Di spot ini konsepnya serba terbalik mulai dari penataan perabot ruangan, kamar tidur, kamar mandi hingga warung makan, sehingga seakan-akan sedang berjalan terbalik dengan kaki menapak di langit-langit. Unik dan menarik spot yang satu ini.

Dermaga di Waduk Wonogiri
Dermaga di Waduk Wonogiri | Foto : Dok. Pribadi

Wahana Air Gajah Mungkur

Oh ya hampir terlewatkan sebelum lanjut ke timur lagi, sisi Utara dari spot omah Jungkir terdapat Waterboom Gajah Mungkur bagi yang gemar bermain dengan wahana permainan air.

Suasana Persimpangan menuju Taman dan Wahana Air
Suasana Persimpangan menuju Taman dan Wahana Air | Foto : Dok. Pribadi

Oke lanjut lagi, dibagian timur bisa kita temukan taman Satwa Gajah Mungkur serta taman Tombol Galau (obat galau/gundah). Bagi yang sedang galau dengan hidup yang penuh kegalauan sehingga membuat hati menjadi galau segalau-galaunya, sempatkan untuk duduk sejenak seraya menikmati keunikan taman Tombo Galau waduk Gajah Mungkur.

Tempat wisata Wonogiri yang luas dan cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Rasanya waktu seharian berlibur di tempat ini masih kurang karena tidak semua spot OmPrap nikmati. Memang saat tiba di lokasi sudah lumayan siang, jadi waktunya kurang maksimal. Semoga pada kunjungan berikutnya jika ada kesempatan, bisa berangkat lebih pagi sehingga memiliki waktu yang cukup untuk eksplorasi semua spot menarik di sana.

Oh ya, catatan perjalanan berangkat dan pulang akan dikisahkan dalam tulisan yang berbeda.

You May Also Like

About the Author: OmPrap

Aku adalah aku, bukan di atau mereka! Ketika aku telah berubah menjadi kita, itulah tanda Cinta mulai hadir diantara kita | Web Programer| #Sragen Boy | CEO & Founder @ArytaNet | #Vixion Rider | S1 PGSD UMS | Pendidik di Sragen, Indonesia |Freelance on IT Departement | Jalani waktu hidup yang tersisa dengan penuh rasa syukur | Belajar Ikhlas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.