Wisata Sulawesi, Temukan Berbagai Keindahan Dari Selatan Hingga Utara

Wisata Indonesia – Hai sobat, sudah siap berwisata lagi kan? Kali ini OmPrap mau mengajak kalian berjelajah di indahnya wisata Sulawesi yang konon jadi salah satu primadona dengan ekosistem bawah lautnya. Yukk… berangkat kita sejenak meninggalkan pulau Jawa dan menuju ke pulau Sulawesi. Eh tapi enaknya naik apa ya? Heemmm… Naik pesawat saja deh, biar on the way-nya tidak kelamaan, okey!

Semakin banyak dibukanya destinasi-destinasi wisata baru di Indonesia, membuat maskapai penerbangan berlomba-lomba untuk menawarkan pelayanan yang maksimal bagi para calon penumpang. Tidak terkecuali Trigana Air. Berpusat di Jakarta, Trigana Air menyediakan rute hampir ke seluruh Indonesia, termasuk Sulawesi, pulau dengan puluhan destinasi wisata yang menarik banyak minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Sulawesi yang terkenal dengan wisata baharinya ini menawarkan destinasi baru yang mungkin belum pernah sobat kunjungi sebelumnya.

foto: Pantai Tanjung Bira via telusuriindonesia.com

foto: Pantai Tanjung Bira via telusuriindonesia.com

Kita mulai dari Sulawesi Selatan, yaitu Pantai Tanjung Bira. Pantai yang terletak sekitar 200 km dari Kota Makassar ini menawarkan pasir pantai berwarna putih yang halus serta air yang sangat jernih. Fasilitas di pantai ini juga terbilang lengkap, mulai dari tempat parkir, restoran, penginapan, hotel, hingga villa. Jika sobat berkunjung ke pantai ini, tentu bisa merasakan matahari terbit dan terbenam di satu titik, dan juga menikmati keindahan 2 pulau di seberangnya, yaitu Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing.

Masih di Sulawesi Selatan, destinasi wisata yang satu ini akan memanjakan sobat yang suka menyelam di bawah air. Berada di Kepulauan Selayar, Taman Laut Taka Bonerate merupakan destinasi unggulan dari Sulawesi Selatan. Dengan tarif yang terjangkau, hanya 25.000 rupiah saja, sudah disuguhi keindahan panorama bawah laut yang menakjubkan. Tidak hanya terumbu karang dan ikan kecil saja yang akan menemanimu berenang di sini, ada ratusan penyu dan juga kura-kura sehingga membuat pengalaman menyelam yang tidak akan terlupakan. Ayolah… Indonesia itu indah dan menakjubkan, mari liburan.

foto: Terumbu Karang Taman Laut Taka Bonerate via mongabay.co.id (Syamsul Rizal)

foto: Terumbu Karang Taman Laut Taka Bonerate via mongabay.co.id (Syamsul Rizal)

Lanjut Explore Wisata Sulawesi Tengah dan Utara yuk

Bergeser ke Sulawesi Tengah, di provinsi ini sobat OmPrap bisa mengunjungi Cagar Alam Morowali. Taman Nasional ini meliputi kawasan dataran rendah, kawasan teluk, dan kawasan pegunungan dengan ketinggian sekitar 2.421 meter. Pastikan sobat menyempatkan diri datang ke kawasan ini, agar bisa bertemu dengan Suku Wana, yang merupakan penghuni asli kawasan tersebut. Yang unik dari suku ini adalah mereka tidak mengenal kehidupan modern, serta menggantungkan hidupnya dengan berburu dan selalu berpindah-pindah tempat tinggal atau biasa disebut nomaden.

Di Sulawesi Tengah ini, kita bisa menemukan danau dengan panjang 32 km dan lebar 16 km yang merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia. Danau tersebut bernama Poso yang berlokasi di Pamona Utara, Kota Palu. Di danau ini terdapat ikan Sugili yang jumlah populasinya semakin tahun semakin berkurang karena lonjakan jumlakh penduduk yang berdiam di sekitaran Danau Poso. Masih di kawasan yang sama, sobat dapat menjumpai Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga, yang dalam bahasa Indonesia berarti batu yang bisa mengelurakan bunyi jika dipukul. Batu-batu tersebut muncul dari dasar danau, yang jika dilihat seperti komplek batu terapung.

foto: Danau Poso via wikipedia.org

foto: Danau Poso via wikipedia.org

Sekarang kita menuju Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Minahasa. Di Kabupaten ini ada sebuah bukit yang menggambarkan toleransi antar umat bergama, bukit itu dinamai Bukit Kasih Kanonang. Jika sobat OmPrap mendaki sampai ke puncaknya, akan dapat melihat 5 tempat ibadah dalam satu tempat sekaligus. Di pintu masuknya terdapat sebuah tugu yang memiliki ketinggian sekitar 22 meter. Yang menarik dari tugu ini adalah di setiap sisinya terukir gambar dan kutipan ayat dari kelima agama tersebut. Tugu ini diberi nama Tugu Toleransi.

Destinasi wisata Sulawesi di atas hanya sebagian kecil dari Pulau Sulawesi, masih banyak lagi surga tersembunyi di dalamnya. Jadi tunggu apa lagi, segera cek laman pembelian Trigana Air.

One thought on “Wisata Sulawesi, Temukan Berbagai Keindahan Dari Selatan Hingga Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *